Sukses

4 Fakta di Balik Google Doodle Hari Kemerdekaan Indonesia, Tonjolkan Kekayaan Budaya

Melihat apa saja makna d Google Doodle Hari Kemerdekaan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Mesin pencarian Google hari ini (17/8/2021) ada yang berbeda jika kamu membuka tampilannya. Ya, tampilan Google hari ini khusus menampilkan tema kemerdekaan untuk memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2021 yang ke-76.

Di hari spesial Indonesia, Google memberikan persembahan khusus bagi masyarakat Tanah Air. Hari kemerdekaan yang muncul di Google berupa keberagamaan budaya terkait seni budaya di Indonesia. Banyak makna di balik Google Doodle hari ini.

Ilustrasi keberagamaan yang ada di Indonesia ini memunculkan kebanggaan bagi warga Indonesia. Warga Indonesia merasa keberagamaan budaya menjadi nilai plus untuk Indonesia. Selain keberagamaan, ada beberapa makna terkait Google Doodle hari Kemerdekaan Indonesia.

Kemerdekaan Indonesia yang ke-76 memiliki makna yang mendalam bagi warga negara Indonesia. Berikut Liputan6.com rangkum beberapa fakta di balik Google Doodle hari Kemerdekaan Indonesia, Selasa (17/8/2021).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Dikreasikan oleh Kathrin Honesta

Google Doodle hari ini tampak berbeda dari biasanya. Ya, Google Doodle hari ini memperingati tentang hari Kemerdekaan RI yang ke-76. Google Doodle hari Kemerdekaan Indonesia dikreasikan oleh Kathrin Honesta. Kathrin Honesta merupakan ilustrator asal Indonesia yang tinggal di Jakarta. Kathrin membuat ilustrasi ini agar kembali mengingatkan untuk semangat di situasi yang sulit. Kathrin juga berterima kasih ke Google Doodle atas kesempatan membuat Google Doodle untuk Indonesia.

"Ini juga sebagai pengingat bagi kita semua untuk tetap semangat meski dalam situasi sulit ini. Semangat ya semua! Terima kasih banyak untuk tim @GoogleDoodles @Google atas kesempatan ini!," tulis Kathrin Honesta di akun Twitter @kathrinhonestaa, Selasa (17/8/2021).

3 dari 5 halaman

2. Indonesia sebagai rumah

Google Doodle tema hari Kemerdekaan Indonesia selalu memiliki makna di balik arti gambarnya. Google Doodle ini dimaksudkan untuk menjadikan Indonesia sebagai rumah. Ya, rumah bagi lebih dari 300 kelompok etnis dan bahasa.

Keberagaamaan ini mencerminkan semangat identitas multikultural untuk mempromosikan solidaritas dalam komunitas lokal. Semboyan Bhineka Tunggal Ika dengan tergambarkan dengan berbagai budaya seni musik di Indonesia ini menjadi bukti bahwa berbeda-beda tetapi Indonesia tetap satu.

 

4 dari 5 halaman

3. Seni budaya yang ada di Google Doodle

Ada beberapa seni budaya yang ada di Google Doodle hari Kemerdekaan RI yang ke-76. Total ada 6 seni budaya yang diilustrasikan dengan apik di Google Doodle oleh Kathrin Honesta. Kathrin Honesta pun menjabarkan ke-6 seni budaya yang ia ilustrasikan.

Adapun seni budaya nya meliputi Sasando dari NTT, Rebana dari Jawa, Hudoq mask dari Dayak Kalimantan, tarian Pakarena dari Sulawesi, Tifa dari Papua & Maluku, dan Gambus dari Riau.

5 dari 5 halaman

4. Keragaman dan kekayaan budaya

Jangan ragukan lagi seni budaya yang ada di Indonesia. Ada banyak seni budaya yang menjadi bukti bahwa Indonesia adalah negara yang penuh dengan keragamanan dan kekayaan budaya. Hal inilah yang berusahan ditonjolkan Kathrin Honesta saat membuat Google Doodle hari Kemerdekaan RI ke-76.

"Di Doodle kali ini, saya sangat ingin menonjolkan keragaman & kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia! Saya mencoba yang terbaik untuk menonjolkan seni tradisional dari berbagai provinsi," ungkap Kathrin Honesta di Twitter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.