Sukses

Daftar Harga Hardisk Eksternal Terbaik untuk Laptop Tahun 2021 Serta Kapasitasnya

Cek daftar harga hardisk eksternal yang terbaik untuk laptop Anda beserta kapasitasnya.

Liputan6.com, Jakarta Harga hardisk eksternal penting untuk diketahui, pasalnya hardisk eksternal akan sangat berguna bagi Anda pengguna laptop yang memiliki kapasitas penyimpanan hardisk internal yang kecil. Harddisk eksternal sudah menjadi pilihan banyak orang sebagai tempat penyimpanan data, terutama file atau data berukuran besar dalam jumlah banyak.

Pilihan hardisk eksternal yang tersedia pun sudah banyak, seperti Western Digital (WD), Seagate, Transcend, Samsung dan lainnya. Harganya pun kini semakin terjangkau, tergantung pada kapasitas yang ditawarkan. 

Selain dokumen, umumnya pengguna menggunakan hardisk eskternal untuk menyimpan lagu, video, foto berkualitas tinggi hingga data-data dalam format lainnya. Bahkan bisa digunakan sebagai sarana untuk back up data selain menyimpan data di komputer. Mengenai harga hardisk eksternal, tergantung pada kapasitas yang digunakan. Semakin besar kapasitasnya semakin mahal juga harganya.

Untuk lebih rinci, berikut ini ada daftar harga hardisk eksternal terbaik untuk laptop di tahun 2021 lengkap beserta kapasitasnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (25/8/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftar Harga Hardisk Eksternal Terbaik beserta Kapasitasnya

1. WD My Passport Ultra

WD My Passport Ultra merupakan salah satu hardisk eksternal terbaik yang salah satu fitur utamanya adalah backup otomatis. Anda bisa melindungi file-file penting dan melakukan pencadangan otomatis secara berkala. Penyimpanan data ini menggunakan sistem Cloud lokal dengan aplikasi WD SmarWare Pro. Jika dari sisi penampilan, hardisk yang satu ini punya desain yang stylish dengan cover metal. Terlihat elegan dan premium. Apalagi produk ini juga kompatibel dengan USB-C dan USB 3. Selain itu, hardisk WD My Passport Ultra tersedia dalam 3 kapasitas, yaitu 1 TB, 2 TB, dan 4 TB. Di pasaran, harga hardisk eksternal ini sekitar Rp 800.000 hingga Rp 1,6 jutaan.

2. Seagate Backup Plus Slim

Berikutnya ada Seagate Backup Plus Slim. HDD ini memiliki ukuran yang slim alias ramping dan menjadi salah satu keunggulan yang bisa kamu pertimbangkan. Kemudian, drive yang dimiliki Seagate Backup Plus Slim ini datang dalam 2 bagian, yaitu hard drive dan kabel USB 3.0. Dari segi kinerja dan ketersediaan kapasitas, hardisk ini menawarkan kecepatan transfer 120MB/s dan kapasitas penyimpanan mencapai 2TB.

Ada 3 fitur utama yang dimiliki oleh produk ini, yaitu Protect, Share, dan Save. Untuk fitur Protect, Anda bisa melindungi data lokal dan menyesuaikan backup secara real-time. Lalu fitur Share, memungkinkan Anda untuk meng-upload file ke berbagai situs sosial media. Sementara fitur Save berfungsi untuk membuat cadangan foto tersimpan di akun Facebook atau Flickr ke dalam drive. Drive ini juga dilengkapi dengan akun bakcup online yang menawarkan 4GB penyimpanan secara gratis. Untuk harga hardisk eksternal ini seharga Rp 900.000-an untuk Seagate Backup Plus Slim berkapasitas 1TB.

3. Transcend Storejet 25M3

Transcend Storejet 25M3 termasuk hardisk eksternal yang terkenal tangguh dan tidak mudah rusak. Sebab, dari segi desain sendiri dilengkapi karet pelindung three-stage shock protection system yang berfungsi memproteksi hardisk ini dari benturan. Untuk fiturnya sendiri, hardisk ini sudah dilengkapi dengan SuperSpeed yang kecepatan transfernya mencapai 5GB/s. Belum lagi didukung dengan interface USB 3.1 Gen 1.

Transcend Storejet 25M3 juga punya fitur lain seperti touch auto back up button, shockproof, dan power saving sleep mode. Tersedia beberapa pilihan kapasitas yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, yaitu 500 GB, 1 TB, dan 2 TB. Harga hardisk eksternal ini mulai Rp 750.000,- hingga Rp 1 jutaan.

4. Toshiba Canvio Basic

Selanjutnya, ada Toshiba Canvio Basic yang juga termasuk salah satu hardisk eksternal terbaik. Dari segi desain, hardisk ini dirancang dengan dimensi yang ringkas sehingga praktis dibawa ke mana-mana. Kalau soal kapasitas penyimpanan, Toshiba Canvio Basic ini dibekali dengan kapasitas 1 TB, 2 TB, dan 3 TB. Sangat cocok untuk mem-backup file-file dalam jumlah besar.

Selain itu, Canvio Basic ini memiliki teknologi USB 3.0 yang mampu melakukan transfer data cepat, yaitu dengan kecepatan hingga 5GB/s. Namun, hardisk ini masih kompatibel dengan USB 2.0. Jika dari segi penggunaan, perangkat ini cukup praktis dengan mengusung konsep Plug and Play. Selain itu juga cukup aman karena dilengkapi sensor kejut atau sensor guncangan internal untuk mendeteksi tekanan pada fisik perangkat. Untuk harga hardisk eksternal ini seharga Rp 900.000-an.

5. LaCie Rugged 2TB

LaCie Rugged memiliki desain unik dilindungi oleh karet berwarna orange terang. Tentunya karet pelindung ini membuat hardisk lebih tahan terhadap guncangan, debu, benturan, dan air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit. Dari segi konektivitas, LaCie Rugged 2TB ini dibekali dengan USB 3.0 dan USB tipe-C, sehingga sangat memudahkan Anda untuk memindahkan file meski berbeda-beda perangkat.

Bahkan, hardisk ini juga mengusung antarmuka Thunderbolt yang memiliki kecepatan transfer 2 kali lipat dibanding USB 3.0. Untuk LaCie sendiri, koneksi dengan Thunderbolt bisa mencapai kecepatan 387 MB/s. Harga hardisk eksternal LaCie Rugged 2TB ini sekitar Rp 2 jutaan.

3 dari 3 halaman

Daftar Harga Hardisk Eksternal Terbaik beserta Kapasitasnya

6. Samsung Portable SSD T5

Samsung Portable SSD T5 termasuk produk hardisk premium. Desain Samsung T5 ini dikemas dalam casing logam dengan sekujur body nya diberi warna biru atau hitam. Ukurannya sendiri 74 x 57,3 x 10,5 mm dan berat 51 g. Cukup ringan dan fleksibel untuk dibawa, diselipkan ke saku, maupun tas.

Hardisk ini tersedia dalam kapasitas 250GB, 500GB, 1TB, dan 2 TB. Selain itu juga dilengkapi dengan kabel USB Tipe-A ke USB Tipe-C dan kabel Tipe-C ke Tipe-C, sehingga sangat mudah untuk menghubungkan perangkat ini ke berbagai jenis PC. Jika untuk kecepatan transfernya, Samsung mengklaim kecepatan baca mencapai 540 MB/s dan kecepatan tulis mencapai 515 MB/s. T5 ini juga menyertakan perangkat keras enkripsi AES 256-bit yang bisa melindungi keamanan data pada drive dengan memasukkan kata sandi. Samsung T5 ini bisa Anda beli dengan harga mulai Rp 1,5 jutaan hingga Rp 6,5 juta.

7. Adata HD710 Pro

Rekomendasi hardisk eksternal terbaik selanjutnya adalah Adata HD710 Pro yang hadir dengan desain sporty. Hardisk ini juga dirancang waterproof dan shockproof dan telah melewati pengujian US Army MIL-STD-810G 516.6 yang artinya hardisk ini tetap aman ketika jatuh dari ketinggian 1,5 meter. Kerennya lagi, teknologi pendeteksi getaran (Shock Sensor) pada hardisk ini mampu membuat hardisk berhenti bekerja seketika jika terdeteksi adanya getaran sehingga menghindarkan hardisk dari error maupun bad sector.

Adata HD710 Pro ini juga memiliki berbagai fitur keren lainnya seperti fitur antidebu, ada indikator LED, penyimpanan kabel pada body, dan pilihan kapasitas yang cukup beragam yaitu dari 1TB, 2TB, 4TB hingga 5TB. HD710 Pro juga dilengkapi teknologi terbaru High-Speed USB 3.1 yang kecepatan transfer datanya hingga 5GB/s. Pastinya, perangkat ini juga kompatibel dengan komputer maupun laptop yang menggunakan sistem operasi Windows, Mac, maupun Linux. Harga hardisk eksternal yang satu ini antara Rp 700 ribuan hingga Rp 5 jutaan tergantung kapasitasnya.

8. Asus FX HDD

Asus FX HDD memiliki desain berbentuk candy bar dengan dimensi 128 x 80 x 16,3 mm. Desainnya sangat futuristik dilengkapi dengan lampu RGB yang bikin tampilan makin unik. Selain ada lampu RGB, sebagian permukaan Asus FX ini dilengkapi dengan finishing bertekstur brushed sehingga tidak licin.

Bahkan ada bantalan karet di bagian bawah yang memungkinkan perangkat ini tidak mudah tergeser saat digunakan. Jika dari segi performa, Asus FX ini dbekali teknologi USB 3.1 Gen 1 yang diklaim menawarkan kecepatan transfer data hingga 5GB/s. Kemudian ada juga kontroler ASMedia 1153E yang menjaga stabilitas transmisi data pada kecematan maksimal.Untuk segi kapasitas penyimpanan, ada 2 varian yang bisa Anda pilih. Ada Asus FX EHD-A1T dengan kapasitas 1TB dan EHD-A2T dengan kapasitas 2TB. Keduanya sama-sama dilengkapi enkripsi AED 256-bit dan backup otomatis. Jika ingin membelinya, Asus FX ini dijual seharga Rp 1,2 juta hingga Rp 1,6 jutaan.

9. WD Black P10

WD Black P10 memiliki desain WD Black P10 ini menggunakan warna hitam yang tampilannya cukup unik dengan dimensi 4,65 x 3,46 x 0,50 inchi. Cukup ramping dan mudah disimpan. Selain itu, ada sematan tekstur pada body yang memberi kesan tangguh. Bahkan body plastik ini sanggup menahan getaran dan benturan. Dari segi performa, kecepatan yang dimiliki hardisk ini mencapai 140 MB/s dengan varian kapasitas 2 TB, 4 TB, dan 5TB. Cocok banget untuk kebutuhan penyimpanan data gaming. Harga hardisk eksternal WD Black P10 ini sekitar Rp 1 juta hingga Rp 2 jutaan.

10. SanDisk Extreme PRO Portable SSD

SanDisk Extreme PRO ini juga termasuk hardisk yang menawarkan desain bentuk ramping dan ringkas, atau disebut SSD (solid state drive). Menggunakan teknologi NVMe, hardisk yang satu ini ukurannya lebih ringkas dibanding perangkat penyimpanan yang masih menggunakan HDD berukuran 2,5 inchi. Body nya didesain dengan warna hitam kombinasi orange metalik pada pinggirannya.

Sementara pada bagian belakang, ada lapisan karet agar perangkat nggak mudah bergeser saat diletakkan di meja. Kalau untuk port nya, SanDisk Extreme Pro ini menggunakan interface USB 3.1 Gen 2 dengan konektor USB tipe-C. Namun tetap kompatibel untuk PC dengan port USB tipe-A. Jika dari segi kecepatan transfer data, SanDisk menawarkan kecepatan hingga 934,5 MB/s. Sangat cocok untuk kelas profesional. Sayangnya, harga perangkat ini cukup mahal, yaitu Rp 4 jutaan untuk kapasias 1 TB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.