Sukses

Hampir Kena Tipu, Aksi Penjual Kosmetik Ini Bikin Salut Warganet

Bukannya kena untung, tapi penipu ini malah ditipu balik oleh si penjual kosmetik agar kapok.

Liputan6.com, Jakarta Kepercayaan dan kejujuran merupakan modal utama untuk melakukan transaksi jual beli secara online. Selain itu, tentunya baik penjual maupun pembeli harusnya amanah selama proses transaksi.

Namun, seringkali masih ada saja orang yang tidak jujur dan memiliki niat buruk untuk melakukan penipuan. Baik itu dari pihak penjual maupun pembeli.

Seperti halnya yang dialami oleh salah seorang penjual kosmetik yakni @baaayti yang membagikan kisahnya di TikTok. Supaya si penipu jera, akhirnya penjual kosmetik ini pun mengerjai si penipu tersebut.

Seperti apakah kisahnya? Berikut ulasan selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Jumat (20/8/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Unggah bukti transfer palsu

@baaayti

kurang baik apa aku kasih kosmetik gratis 🙂 yuk yang mau merapat 😅 #penipuanolshop #sakittapitakberdarah #xyzbca #ppkm #jualan #fypシ

♬ original sound - Akun Baru ARIF DU💫 - 𝘼𝙧𝙞𝙛 𝘿𝙪🪐

Dilansir dari akun TikTok milik @baaayti, ia membagikan pengalamannya yang hampir kena tipu oleh pembeli yang mengirimkan bukti transfer palsu. Namun, untungnya ia teliti dan paham bahwa bukti transfer yang dikirimkan berupa editan saja. Bahkan, setelah melakukan mutasi rekening, tentunya tak ada sepeser pun uang yang masuk.

"Kurang baik apa aku kasih kosmetik gratis. Yuk yang mau merapat," tulis pemilik akun @baaayti dalam unggahan videonya. 

Dalam video tersebut, ia tetap melayani si penipu dengan baik. Bahkan ia juga membuat kosmetik dari kertas, seolah-olah ia benar-benar tertipu dan mengirimkan barang asli.

3 dari 4 halaman

Kerja sama dengan kurir

@baaayti

Balas @alyamaryani3

♬ オリジナル楽曲 - 🍋あーる☕ - 🍋☕

Setelah menerima barang yang berupa kosmetik dari kertas, akhirnya penipu tersebut pun merasa kesal. Penipu ini bahkan sempat marah-marah dan menuntut agar uangnya dikembalikan padahal ia tak mengirimkan uang sepeser pun.

Agar si penipu jera, pemilik akun TikTok @baaayti ini ternyata sudah bekerjasama dengan pihak kurir. Pasalnya, ia diduga telah melakukan penipuan lebih dari satu kali.

Kemudian, ia pun telah mendapatkan titik koordinat rumah, foto wajah, serta informasi pribadi. Akhirnya, si penipu ini pun meminta maaf dan berjanji tidak akan mengulangi aksinya lagi.

4 dari 4 halaman

Respon warganet

Aksi cerdik dan cermat yang dilakukan oleh pemilik akun @baaayti ini pun menuai beragam respon oleh warganet. Banyak yang memuji aksi yang dilakukan oleh wanita ini dapat memberikan efek jera untuk si penipu.

"Endingnya sesuai dengan yang diharapkan netijen yaa wkwkwk," tulis akun @WindaCan

"Laporin kak, bukti transfernya soalnya bener-bener meyakinkan gitu, takutnya ada lagi yang ketipu," tulis akun @pinkpastel

"Wkwkwk kocak kak, udah seneng bakalan dapat kosmetik gratis pas dibuka auto kaget, suka deh idenya. Saya ga pernah kepikiran ngerjain balik," tulis akun @Hauratangerang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini