Sukses

6 Artis Ini Beri Nama Anak dalam Bahasa Jawa, Terbaru Nella Kharisma

Bisa dijadikan inspirasi nama anak karena punya makna mendalam.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orangtua dalam memberikan nama pada anaknya pasti akan memperhatikan arti atau makna yang terkandung di dalamnya. Tak terkecuali para selebriti Tanah Air. Baru-baru ini, pasangan selebriti Nella Kharisma dan Dory Harsa mengumumkan nama bayi perempuan mereka.

Pedangdut 26 tahun yang melahirkan pada Sabtu (21/8/2021) di Solo itu memberi nama bayinya "Gendhis Geona Madaharsa". Melalui Instagram pribadinya, Nella menjelaskan makna di balik nama tersebut. Pedangdut yang berasal dari Jawa Timur itu tak lupa menyelipkan nama dalam bahasa Jawa pada buah hatinya. 

Selain Nella Kharisma, sejumlah artis ini juga menamai anak mereka dengan unsur Jawa. Ada yang mengambil dari nama tokoh pewayangan, hingga kata dalam bahasa Jawa yang memiliki arti yang baik. Semua tentu memiliki makna filosofis yang mendalam.

Siapa saja mereka? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, 6 artis yang memberi nama dalam bahasa Jawa untuk buah hati mereka, Kamis (26/8/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Andi Aria Radyakaya Rian, putra Rian d'Masiv

Meski bernuansa Bugis di nama depan, tapi jika dilihat dari bahasa Jawa, banyak makna baiknya. "Andi" adalah marga keturunan raja Bugis dari pihak sang ibu. 

Jika menilik dari bahasa Jawa Kawi, "Andi" berarti hamba. "Aria" artinya baik hati. "Radyakaya" adalah gabungan dari kata "Radya" yang artinya kerajaan dan "Kaya" bermakna kaya raya atau makmur. 

"Rian" merupakan nama depan sang ayah sendiri. Secara makna mendalam, dalam bahasa Jawa "Rian" berarti keteguhan dan kebijaksanaan.

3 dari 7 halaman

2. Abimanyu Manggala Nugroho Putro, putra pertama Vicky Shu.

Menurut Vicky Shu, nama putra pertamanya memiliki makna putra kami yang penuh dengan anugerah, pemimpin, dan insya Allah sempurna, pemberani jadi pelindung buat keluarganya.

Jika dijabarkan satu per satu, "Abimanyu" adalah kosakata Jawa yang artinya tidak takut kesulitan. "Manggala" juga berasal dari kata Jawa yang artinya panglima atau pemimpin. "Nugroho" berarti anugerah, sementara itu "Putro" adalah putra atau anak laki-laki.

Sedangkan nama panggilannya sendiri, "Bima" adalah salah satu anggota pewayangan pandawa lima yang karakternya pemberani dan sangat kuat.

4 dari 7 halaman

3. Badha Banyugeni, putra Kunto Aji

Penyanyi Kunto Aji menamai putranya Badha Banyugeni. "Banyugeni" adalah gabungan dari "banyu" dan "geni". Keduanya adalah kosakata Jawa.

"Banyu" artinya air. "Geni" artinya api. Meski punya sifat yang saling bertolak belakang, namun keduanya sama-sama punya filosofi bagus yaitu elemen penting dalam kehidupan umat manusia.

5 dari 7 halaman

4. Raden Ajeng Seraphina Rose Sumarnaningsih Soerjosoemarno adalah putri dari Yasmine Wildblood.

Nama putri dari Yasmine Wildblood memang cukup panjang. Dari setiap katanya mempunyai makna yang mendalam. "Raden Ajeng" mewakili gelar kebangsawanan yang dibawa anak Yasmine dari ayahnya. Namun, jika dijabarkan terpisah, "Raden" adalah bangsawan dan "Ajeng" berarti cantik.

"Seraphina" adalah nama Ibrani yang berarti api yang menyala. "Rose" adalah Bahasa Inggris dari mawar. Sementara itu, "Sumarnaningsih Soerjosoemarno" adalah nama keluarga. "Ningsih" dalam kata "Sumarnaningsih" berarti dalam kasih. "Soerjo" dalam "Soerjosoemarno" adalah matahari.

6 dari 7 halaman

5. Shailendra Naryama Sastraguna Sutowo, anak Dian Sastro

Shailendra Naryama Sastraguna Sutowo merupakan nama anak Dian Sastro diambil dari bahasa Jawa kuno yang berarti pemimpin berpengetahuan luas.

Penamaan "Shailendra Naryama Sastraguna Sutowo" diambil dari Bahasa Jawa Kuno. Secara keseluruhan, artinya adalah pemimpin yang memiliki pengetahuan luas. "Naryama" sendiri berarti pemimpin, sementara "Shailendra" dapat berarti raja.

7 dari 7 halaman

6. Gendhis Geona Madaharsa, putri Nella Kharisma dan Dory Harsa.

Nella Kharisma mengabarkan bahwa anak perempuannya diberi nama Gendhis Geona Madaharsa. "Gendhis" berasal dari bahasa Jawa yang berarti gula yang melambangkan sesuatu yang manis. Menurut Nella, harapan ke depan agar kehidupannya terus manis dan dipenuhi dengan kebahagiaan.

"Geona" yang memiliki arti kemuliaan. Nella dan Dory berharap sang buah hati memiliki akhlak mulia dan mampu memberikan kemuliaan kepada orangtua, keluarga, dan semua orang di sekelilingnya.

Dan 'Madaharsa' berarti kesucian. Keduanya berharap kehidupan mendatang dihindarkan dari segala sesuatu yang buruk. Serta bisa memberikan kebaikan untuk semua. Dengan memberikan nama indah pada putrinya yang menjadi doa terbaik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini