Sukses

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli dan Dampaknya bagi Kehidupan

Pengertian globalisasi adalah proses mendunia dari segala macam bidang, bisa berupa informasi, pemikiran, gaya hidup, hingga teknologi.

Liputan6.com, Jakarta Pengertian globalisasi perlu dipahami setiap orang. Pasalnya, hal ini telah memengaruhi hampir segala bidang kehidupan. Apalagi dengan pesatnya perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan sekarang ini, membuat globalisasi makin terasa.

Globalisasi adalah suatu proses internasionalisasi atau proses mendunia. Hal ini merujuk pada Globalization sebagai asal kata globalisasi. Secara bahasa, global memiliki arti mendunia, sedangkan –ization memiliki makna merujuk kepada suatu proses.

Pengertian globalisasi adalah proses mendunia dari segala macam bidang, bisa berupa informasi, pemikiran, gaya hidup, hingga teknologi. Globalisasi dipengaruhi oleh berbagai perkembangan yang terjadi di suatu negara maupun di dunia internasional.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (24/8/2021) tentang pengertian globalisasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Globalisasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian globalisasi adalah proses masuknya ke ruang lingkup dunia. Secara harfiah pengertian globalisasi adalah proses sesuatu yang mendunia bisa berupa informasi, pemikiran, gaya hidup, dan teknologi.

Jadi, pengertian globalisasi adalah proses yang dapat berpengaruh pada keseluruhan manusia yang berada di suatu wilayah, bahkan di seluruh dunia. 

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

- Selo Soemardjan. Pengertian globalisasi adalah proses terbentuknya sistem komunikasi dan organisasi antara masyarakat yang ada di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah yang sama.

- Scholte. Pengertian globalisasi adalah berkembangnya hubungan internasional. Dalam hal ini setiap negara tetap mempertahankan identitas masing-masing, tetapi menjadi semakin ketergantungan satu dengan yang lain.

- Thomas L. Friedman. Pengertian globalisasi mempunyai dimensi idiologi dan teknologi, dimensi teknologi yaitu kapitalisme dan pasar bebas, sedangkan dimensi teknologi adalah teknologi informasi yang telah menyatukan dunia.

- Anthony Giddens. Pengertian globalisasi adalah intensifikasi (percepatan) hubungan sosial seluruh dunia atau secara mendunia yang mengaitkan kejadian dilokasi yang satu dengan yang lain serta menyebabkan timbulnya perubahan pada keduanya.

- Achmad Suparman. Pengertian globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu benda atau perilaku sebagai ciri dari setiap individu yang ada di dunia tanpa dibatasi oleh wilayah.

- Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan. Pengertian globalisasi adalah proses yang mencakup penyebab, kasus, dan konsekuensi dari integrasi transnasional dan transkultural aktivitas manusia dan non-manusia.

3 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Globalisasi

Ciri-ciri globalisasi adalah perubahan kemajuan dan perkembangan teknologi, pasar dan produksi ekonomi negara yang saling bergantung, meningkatnya masalah bersama, dan adanya aktifitas interaksi dan pertukaran budaya. Berikut penjelasannya:

Perubahan kemajuan dan perkembangan teknologi di segala aspek

Dahulu jika kita akan berkomunikasi dengan seseorang membutuhkan waktu yang lama dimulai dari mengirim surat kemudian beralih menjadi telegram dan berkembang menjadi sebuah handphone. Dengan adanya perkembangan barang-barang seperti telepon genggam, televisi satelit, dan internet menunjukkan bahwa komunikasi global terjadi demikian cepatnya.

Globalisasi juga bisa ditandai dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga ia mampu mengubah dunia secara mendasar, contohnya dengan kemajuan teknologi saat ini yang mampu membuat kita menjadi lebih efisien. Adanya ojek online juga bisa menjadi salah satu tandanya globalisasi yang ada di Indonesia.

Pasar dan produksi ekonomi negara yang saling bergantung 

Kerjasama ekonomi antar negara di dunai juga merupakan ciri-ciri globalisasi. Kesepakatan perdagangan internasional ini mengakibtkan proses globalisasi terjadi terus menerus tanpa henti.

Pasar dan produksi ekonomi di tiap negara menjadi saling bergantung akibat dari pertumbuhan perdagangan internasional, peningkatan pengaruh perusahaan multinasional, dan dominasi organisasi World Trade Organization (WTO).

Meningkatnya masalah bersama

Meningkatnya masalah bersama adalah ciri-ciri globalisasi. Misalnya meningkatnya masalah bersama pada bidang lingkungan hidup, krisis multinasional, inflasi regional dan lain-lain. Dalam hal ini, masalah ini harus diselesaikan secara bersamaan tidak hanya satu negara saja yang mampu menyelesaikannya.

Contohnya seperti, masalah kerusakan lingkungan alam berupa pencemaran limbah industri pada laut,atau pemanasan global yang mempunyai dampak buruk bagi seluruh kehidupan makhluk di bumi

Adanya aktifitas interaksi dan pertukaran budaya tanpa disadari

Ciri-ciri globalisasi selanjutnya ialah adanya aktifitas interaksi dan pertukaran budaya tanpa disadari. Pertukaran budaya menjadi contoh globalisasi dalam kehidupan sehari-hari yang sangat mudah ditemukan. Kemajuan teknologi ini membuat interaksi antar masyarakat dunia secara luas, yang akhirnya akan saling mempengaruhi satu sama lain.

Sebagai contoh, kegemaran generasi muda terhadap budaya-budaya asing seperti K-Pop dan budaya hip hop dari barat. Contoh hal lainnya dengan pertukaran pelajar antar negara yang membuat saling mengerti budaya negara yang satu dengan yang lainnya.

4 dari 5 halaman

Faktor Penyebab Globalisasi

Globalisasi terjadi karena banyak faktor, bisa karena kemajuan teknologi internet, infrastruktur telekomunikasi dan transportasi, pertukaran pelajar, dan lain-lain. Faktor penyebab globalisasi dibagi menjadi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal disebabkan karena dorongan dari dalam negara sendiri, sedangkan faktor eksternal terjadi karena pengaruh dari negara lain atau perkembangan dunia luar.

Faktor penyebab globalisasi eksternal:

- Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan

- Perdagangan bebas

- Kemudahaan migrasi

- Kerjasama atau hubungan antar negara

- Peran lembaga internasional

- Perkembangan HAM

Faktor penyebab globalisasi internal:

- Perkembangan cara berpikir dan pendidikan masyarakat

- Ketergantungan terhadap negara lain

- Kebebasan pers atau media

5 dari 5 halaman

Dampak Globalisasi bagi Kehidupan

Globalisasi dapat menimbulkan berbagai dampak, baik itu positif maupun negatif. Bagi kehidupan masyarakat dampak globalisasi adalah sebagai berikut:

Dampak Positif Globalisasi

- Kemajuan dalam bidang teknologi, komunikasi, transportasi dan informasi yang memudahkan kehidupan.

- Kemudahan memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan.

- Kehidupan sosial ekonomi yang meningkat.

Dampak Negatif Globalisasi

- Lunturnya nilai-nilai kebudayaan seperti gotong royong dan lain sebagainya.

- Mudahnya budaya barat masuk dan mempengaruhi nilai-nilai budaya lokal.

- Rusaknya lingkungan dan meningkatnya polusi udara

- Maraknya penyelundupan barang-barang illegal

Dampak globalisasi memang bisa dirasakan dari berbagai bidang. Globalisasi juga memiliki dampak yang signifikan dalam berbagai bidang kehidupan lainnya, baik itu politik, ekonomi, pendidikan dan lain-lain.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini