Sukses

Daftar Semarang Wisata yang Sudah Buka Selama PPKM, dari Alam hingga Sejarah

Ini beberapa daftar Destinasi wisata di Semarang yang sudah buka selama pandemi, cek lokasinya dan syarat serta aturan yang berlaku.

Liputan6.com, Jakarta Semarang wisata selama masa PPKM sudah ada yang buka, hal ini disampaikan langsung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kola Semarang dengan disusulnya penurunan status PPKM menjadi Level 3.

Meskipun Kota Semarang belum tuntas dari ancaman Covid-19, Semarang wisata mulai melakukan pembukaan objek wisata yang dilakukan secara bertahap dan sesuai syarat yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Bagi kamu yang sudah mulai bosan di rumah, tak ada salahnya untuk berlibur sejenak asalkan mengikuti syarat dan ketentuan yang diberikan pemerintah serta menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. Kota dan Kabupaten Semarang di Jawa Tengah bisa jadi salah satu kota yang dapat kamu singgahi. Kota yang terkenal dengan lumpianya tersebut menawarkan segudang tempat wisata, mulai dari sejarah sampai alam yang menawan.

Berikut ini beberapa daftar Semarang wisata yang sudah buka selama PPKM mulai dari destinasi alam hingga sejarah, yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (26/8/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daftar Semarang Wisata yang Sudah Buka Selama PPKM

Berikut ini ada beberapa daftar Semarang wisata yang sudah buka selama PPKM, diantaranya:

1. Lawang Sewu

Semarang wisata yang pertama yang sudah dibuka saat PPKM adalah Lawang Sewu. Spot pertama yang dibuka dan bisa dikunjungi saat kamu rindu plesir adalah lokasi yang terkenal mistis namun tidak surut pengunjung ini. Memang rasanya belum lengkap kalau sudah di Semarang tapi tidak mengunjungi Lawang Sewu. Wisata sejarah peninggalan kolonial Belanda ini identik dengan jumlah pintunya yang banyak. Arsitekturnya yang menawan membuat Lawang Sewu sangat asyik untuk ditelusuri. Ada banyak cerita mistis yang beredar nyatanya tidak mengendurkan jumlah pengunjung tempat wisata terkenal Semarang ini.

2. Sam Poo Kong

Selanjutnya, Semarang wisata yang selanjutnya adalah Klenteng Sam Poo Kong. Klenteng terkenal satu ini memang sarat akan sejarah perkembangan Islam di Pulau Jawa. Di tempat inilah, Laksamana muslim yang terkenal bernama Cheng Ho singgah dan mendarat untuk pertama kali. Klenteng Sam Poo Kong terletak di kawasan Bukit Simongan menjadi saksi bisu penjelajahan Cheng Ho di Nusantara.

Kelenteng tertua sekaligus yang terbesar di Semarang tersebut menjadi tempat berteduh dan tempat tinggal sementara Laksamana Cheng Ho atau Zheng He saat harus “terpaksa” merapat ke pelabuhan pada tahun 1416. Ketika itu, juru mudi kapalnya, Wang Jing Hong, sedang sakit keras.

Untuk bisa masuk ke Klenteng ini kamu tidak harus yang beragama Konghucu. Sebab pengunjung beragama lain pun bisa masuk. Islam, Kristen, Katolik dan umat keyakinan lainnya juga dipersilakan. Asalkan tetap bisa menjaga dan menghormati orang yang sedang sembahyang, maka tidak jadi masalah. Berbagai foto dan jepretan menarik bisa kamu buat di destinasi wisata kebanggan Semarang ini. Selain itu, kamu bisa menyewa pakaian khas China yang tersedia di dekat loket utama. Waktu terbaik untuk mengunjungi Klenteng Sam Po Kong adalah sore hari.

3. Kota Lama

Selanjutnya, Semarang wisata yang selanjutnya adalah Kota Lama. Jejak peninggalan kolonial di Semarang dapat dijumpai di kawasan Kota Lama yang terletak di Jalan Letjen Suprapto, Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang. Berkunjung ke Kota Lama serasa di luar Negeri. Bagunan di sana dibangun dengan nuansa Eropa yang pas dijadikan lokasi foto.

Di Kota Lama, pengunjung juga dapat bersantai di Taman Srigunting, membeli barang-barang antik, berkeliling dengan sepeda, atau berkunjung ke Galeri Semarang dan Gereja Blenduk. Fasilitas di Kota Lama yang tersedia, antara lain toilet, mushala, restoran dan kafe, museum, juga penyewaan sepeda. Pengunjung tak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk untuk mengunjungi Kota Lama alias gratis. Namun, mereka akan dikenakan biaya untuk menyewa sepeda dan menikmati fasilitas lainnya yang berbayar.

4. Semarang Zoo atau Taman Margasatwa Semarang

Selanjutnya, Semarang wisata yang selanjutnya adalah Taman Margasatwa Semarang. Taman Margasatwa Semarang menjadi pilihan tepat untuk berwisata keluarga dan sangat cocok untuk wisata edukasi bagi anak. Kebun binatang atau Taman Margasatwa Semarang terletak di Jalan Raya Semarang–Kendal kilometer 17.

Tersedia wahana permainan, seperti waterboom, Play Play Zoo, naik gajah, naik sepeda air berkeliling danau, sampai menonton aksi satwa. Pengunjung dapat mengunjungi Taman Margasatwa Semarang pada Senin–Jumat pukul 08.00-15.00 WIB.

Pada Sabtu–Minggu atau hari Libur pukul 08.00-16.00 WIB. Pengunjung harus membayar Rp 20.000 per orang pada Senin–Jumat, Rp 25.000 per orang pada akhir pekan, dan Rp 30.000 per orang saat libur nasional. Harga tiket sudah termasuk gratis masuk wahana baru, yaitu Play Play Zoo.

 

 

3 dari 4 halaman

Daftar Semarang Wisata yang Sudah Buka Selama PPKM

5. Goa Kreo

Gua Kreo atau Goa Kreo jadi salah satu destinasi wisata alam Semarang yang konon kabarnya ada hubungannya dengan salah satu tokoh Wali Songo, yakni Sunan Kalijaga. Gua yang terletak di Dukuh Talun Kacang, kelurahan Kandri, kecamatan Gunung Pati, Semarang ini dikelilingi oleh Bendungan Jatibarang. Bendungan ini memiliki empat fungsi utama, yakni sebagai tampungan air untuk menanggulangi masalah banjir di Semarang, PLTA, PDAM, dan obyek wisata Semarang.

Bila berkunjung ke sini, sebaiknya kamu tidak membawa makanan dan barang-barang yang menarik perhatikan, seperti perhiasan, topi, dan kacamata, karena kera-kera di sini biasanya tahu dan merebutnya. Kamu hanya perlu membayar Rp4.000 untuk satu orang, tapi jika ingin mengelilingi Bendungan Jatibarang dengan speedboat kamu perlu membayar Rp 100.000. Satu speedboat bisa diisi maksimal 4 orang.

6. Grand Maerakaca

Selanjutnya, Semarang wisata yang selanjutnya adalah Grand Maerakaca. Atau yang juga dikenal dengan Grand Maerokoco adalah tempat wisata yang berupa taman miniatur Jawa Tengah. Tempat wisata yang satu ini didalang sebagai tempat instagramable di Semarang, spot yang paling diburu cafe yang berada di atas jembatan di mana pengunjung bisa menikmati makanan dan pemandangan hutan mangrove.

7. Taman Lele

Kampung wisata Taman Lele Semarang adalah sebuah objek wisata alam sekaligus taman hiburan keluarga di yang terletak di kota Semarang. Objek wisata ini memiliki luas lebih dari 2 hektare, memiliki aneka permainan untuk keluarga baik permainan air ataupun permainan darat. Terdapat juga kebun binatang mini serta penginapan. Kampung wisata Taman Lele Semarang menawarkan panorama alam asri, dengan danau buatan yang dijadikan tempat bermain sepeda air. Danau buatan tersebut dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Terdapat juga kebun binatang mini dengan beberapa aneka satwa seperti merak, ular phyton, buaya, iguana, kelinci, dan burung cendrawasih

4 dari 4 halaman

Aturan dan Syarat Berkunjung ke Tempat Wisata

Untuk menekan laju penularan Covid-19, pemerintah mengeluarkan aturan dan syarat bagi masyarakat yang ingin bepergian baik itu di luar Jawa-Bali maupun Jawa-Bali dan termasuk juga untuk berkunjung ke tempat wisata. Berikut ini ada aturan dan syarat untuk berkunjung ke tempat wisata yang sedang dalam masa PPKM Level 3 seperti Kota dan Kabupaten Semarang, diantaranya :

1. Jumlah pengunjung maksimal 25 persen dari kapasitas yang tersedia.

2. Pengunjung harus sudah divaksin, minimal dosis pertama. Ketika masuk ke tempat wisata, pengunjung diwajibkan menunjukkan bukti vaksinasi melalui aplikasi Pedulilindungi.id atau dengan menggunakan kartu vaksin secara fisik yang nantinya akan dicocokan dengan KTP.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini