Sukses

Mundur dari Yayasan Azzikra, Ini 4 Kontroversi yang Menyeret Nama Alvin Faiz

Liputan6.com, Jakarta Belakangan ini nama Alvin Faiz tengah ramai menjadi perbincangan. Kehidupan asmara dari anak mendiang Ustad Arifin Ilham ini jadi sorotan setelah keputusannya untuk bercerai dari Larissa Chou hingga keputusannya untuk mengakhiri masa dudanya yang baru berlangsung selama dua bulan dengan Henny Rahman.

Selain kehidupan asmaranya, baru-baru ini keputusan Alvin untuk mengundurkan diri dari kepengurusan yayasan Azzikra pun menuai banyak respon. Ia menyampaikan keputusannya ini melalui akun Instagram pribadinya pada Selasa (17/8).

"Alvin ingin menyampaikan bahwa Alvin mengundurkan diri dulu dari pesantren dan yayasan majelis Azzikra. Hal ini sudah Alvin sampaikan di forum rapat dengan para ulama dan dewan syariah kemarin, sekarang Alvin sampaikan di publik," tulis Alvin.

Berikut ini merupakan kontroversi yang menyangkut nama Alvin Faiz dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Rabu (18/8/2021).

2 dari 5 halaman

1. Menikah di usia muda

Alvin Faiz beberapa tahun yang lalu sempat membuat heboh publik karena ia memutuskan untuk menikah di usianya yang masih muda, yakni 17 tahun. Bahkan, usia Alvin tersebut dianggap masih di bawah umur karena batas minimal usia laki-laki untuk menikah yakni 19 tahun.

Kendati demikian, ia dan Larissa Chou kala itu telah memantapkan diri untuk melangkah ke pelaminan. Bahkan, kabarnya keduanya memutuskan menikah dua bulan setelah saling mengenal. Pernikahan antara dua sejoli ini pun diselenggarakan pada 6 Agustus 2016.

3 dari 5 halaman

2. Pilihan cerai jadi sorotan

Setelah kurang lebih lima tahun mengarungi bahtera rumah tangga bersama, Alvin Faiz dan Larissa Chou pun tiba-tiba membawa kabar yang mengejutkan untuk publik. Diam-diam, Larissa mengajukan gugatan cerai untuk Alvin ke Pengadilan Agama Cibinong, Jawa Barat.

Perihal penyebab cerai keduanya dilatarbelakangi oleh perbedaan prinsip yang sudah tidak bisa disatukan kembali. Selama lima tahun menikah, Alvin dan Larissa pun telah dikaruniai satu orang anak yakni Muhammad Yusuf Alvin Ramadhan.

4 dari 5 halaman

3. Dituding terlibat isu perselingkuhan

Setelah resmi bercerai dari Larissa Chou, tiba-tiba saja Alvin kembali membawa kabar yang mengejutkan untuk publik. Baru genap dua bulan menyandang status duda, namun putra sulung dari mendiang ustaz Arifin Ilham ini telah mantap untuk mengakhirinya.

Pada Sabtu (14/8/2021), Alvin Faiz resmi menikah dengan Henny Rahman, yang merupakan mantan istri dari sahabatnya sendiri, yakni Zikri Daulay. Akhirnya Alvin pun mendapatkan tudingan bahwa selama ini ia terlibat perselingkuhan dengan Henny.

Kendati demikian, melalui akun Instagramnya, Alvin menampik keras tudingan tersebut. "Gue mulai dekat dengan henny awal juni, sebelumnya hanya sebatas teman, memang benar henny ultah 25 mei, tapi gue kasih sesuatu ke dia di awal juni. Sebelumnya hanya sebatas teman biasa aja. Status henny saat awal dekat dengan gue itu sudah ketok palu dan sah bercerai secara agama & negara," ungkap Alvin.

Kemudian, ia juga menjelaskan terkait keputusannya yang dinilai cepat untuk segera menikahi Henny. "Niat awal kami menikah tahun depan, tapi setelah musyawarah dengan orangtua masing-masing, begitupun dengan para guru, kalo memang sudah saling cocok supaya tidak banyak fitnah lebih baik menikah secepatnya. Prosesnya pun sangat cepat dan sangat mendadak, kesepakatan untuk menikah hanya 1 mingguan sebelumnya, dan langsung menjalankan akad secara sederhana." tambah Alvin.

Terkait dengan hubungannya kini dengan Zikri Daulay, ia mengungkapkan bahwa mereka tetap berkomunikasi dengan baik. Bahkan Alvin pun telah menyampaikan tentang kedekatannya dengan Henny kepada Zikri sejak awal.

 

5 dari 5 halaman

4. Tudingan menyalahgunakan dana yayasan

Setelah publik dibuat gempar dengan kisah asmara Alvin Faiz, kali ini kepengurusannya di yayasan Az Zikra pun tengah menjadi perbincangan hangat. Ia dituding menyalahgunakan dana yayasan untuk kepentingan pribadi.

"Dana Yayasan bukanlah Warisan. Namun realita saat ini, kepengurusan Yayasan Az Zikra sudah berubah. Jika Dana itu digunakan untuk kemaslahatan Umat, akan sangat bermanfaat buat Umat. Tapi jika Dana Umat tersebut digunakan untuk kepentingan pribadi. Misalnya buat ke Ibis atau Pullman atau belakang Polsek Leuwiliang. Itu sama saja sudah ingkar dari tanggung jawab mengelola Dana Umat." tulis akun @opposite6890.io.

Terkait hal ini, pendiri Mualaf Center yakni Steven Indra Wibowo pun angkat bicara. "Disini kami jelaskan, kami ini gak ngurusin urusan pribadi Alvin, pernikahan, perceraian, dan hobi dia lainnya, kami cukup banyak kerjaan, bukan kurang kerjaan juga ngurus urusan pribadi orang, kepentingan kami adalah hanya izzah dan marwah Islam. Makanya saya pernah bilang ke dia, terserah mau buat pembelaan, pembenaran, pembukaan opini tentang kelakuan kamu, bebas," tulis Steven di akun Instagramnya.