Sukses

Hindari Kerumunan, Ini 5 Aktivitas Bareng Anak di Rumah yang Menyenangkan

Anak-anak harus membatasi mobilitas ke luar rumah. Belajar, bermain, dan berlibur, semua dilakukan di rumah untuk menghindari penyebaran virus Corona COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung membuat orang-orang wajib taat protokol kesehatan 5M yakni, mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta mengurangi mobilitas guna memutus penyebaran virus Corona COVID-19.

Anak-anak pun harus membatasi mobilitas ke luar rumah. Belajar, bermain, dan berlibur, semua dilakukan di rumah untuk menghindari penyebaran virus.

Tapi di rumah terus-terusan, rasa bosan tentu akan melanda anak-anak. Nah, dr. Miza Dito Afrizal, spesialis anak dari Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Tumbuh Kembang Depok memberikan tips lima aktivitas seru yang bisa dilakukan orangtua untuk menemani si buah hati di rumah di tengah pandemi COVID-19.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kegiatan orangtua dan anak di rumah

1. Bermain Puzzle

Permainan simpel satu ini bisa dilakukan orangtua bersama anak-anak saat qualiity time. Terutama untuk anak usia 1-2 tahun.

"Untuk anak berusia 1- 2 tahun, mereka itu lagi ditahap melatih motorik. Sebagai orang tua kita bisa siapkan permainan puzzle agar melatih ketangkasan untuk menyusun atau bisa juga menyiapkan adonan untuk diaduk sehingga melatih daya motorik dan sensoriknya," kata dr. Miza

2. Olahraga

Dokter Miza menyarankan untuk menemani anak agar tetap sehat dan aktif saat di rumah saja adalah dengan berolahraga. Kegiatan olahraga dapat melatih kekuatan fisik anak dan mempelajari makna menjadi kompetitif dan mengikuti aturan.

"Terutama untuk anak di tahap usia 3 tahun, kegiatan olahraga yang kompetitif itu cukup bagus dilakukan untuk mengasah dirinya. Bisa bermain bola, atau memasukkan bola ke keranjang," terangnya.

3. Berkebun

Berkebun menjadi salah satu hobi yang tengah naik daun di masa pandemi. Nah, para orangtua bisa mengajak si kecil untuk berkebun bersama. Selain menyenangkan, berkebun dapat membuat belajar memahami tanggung jawab dan melatih kesabaran.

3 dari 3 halaman

Ide aktivitas seru di rumah bareng anak

4. Memasak

Memasak juga bisa menjadi kegiatan alternatif yang bisa dilakukan orangtua bersama anak. Melalui proses masak bersama, anak dapat melihat proses pembuatan makanannya dan membantunya mengenal kandungan nutrisi pada makanan dan menjadikannya lebih berselera untuk makan.

5. Belajar bersama

Aktivitas terakhir yang bisa dilakukan saat bersama anak adalah menonton video edukatif. Dengan menonton video edukatif, anak dapat belajar meski tetap berada di rumah.

Meski demikian Dokter Miza menggarisbawahi bahwa orangtua tetap perlu membatasi kegiatan menonton video lewat platform digital agar anak tidak menjadi kecanduan gadget dan tetap mau berinteraksi sosial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini