Sukses

30 Manfaat Kangkung bagi Tubuh, Baik untuk Sistem Imun

Manfaat kangkung bagi tubuh sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan, simak penjelasan lengkapnya.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kangkung bagi tubuh dapat membantu mengatasi atau mencegah berbagai masalah penyakit berbahaya. Misalnya saja antioksidan dalam sayur kangkung baik untuk mencegah penyakit kanker. Termasuk vitamin C di dalamnya baik untuk sistem imun.

Sudah ada beberapa penelitian tentang manfaat kangkung bagi tubuh yang bisa dijadikan pertimbangan memanfaatkan sayuran hijau ini. Tak hanya baik untuk orang dewasa, tetapi anak-anak sangat dianjukan mengonsumsinya agar manfaat kangkung bagi tubuh anak bisa dirasakan. 

Kangkung bisa diandalkan untuk mencegah dehidrasi, mengoptimalkan fungsi otak, saraf, dan lain-lain. Menurut dr. Arina Heidyana melansir dari laman klikdokter.com, kandungan mineral seperti kalium dan natrium di dalam kangkung dapat menjaga keseimbangan cairan dan kadar elektolit, sehingga risiko dehidrasi menjadi lebih rendah.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat kangkung bagi tubuh yang wajib diketahui dari berbagai sumber, Rabu (18/8/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat Kangkung bagi Tubuh

1. Manfaat Kangkung untuk Penyakit Kuning

Penyakit kuning dan masalah hati bisa diatasi dengan mengkonsumsi kangkung. Sayuran ini bisa digunakan untuk pengobatan ayurvedic pada penyakit kuning dan masalah hati. Ekstrak kangkung atau manfaat kangkung bagi tubuh ternyata dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan hati yang disebabkan oleh bahan kimia karena modulasi enzim detoksifikasi, antioksidan dan sifat pemicu radikal bebas.

2. Manfaat Kangkung untuk Anemia

Zat besi dan fosfor pada sayur kangkung bisa menjadi zat utama untuk melawan anemia. Zat besi dan fosfor berperan dalam mendukung asupan oksigen dan zat gizi yang optimal bagi sel dan organ tubuh. Pilihlah kangkung muda untuk bisa merasakan manfaat kangkung bagi tubuh, karena kandungan zat besinya masih cukup tinggi.

3. Manfaat Kangkung untuk Pencernaan

Manfaat kangkung bagi tubuh bisa mengatasi sembelit karena kandungan serat yang tinggi pada sayur ini. Hal ini dapat membantu pencernaan dengan cara yang alami. Kamu bisa membuat jus kangkung rebus jika mengalami sembelit. Selain itu, manfaat kangkung bagi tubuh juga sering digunakan untuk pengobatan infestasi casing usus karena mengandung lateks yang digunakan sebagai agen pencahar.

4. Manfaat Kangkung untuk Sariawan

Kandungan vitamin C pada kangkung bisa membuat manfaat kangkung bagi tubuh mampu mencegah penyakit sariawan, hingga gusi berdarah. Kamu hanya perlu mengunyah daun kangkung yang sudah dibersihkan. Daun kangkung ini juga mengandung antiseptik alami yang bisa membunuh kuman pada gigi dan mulut.

5. Manfaat Kangkung untuk Kolesterol

Manfaat kangkung bagi tubuh mampu membantu mengurangi kolesterol. Sayur kangkung adalah pilihan yang sangat baik bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan dan mengurangi kolesterol secara alami, melansir dari stylecraze.com.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan telah membuktikan bahwa konsumsi kangkung telah menurunkan kadar kolesterol serta triglikosida. Dengan demikian, sayuran ini memiliki peran utama dalam menurunkan kadar kolesterol.

3 dari 6 halaman

Manfaat Kangkung bagi Tubuh

6. Manfaat Kangkung untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Kangkung mengandung serat dan kaya akan vitamin C. Vitamin ini merupakan salah satu zat gizi yang memegang peranan penting dalam menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh. Jika mencukupi kebutuhan vitamin dari kangkung, maka manfaat kangkung bagi tubuh akan membuat tubuh tidak mudah terserang beragam penyakit infeksi.

7. Manfaat Kangkung untuk Tulang dan Gigi

Kangkung mengandung kalisum dan fosfor. Kandungan nutrisi ini membuat manfaat kangkung bagi tubuh dapat diandalkan menjaga tulang dan gigi. Selain itu, zat gizi ini juga turut membantu proses pertumbuhan dan perkembangan tulang maupun gigi pada janin yang ada di dalam kandungan.

8. Manfaat Kangkung untuk Diabetes

Jika dikonsumsi oleh ibu hamil, maka manfaat kangkung bagi tubuh bisa mencegah diabetes pada ibu dan janinnya. Kangkung akan bekerja sebagai antioksidan yang bisa menangkal oksidadi penyebab diabetes pada sel-sel tubuh ibu hamil dan janin.

9. Manfaat Kangkung untuk Insomnia

Kandungan karbohidrat dan lemak dalam kangkung bisa memicu otak untuk merasakan kantuk. manfaat kangkung bagi tubuh bisa digunakan untuk memperbaiki waktu tidur yang tidak teratur. Caranya cukup mudah, yaitu hanya dengan mengkonsumsi kangkung yang sudah diolah seperti ditumis dan kemudian disantap dengan nasi.

10. Manfaat Kangkung untuk Penyakit Jantung

Kangkung mampu mengurangi kolesterol di dalam tubuh, secara alami manfaat kangkung bagi tubuh mampu menjaga kesehatan jantung dengan menjaga aliran darah yang sehat di dalam tubuh. Antioksidan seperti vitamin A dan C pada kangkung efektif dalam mencegah kolesterol teroksidasi dan menempel pada dinding pembuluh darah.

4 dari 6 halaman

Manfaat Kangkung bagi Tubuh

11. Manfaat Kangkung untuk Kanker

Sayur kangkung mengandung banyak antioksidan (paling tidak 13 jenis antioksidan). Tak heran bila manfaat kangkung bagi tubuh mampu menjaga kesehatan sel-sel tubuh sehingga tidak terpengaruh oleh radikal bebas dan mengalami pertumbuhan abnormal.

12. Manfaat Kangkung untuk Pertumbuhan Rambut

Zat besi yang terkandung dalam kangkung, memiliki manfaat untuk membantu pertumbuhan rambut baru. Tak hanya itu, manfaat kangkung bagi tubuh bisa mengatasi masalah ketombe juga. Bahkan membuat rambut Anda hitam berkilau dengan kandungan vitamin E nya.

Membuat shampo kangkung untuk mengatasi ketombe sangatlah mudah untuk Anda coba di rumah. Anda hanya cukup merendam kangkung selama satu malam hingga air rendaman berwarna kebiruan. Kemudian saring air kangkung dan gunakan sebagai shampo secara rutin untuk memperoleh hasil yang maksimal.

13. Manfaat Kangkung untuk Mata

Manfaat kangkung bagi tubuh dapat membantu menjaga kesehatan mata. Kangkung memiliki kandungan karotenoid, vitamin A dan lutein yang tinggi. Nutrisi ini penting untuk kesehatan mata. Kangkung juga meningkatkan kadar glutathione, yang berperan penting dalam mencegah katarak.

14. Manfaat Kangkung untuk Mencegah Dehidrasi

Manfaat kangkung bagi tubuh anak adalah dapat mencegah dehidrasi. Menurut dr. Arina Heidyana melansir dari laman klikdokter.com, kandungan mineral seperti kalium dan natrium di dalam kangkung dapat menjaga keseimbangan cairan dan kadar elektolit, sehingga risiko dehidrasi menjadi lebih rendah.

15. Manfaat Kangkung untuk Otak Anak

Manfaat lain dari kangkung adalah berkaitan dengan kemampuan otak. Sayuran hijau ini mengandung vitamin B kompleks dan omega-4, yang bisa meningkatkan kinerja otak si kecil.

5 dari 6 halaman

Manfaat Kangkung bagi Tubuh

16. Manfaat Kangkung untuk Ginjal

Kangkung mengandung banyak air untuk membantu ginjal Anda menyaring darah. Air yang dikandung kangkung adalah sekitar 82 gram untuk setiap 100 gram. Tentu saja manfaat kangkung bagi tubuh ini baik untuk ginjal Anda bekerja secara optimal dan menyaring darah di sepanjang pembuluh darah.

17. Manfaat Kangkung untuk Anti Radikal Bebas

Manfaat kangkung bagi tubuh ialah mampu mencegah radikal bebas. Radikal bebas yang mengendap di dalam tubuh dan sel-sel dapat dihancurkan dengan banyak mengonsumsi kangkung.

Anda dapat mengkonsumsinya setiap hari sebagai pilihan menu harian karena mengandung banyak vitamin C dan antioksidan yang akan membantu Anda menyerap racun dan membuangnya dari tubuh.

Jangan terlalu lama memasak kangkung, cukup kukus atau rebus saja. Itu secara alami akan membersihkan tubuh dari racun berat yang terkandung di dalam tubuh.

18. Manfaat Kangkung untuk Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat kangkung bagi tubuh sangat baik untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Kangkung kaya akan kalium. Kangkung juga memiliki mineral seimbang yang sangat berguna untuk hipertensi dan stroke. Asam folat yang dikandung kangkung akan membantu Anda mengurangi tekanan darah tinggi dan mengendurkan pembuluh darah yang akhirnya akan melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh.

6 dari 6 halaman

Manfaat Kangkung bagi Tubuh

19. Mampu mengontrol berat badan.

20. Baik untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.

21. Menjaga kesehatan kulit wajah dan tubuh dengan optimal.

22. Berguna untuk mencegah pengapuran di jaringan tubuh.

23. Mampu menghilangkan jerawat saat dijadikan masker wajah.

24. Baik untuk melancarkan menstruasi atau haid bagi wanita.

25. Menjaga sekaligus meningkatkan daya ingat bagi pengonsumsinya.

26. Mampu mencegah masalah penuaan dini.

27. Baik untuk meningkatkan kinerja sistem saraf manusia.

28. Baik untuk meningkatkan stamina tubuh.

29. Menjaga kesehatan sendi pengonsumsinya.

30. Mampu menjaga kesehatan otot dengan baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini