Sukses

Dosen Ini Ajak Mahasiswa Pemanasan Sebelum Kuliah Online, Bikin Ikut Ketawa

Dosen ajak mahasiswanya latihan ketawa sebelum kuliah online dimulai.

Liputan6.com, Jakarta Kuliah online sering dinilai membosankan oleh mahasiswa. Hanya mendengarkan penjelasan dosen yang belum tentu langsung dipahami membuat mahasiswa malas mengikuti kuliah online. Namun, tidak dengan dosen di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Warganet bahkan ikut dibuat tertawa oleh sebuah rekaman kuliah online itu. Video yang diunggah oleh akun TikTok Elvin Anderson mampu menghilangkan perspektif bahwa tak semua kuliah online itu membosankan. Ada juga yang membuat bahagia disela-sela pertemuan yang tidak bisa dilakukan secara langsung itu.

Terlihat di awal video, koreografer sekaligus pengajar ISI Jogja, Martinus Miroto tertawa sambil terbatuk-batuk. Rupanya, pengajar seni tari itu sedang mengajak sejumlah mahasiswa Fakultas Seni Pertunjukan ISI Jogja untuk latihan tertawa.

"Waktu kuliah pagi, dosen kami ngajak buat pemanasan dengan metode latihan ketawak," tulis akun TikTok @litelvin di videonya, seperti dikutip Liputan6.com pada Selasa (24/8/2021).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bikin Warganet Ikut Ketawa

Setelah dicontohkan oleh sang dosen, giliran mahasiswa satu per satu praktik ketawa. Tampak seorang mahasiswi dengan tindik di bibir dan hidung ragu dan bertanya, "Langsung ya pak?"

Sempat tertawa sambil menutup rapat mulut, ia kemudian membuka lebar mulutnya dan menutupnya dengan tangan. Ia berusaha menirukan gaya ketawa yang sebelumnya telah dicontohkan oleh sang dosen.

"Nggih [iya], pak, sampun [sudah]," ucap mahasiswa itu di akhir usai ketawa.

Setelah itu, satu per satu mahasiswa lainnya pun diminta menunjukkan latihan ketawa mereka. Salah satunya seorang pria gondrong berkacamata, yang oleh pengunggah video dilabeli "Ketawak psikopat".

Tak hanya itu, berbagai macam gaya tertawa dari mahasiswa dalam video itu pun diberi label kocak oleh @litelvin, mulai dari ketawak pelit, ketawa extra pelit, ketawak super maksa, hingga ketawak casting kunti yang dilakukan oleh mahasiswa bermasker.

3 dari 4 halaman

Komentar Warganet

Video yang telah ditonton hingga 2,6 juta kali itu membuat warganet ikut tertawa saat menontonnya. Banyak yang mengatakan bahwa fakultas seni itu asyik, baik dosen maupun mahasiswanya.

"Fakultas seni pasti asik lahh dosen dan mahasiswanya," tulis akun Elaan.

"Dosennya asik kelasnya mood banget," tulis akun inikholik.

"Yang bisa nonton ini tanpa ketawa, fix masalah hidupnya berat banget," tulis akun Vincedi gg.

"Gue ikutan ketawa pliss," tulis akun R.

4 dari 4 halaman

Tonton videonya berikut ini:

@litelvin

Bengek sepanjang kelas 😭 #fyp #ngakak #foryoupage

♬ Flamacue - Reade Pryor

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.