Sukses

16 Macam Tanaman Obat dan Cara Membuatnya, Wajib Tahu

Menurut sebuah penelitian, ada sekitar 40 ribu macam obat obat atau herbal yang telah dikenal dunia, 30 ribu di antaranya diyakini berasal dari Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Berbagai macam tanaman obat tumbuh subur di tanah Indonesia. Lebih kurang ada enam belas macam tanaman obat dan cara membuatnya yang perlu diketahui. Manfaat dari macam tanaman obat ini tak main-main, bisa mengatasi penyakit berbahaya juga loh.

Mulai dari masalah luka ringan di kulit, melancarkan peredaran darah, sampai memperbaiki fungsi ginjal. Ini karena macam tanaman obat mengandung sejumlah nutrisi penting. Jadi enggak heran kalau banyak macam tanaman obat juga dipakai sebagai bahan utama atau campuran obat herbal.

Menurut sebuah penelitian, ada sekitar 40 ribu macam obat atau herbal yang telah dikenal dunia. Sekitar 30 ribu di antaranya diyakini berasal dari Indonesia. Apa saja macam tanaman obat tersebut dan bagaimana membuat ramuannya?

Berikut Liputan6.com ulas tentang macam tanaman obat dan cara membuatnya dari berbagai sumber, Senin (30/8/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Macam Tanaman Obat dan Cara Membuatnya

1. Macam Tanaman Obat Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman obat yang memiliki ciri khas berduri dan berdaging tebal. Selain bisa dijadikan sebagai manisan, ternyata lidah buaya bisa dijadikan obat herbal. Manfaat macam tanaman obat dan cara membuatnya ini wajib diketahui.

Tanaman ini bisa membantu menangkal radikal bebas yang masuk ke tubuh karena antioksidan alaminya. Bisa membantu mengobati luka bakar, sembelit, meningkatkan nafsu makan, dan menutrisi kulit dan rambut.

2. Macam Tanaman Obat Daun Kemangi

Daun kemangi termasuk bagian dari macam tanaman obat. Daun yang sering dijadikan lalapan ini bisa meringankan perut kembung. Manfaat macam tanaman obat dan cara membuatnya ini wajib diketahui. Bisa juga membantu meningkatkan nafsu makan dan mengobati luka goresan pada kulit. Tanaman ini juga bisa membuat nafas menjadi lebih segar karena kandungan mintnya.

3. Macam Tanaman Obat Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing dikenal sebagai tanaman herbal. Kumis kucing bahkan yang mampu mengatasi batu ginjal. Manfaat macam tanaman obat dan cara membuatnya ini wajib diketahui. Hal ini disebabkan kemampuan kumis kucing merangsang ginjal untuk mengeluarkan urine.

Mengeluarkan bakteri di kandung kemih akan lebih mudah dilakukan. Pencegahan pengendapan mineral dan garam dalam ginjal juga lebih mudah diatasi. Zat anti radang yang dikandungnya juga dapat membantu mengendalikan rematik dan asam urat, dan gejala alergi. Bahkan juga dapat membantu meringankan luka di kulit dan gusi yang bengkak.

4. Macam Tanaman Obat Kunyit

Kunyit disebut macam tanaman obat yang kaya kandungan kurkumin. Kurkumin dapat meringankan gangguan pencernaan, mengatasi penyakit hati, penyakit kulit, mengurangi risiko penyakit jantung, dan stroke.

Manfaat macam tanaman obat dan cara membuatnya ini wajib diketahui. Bahkan mampu membantu mencegah kanker usus besar dan melindungi kesehatan fungsi saraf. Meski begitu, jangan mengonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak. Hal ini justru dapat memicu kenaikan asam lambung.

5. Macam Tanaman Obat Daun Sirih

Tanaman obat daun sirih ini sudah banyak dijumpai di pekarangan rumah. Sebab, daun sirih dipercaya dapat menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut. Dampaknya akan membuat penyakit gusi dan gigi berlubang lebih mudah dicegah.

Manfaat macam tanaman obat dan cara membuatnya ini wajib diketahui. Kandungan antioksidan tannin dapat membantu merespon tubuh untuk membekukan darah dan menyembuhkan luka. Tidak heran jika banyak yang menggunakan daun sirih untuk mengobati luka bakar dan menghentikan mimisan.

3 dari 4 halaman

Macam Tanaman Obat dan Cara Membuatnya

6. Macam Tanaman Obat Lengkuas

Lengkuas merupakan macam tanaman obat yang juga dikenal dengan nama laos. Tanaman ini mengandung galangin, beta-sitosterol, dan flavonoid. Manfaat macam tanaman obat dan cara membuatnya ini wajib diketahui.

Tanaman obat sekaligus rempah ini mengandung vitamin A, vitamin C, zat besi, serat, dan karbohidrat. Bisa digunakan sebagai antioksidan, mengurangi nyeri dan peradangan, melawan infeksi, meningkatkan kesuburan pria, serta berpotensi sebagai antikanker.

