Sukses

Liburan di Rumah, 5 Wisata di Jogja Ini Bisa Dikunjungi Secara Virtual

Liputan6.com, Jakarta Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) masih diperpanjang. Di masa pandemi ini, menghindari kerumunan dan menjaga jarak menjadi hal yang harus dilakukan demi memutus rantai penularan virus COVID-19.

Sesuai anjuran pemerintah, penerapan protokol kesehatan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas penting diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar pandemi COVID-19 segera berlalu.

Di masa seperti ini mengunjungi tempat wisata tentu menjadi impian tersendiri bagi banyak orang. Namun, kini kamu bisa liburan dari rumah tanpa bepergian bahkan berkerumun dengan fasilitas virtual tour lho.

Kamu dapat menikmati konsep baru liburan dengan berbekal internet dan smartphone atau laptop. Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, wisata di Jogja yang bisa dinikmati secara virtual.

2 dari 3 halaman

Wisata virtual di Jogja

1. Teras Merapi

Objek wisata Teras Merapi ada di Dusun Kalitengah Kidul, Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman. Daya tarik utama Teras Merapi adalah pemandangan Gunung Merapi dengan sudut terbaik.

Buat kamu yang ingin mengunjungi objek wisata Teras Merapi secara virtual bisa mengunjungi link berikut ini:

https://jogja360.net/virtual-tour/06/2021/virtual-tour-teras-merapi/

2. Gua Sentono

Gua Sentono berada di Dusun Blambangan, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Gua Sentono berada kira-kira 750 meter di sebelah tenggara Candi Abang. Gua ini berada di dekat persawahan dan pemukiman penduduk, di sebelah utara jalan yang menghubungkan antara Berbah dan Jalan Prambanan – Piyungan.

Kamu bisa menyaksikanya melalui tautan berikut :

https://jogja360.net/wisata-gua/03/2021/virtual-tour-gua-sentono/.

3 dari 3 halaman

Wisata virtual di Jogja

3. Museum Benteng Vredeburg

Museum yang terletak di kawasan Nol Kilometer ini merupakan salah satu wisata di Jogja favorit para wisatawan. Saat ini kamu bisa mendapatkan informasi tentang kisah perjuangan nasional Bangsa Indonesia dengan mengunjungi Museum Benteng Vredeburg melalui tour virtual.

Kamu bisa melihat koleksi museum yang berada di Provinsi D.I Yogyakarta ini secara visual dan mendapatkan informasi lengkap tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Kamu bisa mengunjungi laman https://virtualtourvredeburg.id/ untuk menikmati layanan wisata virtual museum Benteng Vredeburg.

4. Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo adalah museum sejarah dan kebudayaan Jawa, termasuk bangunan arsitektur klasik Jawa. Museum ini menyimpan koleksi mengenai budaya dan sejarah Jawa yang dianggap paling lengkap setelah Museum Nasional Republik Indonesia di Jakarta.

Selain keramik pada zaman Neolitik dan patung perunggu dari abad ke-8, museum ini juga menyimpan beberapa macam bentuk wayang kulit, berbagai senjata kuno (termasuk keris dan topeng Jawa).

Museum Sonobudoyo terdiri dari dua unit. Museum Sonobudoyo Unit I terletak di Jalan Trikora No. 6 Yogyakarta, sedangkan Unit II terdapat di Ndalem Condrokiranan, Wijilan, di sebelah timur Alun-Alun Utara Keraton Yogyakarta.

Untuk menikmati wisata virtual kamu bisa mengunjunginya melalui tautan berikut :

https://jogja360.net/museum/03/2021/virtual-tour-museum-sonobudoyo/

5. Candi Plaosan

Candi Plaosan merupakan sebutan untuk kompleks percandian yang terletak di Dukuh Plaosan Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan. Candi ini adalah salah satu wujud toleransi agama Hindu dan Buddha.

Kompleks Candi Plaosan terdiri atas Candi Plaosan Lor (sebelah utara) dan Candi Plaosan Kidul (sebelah selatan).

Buat kamu yang tertarik ingin mengunjungi objek wisata Candi Plaosan secara virtual dapat klik link di bawah ini:

https://jogja360.net/candi/03/2021/virtual-tour-candi-plaosan/