Sukses

Dituding Rasis dan Hina Indonesia, Ini 5 Pernyataan Klarifikasi Youtuber Sunny Dahye

YouTuber Sunny Dahye melakukan klarifikasi usai dituding melakukan kebohongan serta menghina Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini, YouTuber Sunny Dahye tengah menjadi perbincangan hangat di kalangan warganet Twitter dan Instagram. Bahkan, namanya pun sempat menempati trending topik di linimasa Twitter.

Youtuber asal Korea Selatan ini ramai diperbincangkan karena ada akun anonim yang memaparkan sifat asli Sunny. Ia dituding memiliki sifat yang buruk bahkan pernah membuat konten bohong demi mendapatkan views dan uang dari adsense. Akun tersebut juga menyebut bahwa Sunny telah menghina Indonesia dengan kata-kata seperti 'miskin' dan 'bodoh'.

Selain memaparkan banyak tudingan buruk kepada Sunny, akun ini pun juga memaparkan bukti serta kesaksian dari beberapa orang yang pernah bekerja sama dengan wanita 27 tahun ini. Dalam akun tersebut, Sunny diklaim tak suka melihat kesuksesan sesama teman influencersnya yakni Han Yoo Ra, ia juga dituding pernah tidak membayar upah seseorang yang pernah bekerja dengannya sesuai dengan kesepakatan.

Setelah sempat bungkam untuk beberapa saat, akhirnya Sunny Dahye pun mengeluarkan klarifikasi melalui akun YouTube nya yakni SunnydahyeIn bertajuk "Yang perlu diketahui..." pada Rabu, (18/7). Berikut merupakan rangkumannya oleh Liputan6.ocm, Kamis (19/8/2021).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Butuh waktu untuk klarifikasi

Rumor buruk terkait sifat dan kelakuan asli Sunny Dahye ini telah beredar di linimasa Twitter dan Instagram selama hampir sepekan. Kendati demikian, pihak Sunny sempat diam dan menghentikan segala aktivitasnya di sosial media.

Ternyata, bersamaan dengan beredarnya rumor tersebut, ayah dari Sunny baru saja meninggal dunia. Sehingga ia pun membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memproses rasa kehilangan serta beragam tudingan buruk yang ditujukan padanya.

"Setelah semuanya selesai, aku baru ada waktu untuk take a step back dan mengevaluasi situasi yang sudah ada di sosial media dan berpikir menggunakan kepala dingin," ujar wanita lulusan Universitas Gajah Mada ini.

 

3 dari 6 halaman

2. Merasa syok dan terluka

Melihat berbagai tudingan buruk yang tertuju padanya, Sunny pun merasa sangat tertekan. Terlebih lagi ia juga mendapatkan banyak ujaran kebencian hingga ancaman kematian. Melalui kolom komentar hingga pesan langsung atau direct message (DM) tak sedikit orang yang memberikan kata-kata kasar pada Sunny.

"Mental aku benar-benar hancur, lebih hancur ketika aku melihat postingan anonimus yang menyakiti orang-orang yang kusayangi," ujar Sunny.

Istri dari Chris Okano ini juga mengaku merasa semakin terluka ketika melihat orang-orang yang memberikan pembelaan tentang Sunny ikut dihujat oleh warganet.

4 dari 6 halaman

3. Sedih rasa cinta Indonesia dipertanyakan

Selain merasa sangat sedih dengan berbagai ujaran kebencian yang tertuju padanya, Sunny juga merasa sakit hati karena rasa cintanya kepada Indonesia dipertanyakan oleh banyak orang. 

"Meskipun aku dalam darah Korea dan warga negara Korea, aku selalu mengidentifikasikan diri aku sebagai orang Indonesia dengan dasar, aku besar di Indonesia dan tinggal hampir seumur hidup aku di Bali. Jadi aneh guys rasanya kalau aku merendahkan negara di mana aku menimba ilmu dari TK, SD, SMP sampai kuliah," paparnya.

Dalam video tersebut, Sunny menegaskan kembali bahwa ia tidak mungkin menghina Indonesia. "Mungkin temen-temen ada yang gak tau, tapi jujur aku lebih nyaman berkomunikasi menggunakan Bahasa Indonesia ketimbang Bahasa Inggris atau Korea, karena itu adalah bahasa ibu aku," tambah Sunny.

5 dari 6 halaman

4. Minta Maaf

Terkait dengan segala kegaduan yang ada di sosial media, Sunny pun meminta maaf atas segala kesalahannya. Pasalnya, ia merasa bahwa ia tetaplah seorang manusia yang tak sempurna dan tak luput dari dosa.

"Aku ingin meminta maaf apabila aku sempat melakukan atau mengatakan suatu kesalahan dalam hidup aku, yang aku sendiri jujur kurang bangga," ucapnya.

Chris Okano, suami Sunny, juga sempat memberikan klarifikasinya atas postingan seorang artist yang pernah kerja bareng mereka, Natasha. Lewat video tersebut, Chris menyampaikan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya untuk Natasha dan mengaku sangat puas pernah kerja sama bareng 2 tahun lalu.

6 dari 6 halaman

5. Akan tempuh jalur hukum

Sementara untuk akun anonimus yakni @sunnyisliar2 yang sebelumnya menyebarkan konten-konten buruk tentangnya dan sang suami, Sunny memilih untuk menempuh jalur hukum. Ia sudah mengumpulkan sejumlah bukti dan melaporkan ke kepolisian.

Menutup klarifikasinya, Sunny Dahye mengumumkan akan break dari semua media sosial dan fokus pada keluarga.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini