Sukses

Viral Daftar Harga Sembako Tahun 1997, Biaya Per Barang Curi Perhatian

Pria Ini temukan daftar harga sembako tahun 1997 silam.

Liputan6.com, Jakarta Seiring berjalannya waktu, harga bahan pokok makanan kini semakin mahal. Sangat berbeda seperti zaman dulu. Bagi generasi 90-an, pasti mengalami perbedaan harga barang yang kini semakin melonjak. 

Halini terkadang membuat memori tahun 90-an selalu penuh kenangan dan nostalgia. Apalagi pada tahun 1997, yang merupakan tahun awal-awal krisis ekonomi melanda berbagai negara Asia, termasuk Indonesia. 

Meski tengah dilanda krisis moenter, harga abrang pada tahun 90-an memang terbilang sangat murah. Bahkan sangat jauh berbeda dengan harga barang-barang seperti sekarang ini.

Hal itulah yang diperlihatkan oleh seorang pria lewat akun media sosialnya. Dalam video unggahannya ia menemukan daftar harga sembako tahun 1997 silam. Bahkan ada barang yang dihargai kurang dari Rp 500 rupiah per biji.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Barang Tahun 1997

Dilansir dari akun TikTok @rshahreza oleh Liputan6.com, Jumat (27/8/2021) memperlihatkan sebuah catatan berisi daftar harga sembako yang dijual pada 24 tahun silam. Kreator TikTok bernama Roni Shah Reza itu menunjukkan kertas yang tertulis 22 Maret 1997.

Tulisan yang tampak sudah hampir pudar itu berisikan daftar sembako seperti daftar harga mi instan, telur, deterjen, minyak dan sebagainya. Tak hanya nama barang, dilengkapi pula harga yang bikin netizen syok.

Ternyata harga-harga barang kebutuhan pokok pada 'zaman' itu sangat murah sekali jika dibandingkan dengan sekarang. Sebagai contoh, telur seperempat kilo pada tahun 1997 silam dihargai hanya Rp 750 saja, kemudian mi instan Rp 400 sebungkus.

"Mie goreng satu (bungkus) nya 400 hahaha," kata Roni yang merasa lucu dengan harga mie goreng instant yang sekarang sekitar Rp 2.700-an. 

3 dari 3 halaman

Bikin Nostalgia Netizen

Selain itu ada pula gula putih setengah kilo yang satu bungkusnya hanya dibanderol Rp 800 saja. Terlihat pula Roni menunjukkan harga satu pak rokok merek terkenal yang harganya cuma Rp 1.800.

Video Roni yang pamer harga sembako tahun 1997 ini pun viral dan telah ditonton lebih dari 336 ribu kali. Sebagian netizen pun seolah bernostalgia dengan harga-harga sembako pada 24 tahun silam itu. Namun ada pula netizen yang tidak percaya jika merek-merek tertentu dalam daftar sembako itu sudah ada pada 1997 seperti yang diunggah pada video Selasa (24/8/2021) lalu itu.

"Taun begitu uang jajan smp gue..200 perak." tulis salah satu netizen.

"Taonnya film si Doel. Warungnya Mak Nyak klo org blnja cuma harga ratusan perak." timpal lainnya.

@rshahreza

Harga jadul Bro #jadul #klasik #shopping #SuperGoyangShopee

♬ Comical and a little silly carefree music(831995) - Etsuo Kawasaki

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini