Sukses

Olivia Jensen Lubis Dituding Lecehkan Bendera Indonesia, Ini 4 Faktanya

Gunakan bendera merah putih sebagai properti video, Olivia Jensen Lubis menuai banyak hujatan.

Liputan6.com, Jakarta Aksi Olivia Jensen Lubis baru-baru ini tengah menjadi sorotan warganet. Pasalnya, ia dinilai melakukan hal yang tidak pantas terhadap lambang negara Indonesia yakni bendera Merah Putih.

Dalam sebuah video TikTok yang dibuatnya untuk merayakan hari Kemerdekaan Indonesia, Olivia bersama putrinya menggunakan bendera Merah Putih untuk properti video.

Di awal video, nampak Olivia yang masih mengenakan bathrobe atau jubah mandi membentangkan bendera Merah Putih secara vertikal. Kemudian, bendera tersebut pun dihempaskan di tanah dan terlihat bahwa Olivia serta putrinya telah berganti pakaian mengenakan kebaya bernuansa merah putih.

Seperti apakah kisahnya? Berikut ulasan selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Jumat (20/8/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dituding lecehkan lambang negara

@babychanyeol_

Usut sampe tuntas! #foryoupage #fypシ #viral #BlenderJuara #benderamerahputih #indonesia #indonesia🇮🇩 #merdeka #17agustus #17

♬ original sound - ocel - ocel

Sama halnya seperti seleb lainnya, Olivia Jensen Lubis pun ingin membuat konten untuk merayakan hari Kemerdekaan Indonesia. Namun, nampaknya cara yang dipilih oleh Olivia ini menuai banyak hujatan dari warganet.

Seperti halnya yang dilakukan di video di atas, Olivia nampak menghempaskan bendera hingga jatuh ke tanah. Aksi tersebut dinilai seolah-olah sedang melecehkan lambang negara bagi warganet.

3 dari 5 halaman

Hapus postingan dan nonaktifkan kolom komentar

Beberapa menit setelah mengunggah postingan tersebut, sontak akun Olivia Jensen Lubis di TikTok maupun Instagram akhirnya diserbu oleh warganet. Banyak yang menyayangkan hal yang dilakukan oleh ibu satu anak ini.

Akhirnya, untuk mengatasi hal tersebut, Olivia pun memilih untuk menghapus postingannya. Setelah menerima banyak hujatan, ia juga memilih untuk menonaktifkan kolom komentar di Instagram.

4 dari 5 halaman

Respon warganet

Di akun TikTok Olivia Jensen, banyak warganet yang masih membahas tentang aksi buang bendera Merah Putih. Pasalnya, bendera Merah Putih merupakan lambang negara yang harus dijunjung tinggi dan dihormati. Bahkan, bagi para Pasukan pengibar bendera (Paskibraka), haram hukumnya apabila bendera yang dibawa sampai menyentuh tanah.

"Demi? Gua ga sengaja ngejatuhin aja di suruh push up 100 kali pls," tulis Kala.

"Gue yg rela ujan-ujanan tengah malem disuruh nurunin bendera waktu kemah karna gamau didenda 50jut sambil di bentak-bentak, ini malah seenak udelnya," tambah W.

"Woyyy, ely engga liat pengorbanan gresya-apriayani kemarin demi berkibarnya bendera.. VIRALLLLL KAN KALAU BISA BIAR DI HUKUM," timpal Disiniaja.

5 dari 5 halaman

Minta maaf

@babychanyeol_

Balas @riaaaayyyy iya dimaafin🇮🇩✨ #fypシ #foryoupage #viral #indonesia #17agustus #xyzbca #benderamerahputih #oliviajensen #AsikBarengResso

♬ original sound - Pojok Sumut - Pojok Sumut

Setelah aksinya tersebut menuai hujatan, wanita kelahiran Denmark ini pun sempat bungkam. Namun, pada Rabu (19/8/2021), akhirnya ia mengeluarkan pernyataan klarifikasi dan permintaan maaf. Dia menegaskan tindakannya tersebut tak dimaksudkan untuk melecehkan bendera merah putih.

"Untuk teman-teman semuanya, aku minta maaf sekali, atas kesalahan yang terjadi. Tidak ada maksud atau tujuan untuk hal yang kurang berkenan. Sekali lagi saya minta maaf sebesar-besarnya," ujar pemilik nama Olivia Jensen Lubis itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.