Sukses

Rayakan HUT ke-76 RI, Wanita Ini Beri Pesan Menohok tentang Kondisi Indonesia

Pesan tentang kondisi Indonesia saat ini dengan arti kemerdekaan yang sesungguhnya.

Liputan6.com, Jakarta Perayaan HUT ke-76 RI diperingati oleh masyarakat Indonesia dengan berbagai cara. Adanya pandemi Covid-19 yang masih bergulir, pemerintah mengimbau agar masyarakat tak menggelar lomba 17-an yang sedianya diadakan setiap tahun untuk memperingati HUT Kemerdekaan.

Ini merupakan tahun kedua Indonesia memperingati HUT Kemerdekaan di tengah pandemi. Kondisi ini tentu menjadi perhatian bagi pemerintah dalam menanggulangi masalah pandemi yang tak kunjung usai. Apalagi semalam diumumkan bahwa PPKM diperpanjang hingga 23 Agustus 2021.

Beban rakyat pun semakin berat. Seperti yang disuarakan oleh salah satu warganet. Seorang wanita bernama Mila Alawiyah, melalui akun TikToknya memberi pesan menohok atas kondisi Indonesia saat ini. Pesan berupa video itu dikemas secara apik dan kreatif.

"Semoga kita benar2 sudah merdeka," tulisnya dalam keterangan video yang dikutip Liputan6.com pada Selasa (17/8/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pesan Kondisi Indonesia Saat Ini

Dalam video berdurasi 2 menit itu, wanita tersebut mengawalinya dengan menggunakan APD sambil membawa kertas bertuliskan 'di rumah aja'. Di mana hal itu memberikan kesadaran pada masyarakat betapa penting anjuran untuk berada di rumah agar meringankan para tenaga kesehatan.

Pesan selanjutnya yaitu masalah susahnya mencari pekerjaan apalagi di masa pandemi, banyak karyawan yang di PHK. Belum lagi masalah sosial, kemiskinan merajalela. Anak-anak sekolah yang rindu akan belajar tatap muka, tak perlu takut susah sinyal atau kehabisan kuota.

Dalam penampilan selanjutnya, wanita ini mengubah diri dengan makeup dan pakaian adat Bali lengkap dengan aksesorisnya. Ia kemudian menarikan tarian khas Pulau Dewata dengan apik dan visual yang menarik.

"Apakah kita benar-benar sudah merdeka?" tulisnya dalam video.

Wanita ini juga menyertakan artikel-artikel berita tentang apa yang pernah terjadi di Indonesia, salah satunya masalah korupsi, dengan diiringi latar belakang suara puisi berjudul Tanah Surga.

3 dari 4 halaman

Respons Warganet

Video yang telah ditonton sebanyak 4,5 juta pengguna TikTok ini dibanjiri berbagai komentar warganet. Banyak warganet yang menyerukan doa untuk Indonesia agar cepat membaik. Ada pula warganet yang memuji video yang dibuat wanita ini.

"Semoga Indonesia cepet membaik, Dirgahayu negaraku," tulis akun Renaldfadli.

"Parah ini paling keren yang dari tadi gw liat, mewakili perasaan rakyat juga ini mah," tulis akun inii_arismaa.

"MasyaAllah merinding banget pen nangis," tulis akun Taura.

4 dari 4 halaman

Saksikan videonya berikut:

@milaalawiyah

Semoga kita benar2 sudah merdeka 🇲🇨 #berjuangberkreasi #17agustus2021 #17agustus #dirgahayuri76 musik:AlffyRev

♬ Welcome To Indonesia - Ica Maysha ft. TikTok Creators

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini