Sukses

Tanpa Penonton, Ini Ketentuan Pelaksanaan BRI Liga 1 Selama PPKM

Ketentuan pelaksanaan BRI Liga 1 selama PPKM ini telah diatur dalam Inmendagri No.35 Tahun 2021.

Liputan6.com, Jakarta Ketentuan pelaksanaan BRI Liga 1 selama PPKM wajib diperhatikan. Hal ini disebabkan karena masih berlakunya PPKM Level di setiap daerah di Indonesia. Oleh karena itu, akan dilakukan uji coba protokol kesehatan pada kompetisi BRI Liga 1 sebanyak 3 pertandingan terlebih dahulu.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan izin pelaksanaan BRI Liga 1 dan Liga 2 2021/2022.

"Mendasari hasil asesmen dan evaluasi terhadap kegiatan PPKM maka kami sepakat untuk memberikan persetujuan terkait dengan perizinan untuk dilaksanakan penyelanggaran liga 1 maupun liga 2," kata dia saat konferensi pers, Senin (23/8/2021).

Namun, Listyo menyebut, kegiatan olahraga tetap harus melaksanakan protokol kesehatan yang ketat. Sehingga, pemilik klub dan PSSI menyetujui pertandingan diselenggarakan tanpa dihadiri penonton.

Ketentuan pelaksanaan BRI Liga 1 selama PPKM ini telah diatur dalam Inmendagri No.35 Tahun 2021. Ketentuan seperti penggunaan aplikasi PeduliLindungi, tidak boleh ada penonton, kewajiban vaksin, dan penerapan protokol kesehatan dijelaskan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri tersebut.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (26/8/2021) tentang ketentuan pelaksanaan BRI Liga 1 saat PPKM.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pelaksanaan BRI Liga 1 Selama PPKM

Seperti Liputan6.com kutip dari Inmendagri No.35 Tahun 2021, akan dilakukan uji coba protokol kesehatan pada kompetisi Sepak Bola BRI Liga 1 sebanyak 3 pertandingan. Pertandingan ini direncanakan akan dimulai pada tanggal 27 Agustus 2021 sampai dengan 29 Agustus 2021. Ketiga pertandingan ini akan menjadi pembuka perhelatan kompetisi sepak bola yang telah dinantikan masyakarat Indonesia.

Pertandingan pembuka BRI Liga 1 ini akan dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus 2021, yang mempertandingkan juara bertahan Bali United FC vs Persik Kediri sebagai tim promosi, sekaligus juara Liga 2. Pertandingan pertama ini bertempat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Kemudian pertandingan kedua dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus 2021, Persipura Jayapura akan menghadapi Persita Tangerang. Pertandingan kedua ini akan dilaksanakan di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.

Sementara itu, pertandingan ketiga yang diadakan pada tanggal 29 Agustus 2021, mempertemukan Bhayangkara FC dengan Persiraja Banda Aceh. Pertandingan ini akan diadakan di Indomilk Arena, Tangerang.

3 dari 3 halaman

Ketentuan Pelaksanaan BRI Liga 1 Selama PPKM

Berikut ketentuan uji coba protokol kesehatan pada kompetisi BRI Liga 1 yang akan diadakan di DKI Jakarta:

1. Seluruh pemain, ofisial, kru media, dan staf pendukung wajib menggunakan aplikasi peduli lindungi untuk melakukan skrining terhadap orang yang keluar masuk pada tempat pelaksanaan kompetisi dan Latihan.

2. Pelaksanaan kompetisi tidak diperbolehkan menerima penonton langsung di stadiun. Kegiatan menonton bersama oleh supporter juga tidak diperbolehkan.

3. Seluruh pemain, ofisial, kru media, dan staf pendukung yang hadir dalam kompetisi wajib sudah memperoleh vaksinasi dosis kedua, hasil negatif PCR H-1 dan hasil negatif Antigen pada hari pertandingan.

 4. Pelaksanaan kompetisi BRI liga 1 wajib mengikuti aturan protokol kesehatan yang ditentukan oleh Kementerian Kesehatan dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.