Sukses

6 Potret Nia Dinata, Sutradara Keturunan Pahlawan Nasional Otto Iskandar Dinata

Penampilan awet muda curi perhatian.

Liputan6.com, Jakarta Sutradara Nia Dinata merupakan cucu seorang pahlawan nasional. Wanita yang memiliki nama lengkap Nur Kurniati Aisyah Dewi itu lebih dikenal publik sebagai seorang sutradara yang sudah banyak membuat karya film dari tahun 2002 hingga sekarang.

Sutradara Indonesia yang telah menyutradarai puluhan judul film itu adalah cucu dari seorang pahlawan nasional yaitu Otto Iskandar Dinata. Pahlawan berdarah Sunda yang lahir di Bandung, Jawa Barat pada 31 Maret 1897. Pada masa pra kemerdekaan, Otto pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Budi Utomo cabang Bandung periode 1921-1924 dan Wakil Ketua Budi Utomo cabang Pekalongan tahun 1924.

Otto menikah dengan seorang wanita bernama Soekirah pada tahun 1923. Otto kurang lebih memiliki 11 orang anak dari hasil pernikahan dengan Soekirah, dan salah satunya ialah Dicky Iskandardinata yang merupakan ayah dari Nia Dinata.

Nia merupakan seorang sutradara lulusan College, Elizabethtown, Pennsylvania, Amerika Serikat (1992) dan Sekolah Film Program NYU Tisch School of Art, Amerika Serikat (1993). Berkat pendidikannya, ia berhasil membuat perusahaan film independen Kalyana Shira Film yang didirikan pada awal tahun 2000.

Penasaran kan bagaimana potret cucu pahlawan nasional ini? Dirangkum Liputan6.com dari Instagram pribadinya, berikut 6 potret Nia Dinata yang merupakan cucu dari pahlawan nasional Otto Iskandar Dinata, Senin (16/8/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Nia Dinata lahir di Jakarta, 4 Maret 1969. Meski tak lagi muda, penampilannya masih memesona di usia 52 tahun.

3 dari 7 halaman

2. Wanita berdarah Sunda dan Minang ini adalah cucu dari pahlawan nasional Otto Iskandar Dinata dan putri dari Dicky Iskandardinata.

4 dari 7 halaman

3. Awal kariernya sebagai sutradara berangkat dari pembuatan klip video dan film iklan. Pada awal tahun 2000, Nia mendirikan perusahaan film independen Kalyana Shira Film.

5 dari 7 halaman

4. Ia menjadi sutradara film Ca Bau Kan (2002) yang diangkat dari novelis Remy Sylado. Film tersebut berkisah tentang tokoh pejuang berkebangsaan Tionghoa yang setting-nya terjadi pada 1930-an.

6 dari 7 halaman

5. Melalui film Ca Bau Kan, Nia berhasil menyabet penghargaan dari berbagai festival internasional.

7 dari 7 halaman

6. Otto Iskandar Dinata merupakan pahlawan nasional yang salah satu potretnya bisa dilihat di uang pecahan Rp 20 ribu yang berlaku saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini