Sukses

16 Wisata Surabaya Kota yang Wajib Dikunjungi, Tawarkan Liburan Menyenangkan

Wisata Surabaya kota ini memberikan pengalaman liburan yang menyenangkan bersama teman maupun keluarga.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Surabaya kota ini memberikan pengalaman liburan yang menyenangkan bersama teman maupun keluarga. Kota terbesar di Jawa Timur dan kota metropolitan kedua di Indonesia ini menyediakan ragam wisata bagi para wisatawan.

Kamu dapat memilih destinasi wisata Surabaya kota yang sesuai dengan preferensi dan budget. Dijuluki sebagai kota Pahlawan, Surabaya kota tentu saja identik dengan monumen-monumen bersejarah yang akan mengingatkan Anda tentang perjuangan bangsa Indonesia saat melawan penjajah.

Selain wisata psejarah, Surabaya kota juga memiliki banyak potensi alam yang menarik dan bisa menjadi tempat liburan seru yang menyenangkan. Tak hanya itu, kota pahlawan ini juga menawarkan wisata edukasi hingga wisata religi.

Berikut ini beberapa wisata Surabaya kota yang wajib dikunjungi bersama keluarga maupun teman yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (22/8/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Jalan Gula dan Kebun Bibit Wonorejo

1. Jalan Gula

Wisata Surabaya kota yang pertama adalah Jalan Gula. Nama Jalan Gula di Surabaya saat ini sedang meroket popularitasnya. Padahal Jalan Gula hanyalah sebuah gang sempit yang terletak di antara bangunan tua. Meski terlihat lapuk, destinasi wisata Surabaya yang populer ini sukses merebut hati para pengunjung yang menyukai nuansa vintage sehingga mereka bisa berfoto dengan background dinding bangunan lapuk.

2. Kebun Bibit Wonorejo 

Wisata Surabaya kota yang selanjutnya adalah Kebun Bibit Wonorejo. Kebun bibit ini cukup dekat dengan hutan mangrove Wonorejo. Dipenuhi dengan pepohonan hijau, Kebun Bibit Wonorejo lantas menjadi destinasi wisata Surabaya yang menyejukkan. Kebun ini memiliki luas sekitar 5.9 hektare. Pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk untuk mengunjungi tempat ini. Uniknya lagi, pengunjung bisa berswafoto dengan hewan yang ada di kawasan ini.

3 dari 9 halaman

Pantai Ria Kenjeran dan Hutan Bambu

3. Pantai Ria Kenjeran

Wisata Surabaya kota yang selanjutnya adalah Pantai Ria Kenjeran. Pantai Ria Kenjeran dikenal sebagai satu-satunya pantai di Surabaya. Pengunjung bisa menikmati kesejukan pantai, berkuda, dan menonton barongsai di sini. Sore hari adalah waktu yang tepat untuk berkunjung ke pantai ini. Pengunjung akan disuguhi pemandangan sunset megah nan indah di tengah Gerbang Samudra Klenteng. Jaraknya hanya 20 menit dari pusat kota Surabaya.

4. Hutan Bambu dan Taman Sakura Keputih

Wisata Surabaya kota yang selanjutnya adalah Hutan Bambu dan Taman Sakura Keputih. Jika Anda tertarik untuk melihat tanaman indah nan cantik, hutan bambu dan sakura bisa dijadikan pilihannya. Nuansa asri dan sejuk bisa Anda nikmati di destinasi wisata Surabaya yang satu ini. Meskipun dipenuhi bunga-bunga cantik, pengunjung tidak diperbolehkan memetiknya. Jam operasional tempat wisata ini adalah mulai dari pukul 6 pagi hingga pukul 6 sore.

4 dari 9 halaman

Dipo Lokomotif Sidotopo dan Carnival Park Surabaya

5. Dipo Lokomotif Sidotopo

Wisata Surabaya kota yang selanjutnya adalah Dipo Lokomotif Sidotopo. Ini adalah area tempat penyimpanan gerbong kereta api yang sudah lama tidak terpakai. Siapa sangka, ternyata tempat ini juga bisa menjadi destinasi wisata Surabaya yang terkenal. Untuk berkunjung ke Dipo Lokomotif Sidotopo, Anda harus meminta izin terlebih dahulu pada petugasnya.

