Sukses

Primer adalah Produk Riasan, Ketahui Fungsinya untuk Makeup Tahan Lama

Liputan6.com, Jakarta Primer adalah salah satu produk riasan yang kini banyak digunakan. Dengan primer, hasil riasan akan tampak lebih mulus, glowing, dan tahan lama. Primer adalah produk yang diaplikasikan sebelum menggunakan foundation.

Menggunakan primer adalah kunci dari riasan yang tahan lama. Biasanya primer adalah produk yang tersedia dalam bentuk krim, gel dan bubuk. Kini, primer adalah salah satu produk yang banyak dipertimbangkan saat makeup. Primer adalah penyelamat untuk membuat riasan tetap bertahan sepanjang waktu.

Meski penting, primer adalah produk yang juga sering dilewatkan. Ini karena banyak orang belum mengerti fungsi dari primer itu sendiri. Agar lebih paham fungsinya, berikut ulasan tentang primer sebagai produk makeup, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (23/8/2021).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Mengenal primer

Dilansir dari Byrdie, primer adalah produk yang digunakan sebagai dasar untuk menyempurnakan aplikasi riasan secara keseluruhan. Primer dapat digunakan untuk menyempurnakan banyak bagian dari rutinitas kecantikan, termasuk mata, wajah, bulu mata, bibir, dan kuku.

Primer wajah, misalnya, dapat digunakan untuk menghaluskan pori-pori, membuat alas untuk riasan tahan lama, mengelola kulit berminyak, atau mencegah kilau berlebih. Primer bisa mengatasi riasan pada kulit kering, kulit berminyak, kulit kusam, hiperpigmentasi, dan jerawat.

Bagi wajah, bisa dibilang primer adalah alas dari foundation. Primer adalah produk riasan dasar yang membantu menciptakan lapisan antara kulit dan riasan. Primer menghaluskan permukaan kulit, meratakan warna kulit, menutupi pori-pori besar dan garis-garis halus dan pada dasarnya mempersiapkan kulit sehingga memberikan riasan hasil akhir yang sempurna.

3 dari 5 halaman

Fungsi primer wajah

Seperti namanya, primer “memperbaiki” atau mengoptimalkan permukaan kulit sebelum alas bedak diterapkan. Dilansir dari Huffpost, primer adalah dasar untuk foundation atau riasan wajah yang membuatnya lebih halus dan tahan lama. Untuk kulit dengan pori-pori besar, primer dapat menghaluskan permukaan dan mencegah foundation membuat titik-titik di T-zone.

Primer menciptakan dasar yang kuat untuk foundation. Primer dimaksudkan untuk menciptakan fondasi yang kuat untuk foundation. Primer membuat dasar yang halus, sehingga memungkinkan foundation untuk berbaur lebih baik, dan membuatnya bertahan lebih lama.

Untuk kulit yang berminyak atau terlalu kering, primer yang tepat dapat memberikan sedikit mattifikasi atau pelembap. Primer bagi kulit berminyak bisa terus-menerus menyerap minyak berlebih dari bawah alas bedak dan mencegah alas bedak agar tidak cepat pecah.

Bagi mereka yang memiliki kulit lebih kering, primer dapat membuat penghalang untuk mencegah kulit dari "meminum" air yang terkandung di sebagian besar foundation. Ini membuat foundation akan terpisah dan menjadi "cakey."

Dalam pengertian ini, primer adalah produk yang mirip dengan pelembap. Tapi, primer jauh lebih tipis dan mengapung di kulit, sedangkan pelembap meresap di kulit.

 

4 dari 5 halaman

Jenis-jenis primer

Dilansir dari Byrdie, jenis-jenis primer yang sering digunakan, meliputi:

Primer wajah mattifying

Jika memiliki kulit berminyak, primer mattifying akan menjadi pilihan untuk memperpanjang keausan alas bedak. Secara khusus, primer yang berbasis silikon menciptakan penghalang mattifying yang bagus antara kulit dan riasan dan memiliki manfaat tambahan untuk mengaburkan dan menghaluskan pori-pori.

Primer wajah yang menghidrasi

Primer penghidrasi ideal untuk kulit kering, terutama yang memiliki bahan perawatan kulit seperti asam hialuronat dan antioksidan. Pemiliki kulit kering perlu menghindari primer berbasis silikon karena bisa membuat kulit makin kering.

Primer koreksi warna

Warna primer ini dirancang untuk melawan warna kulit yang mendasarinya. Misalnya, primer hijau digunakan untuk mengoreksi kemerahan sementara primer biru mengimbangi nada pucat atau kuning.

Blurring primer

Blurring primer ideal untuk jenis kulit dewasa untuk mengurangi tampilan garis-garis halus dan kerutan. Primer ini cenderung menghaluskan kulit dan tidak terlalu mattifying.

5 dari 5 halaman

Jenis-jenis primer

 

Eyeshadow primer

Eyeshadow terkenal mudah luntur pada tengah hari, dan jarang bertahan saat berkeringat, atau pada hari hujan. Primer sederhana dapat memperbaiki semua itu, dan juga membantu eyeliner. Primer eyeshadow dapat mengoreksi warna kelopak mata sebelum aplikasi riasan, menutrisi dan menghaluskan kelopak mata, serta mencegah minyak alami kulit merusak riasan.

Primer maskara

Jika memiliki masalah dengan bulu mata yang lentik, cobalah primer maskara. Mereka juga sering dibuat dengan bahan-bahan benutrisi yang mengkondisikan bulu mata dan menambah volume dan panjang tambahan.

Primer bibir

Tidak semua orang membutuhkan primer bibir, tetapi jika kamu suka bereksperimen dengan bibir dan menginginkan warna sepanjang hari, itu adalah langkah yang baik. Primer bibir dapat menjaga lipstik tahan lama dan menciptakan permukaan halus. Primer ini cocok untuk dipakai di bawah lipstik cair matte warna bibir tebal. Jika menginginkan tampilan alami, itu juga dapat memberikan dorongan cepat untuk bibir berwarna nude.

Primer kuku

Untuk seniman kuku DIY di luar sana, primer kuku dapat menambahkan lapisan perlindungan yang membuat cat tampak bagus lebih lama. Seperti jenis primer lainnya, ini memberi kuku lapisan dasar yang halus dan membantu cat menempel secara merata. Ini juga direkomendasikan di bawah kuku akrilik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.