6. Carnival Park Surabaya

Wisata Surabaya kota yang selanjutnya adalah Carnival Park Surabaya. Carnival Park adalah salah satu tempat wisata terpopuler di Surabaya yang diperuntukkan bagi keluarga. Destinasi wisata ini mengusung tema karnaval, dan dilengkapi beragam wahana permainan yang menyenangkan untuk si kecil.  Carnival Park Surabaya juga menyediakan banyak stand makanan bagi Anda yang suka mencicipi aneka kuliner. Carnival Park Surabaya mulai dibuka pada pukul 16.00-23.00 WIB, bertempat di Jalan Ahmad Yani No.333, Dukuh Menanggal, Gayungan, Kota Surabaya.

5 dari 9 halaman

Surabaya North Quay dan Perahu di Kalimas

7. Surabaya North Quay

Wisata Surabaya kota yang selanjutnya adalah Surabaya North Quay. Surabaya North Quay adalah tempat bersandarnya kapal pesiar internasional yang lantas dijadikan tempat wisata di Surabaya. Terletak di lantai 2 dan lantai 3 Terminal Gapura Surya Nusantara, Surabaya North Quay juga menyajikan hiburan live musik, wisata kuliner, hingga tempat berkumpulnya komunitas industri kreatif.

8. Perahu di Kalimas

Wisata Surabaya kota yang selanjutnya adalah Perahu di Kalimas. Menyusuri Kalimas menggunakan perahu adalah salah satu aktivitas kala liburan yang patut dicoba. Perahu di Kalimas dikenal dengan nama Sawunggaling Surya Transport. Perahu ini hanya berkapasitas 12 penumpang saja. Tarif yang dikenakan untuk menaikinya adalah sebesar Rp.4000 per orang. Destinasi wisata ini sangat cocok untuk mengisi akhir pekan bersama keluarga dan pasangan.

6 dari 9 halaman

Kampung Warna-warni Bulak dan Tugu Pahlawan

9. Kampung Warna-Warni Bulak

Wisata Surabaya kota yang selanjutnya adalah Kampung Warna-Warni Bulak. Kampung Bulak yang terletak di Kenjeran dulunya adalah kawasan kumuh. Namun, kawasan ini kini disulap menjadi tempat wisata di Surabaya yang menuai popularitas. Kampung Warna-Warni Bulak disebut demikian karena seluruh bagian luar rumah di Kampung Bulak telah dicat warna-warni. Selain cocok untuk berswafoto, di Kampung Warna-Warni Bulak Anda juga bisa berbelanja di Sentra ikan Bulak  untuk membantu meningkatkan perekonomian warga sekitar.

10. Tugu Pahlawan

Wisata Surabaya kota yang selanjutnya adalah Tugu Pahlawan. Ini adalah destinasi wisata Surabaya terpopuler dan wajib dikunjungi. Monumen yang dibangun di pusat kota Surabaya ini ditujukan untuk mengenang jasa pahlawan yang telah gugur. Di bawah taman Tugu Pahlawan ini terdapat museum yang berisi foto dokumentasi pembangunan Tugu Pahlawan. Cocok ntuk wisata sejarah sekaligus edukasi.

7 dari 9 halaman

Mangrove Wonorejo Rungkut dan Masjid Laksamana Ceng Ho

11  Mangrove Wonorejo Rungkut

Wisata Surabaya kota yang selanjutnya adalah Mangrove Wonorejo Rungkut. Mangrove Wonorejo termasuk hutan bakau lebat dengan banyak satwa. Kini, jalanan setapak kayu dibangun melintasi lebatnya hutan bakau ini. Di destinasi wisata Surabaya yang populer ini, terdapat juga papan informasi yang menjabarkan aneka burung dan satwa yang hidup di sana.

Hutan mangrove yang cukup sejuk ini cocok untuk Anda yang ingin menghindar dari teriknya matahari di siang hari. Di hutan mangrove ini Anda juga bisa mengelilingi hutan dengan perahu mungil. Pengunjung dewasa dikenakan biaya Rp25.000 dan anak-anak Rp15.000. Terdapat pula speed boat yang boleh disewa untuk berkeliling dengan harga sewanya Rp300.000 saja untuk enam penumpang.

12. Masjid Laksamana Ceng Ho

Wisata Surabaya kota yang selanjutnya adalah Masjid Laksamana Cheng Ho. Sesuai dengan namanya, Masjid Laksamana Ceng Ho memiliki arsitektur Tionghoa yang terkenal dengan relief naga dan patung singa. Yang membuat unik adalah lafaz Allah dengan huruf Arab yang juga terdapat di bangunan masjid ini. Masjid Laksamana Cheng Ho termasuk tempat wisata di Surabaya yang cukup populer. Masjid ini dibangun sebagai bentuk penghormatan terhadap Laksamana Ceng Ho yang memiliki peranan penting dalam menyebarkan agama Islam di Surabaya.

8 dari 9 halaman

Kampung Wisata Jambang dan Mangrove Gunung Anyar

13. Kampung Wisata Jambangan

Wisata Surabaya kota yang selanjutnya adalah Kampung Wisata Jambangan. Kampung wisata Jambang dikenal sebagai kampung yang hijau, rapi, dan bersih di kota Surabaya. Di kampung ini, pengunjung dapat mempelajari cara membuat pupuk kompos dengan sampah organik dan non-organik. Pengelolaan limbah air juga menjadi kegiatan menarik dan edukatif di tempat wisata yang satu ini. Limbah ini berasal dari air mandi dan cucian warga sekitar Jambang. Air ini kemudian dimurnikan kembali melalui proses penyaringan. 

Pengunjung juga bisa jogging di area taman, bermain wall climbing, dan senam. Di sini, sudah tersedia toilet umum, water tap yang siap minum, berbagai pilihan jajanan, dan pusatnya bibit tanaman. Jam operasional Kebun Bibit Surabaya, yakni pukul 8 pagi sampai pukul 5 sore.

14.  Mangrove Gunung Anyar 

Wisata Surabaya kota yang selanjutnya adalah Mangrove Gunung Anyar. Hutan mangrove Wonorejo bukanlah satu-satunya hutan mangrove di Surabaya. Masih ada Mangrove Gunung Anyar. Mangrove ini menyediakan fasilitas sama dengan mangrove Wonojero. Tersedia pula jembatan kayu yang menembus hutan bakau. Perahu nelayan juga disewakan di destinasi wisata Surabaya yang satu ini. Pengunjung dikenakan biaya Rp50.000 untuk bisa menyusuri hutan dengan perahu.

9 dari 9 halaman

Bukit Larangan Panceng dan Kenpark Surabaya

15. Bukit Larangan Panceng

Wisata Surabaya kota yang selanjutnya adalah Bukit Larangan Panceng. Bukit Larang tidak berada di pusat kota Surabaya. Bukit ini sangat direkomendasikan bagi para pencinta wisata alam. Jarak tempuh ke lokasi sekitar 1 jam 20 menit dari pusat kota. Destinasi wisata Surabaya ini akan memanjakan mata para pengunjungnya dengan garis pantai yang memanjang. Terdapat pula pepohonan hijau yang rindang sebagai pembatasnya.

16. Kenpark Surabaya

Pantai Kenjeran merupakan salah satu objek wisata terkenal di Surabaya. Sayangnya, pantai ini mulai sepi peminat lantaran kondisinya yang kurang terjaga dan penuh dengan sampah. Tapi kini ada tujuan wisata baru di sekitar Pantai Kenjeran, tepatnya 1 km dari pantai yang lama. Objek wisata ini biasa dikenal degan Kenpark alias Kenjeran Park. Ada banyak objek menarik yang bisa dikunjungi di Kenpark salah satunya adalah klenteng Sanggar Agung yang berdiri dengan megah di pinggir laut. Ada juga tiruan Temple of Heaven di Cina yang banyak dijadikan lokasi berfoto para wisatawan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.