7. Macam Tanaman Obat Kapulaga

Kapulaga adalah bumbu dengan rasa yang kuat dan sedikit manis. Biji, minyak dan ekstrak kapulaga dianggap memiliki khasiat obat. Kapulaga telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad.

Macam tanaman obat satu ini kerap digunakan sebagai campuran jamu atau masakan. Kapulaga memiliki efek antioksidan yang kuat. Manfaat macam tanaman obat dan cara membuatnya ini wajib diketahui. Kapulaga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, mencegah peradangan, mencegah bau mulut, dan antibakteri.

8. Macam Tanaman Obat Mengkudu

Mengkudu termasuk dalam macam-macam tanaman obat yang penuh khasiat. Di Indonesia, mengkudu menjadi obat herbal untuk berbagai penyakit. Mengkudu dikenal sebagai buah yang super pahit. Namun, di balik rasa pahitnya, mengkudu punya khasiat yang kuat.

Manfaat macam tanaman obat dan cara membuatnya ini wajib diketahui. Buah mengkudu biasa digunakan untuk mengobati masalah kesehatan seperti sembelit, infeksi, nyeri, dan radang sendi. Secara umum, mengkudu menyediakan sumber vitamin C, biotin, dan folat.

9. Macam Tanaman Obat Mahkota Dewa

Macam tanaman obat selanjutnya adalah mahkota dewa. Tanaman ini juga dikenal dengan nama simalakama. Manfaat macam tanaman obat dan cara membuatnya ini wajib diketahui. Mahkota dewa merupakan tanaman obat asli Indonesia yang berasal dari Papua.

Sama seperti mengkudu, mahkota dewa punya rasa yang sangat pahit. Buah ini dikenal sebagai buah beracun yang bisa mematikan jika tidak diolah dengan benar. Mahkota dewa kaya akan antioksidan seperti flavonoid, polifenol, dan alkaloid. Semuanya berperan dalam mencegah berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi hingga penyakit jantung.

10. Macam Tanaman Obat Sambiloto

Sambiloto merupakan macam tanaman obat yang kerap digunakan sebagai bahan jamu. Olahan daun sambiloto memiliki rasa pahit khas jamu. Sambiloto berkhasiat sebagai obat demam, obat penyakit kulit, obat kencing manis, obat radang telinga, dan obat masuk angin.

11. Macam Tanaman Obat Serai

Serai merupakan macam tanaman obat yang mampu meredakan stres. Serai juga bersifat antipiretik, sehingga dapat membantu mengurangi demam tinggi dan mencegah infeksi tenggorokan. Segala jenis nyeri bisa diatasi dengan serai ini. Manfaat macam tanaman obat dan cara membuatnya ini wajib diketahui. Cobalah untuk mencampurkannya ke dalam teh atau minuman dan makanan sesuai selera.

4 dari 4 halaman

Macam Tanaman Obat dan Cara Membuatnya

12. Macam Tanaman Obat Kencur

Kencur merupakan tanaman obat yang sering dijadikan jamu. Macam tanaman obat ini hampir mirip dengan jahe, terkadang sulit untuk membedakannya. Kencur bisa digunakan sebagai penambah nafsu makan dan penambah stamina. Manfaat macam tanaman obat dan cara membuatnya ini wajib diketahui. Mampu melancarkan haid bagi wanita, mengatasi gangguan kesehatan (flu, masuk angin, diare, batuk, sakit kepala, dan lambung).

13. Macam Tanaman Obat Temulawak

Temulawak adalah tanaman obat yang dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan. Manfaat macam tanaman obat dan cara membuatnya ini wajib diketahui. Gangguan ini berupa irritable bowel syndrome (IBS), perut kembung, dan gangguan lambung. Temulawak juga bisa dijadikan penambah nafsu makan. Namun, terlalu banyak mengonsumsi dapat menyebabkan iritasi pada lambung dan muntah.

14. Macam Tanaman Obat Jahe

Tanaman obat biasanya digunakan untuk pembuatan jamu/obat herbal. Senyawa aktif kuat bernama gingerol inilah penyebabnya. Manfaat macam tanaman obat dan cara membuatnya ini wajib diketahui. Gingerol dapat digunakan untuk mengatasi mual muntah, sakit perut, vertigo, nyeri haid, dan nyeri sendi.

Mampu mencegah pertumbuhan sel kanker usus besar serta membantu menurunkan berat badan. Jika bisa menanamnya sendiri di rumah, akan jauh lebih bagus lagi. Hal ini disebabkan karena segar mengandung senyawa gingerol lebih kuat. Namun, jahe tidak boleh dikonsumsi berlebihan.

Jika mengonsumsinya secara berlebihan, justru dapat memicu masalah pencernaan. Masalah ini berupa sakit perut, mulas, kembung, dan diare. Sebaiknya, konsumsi jahe tidak lebih dari 4 gram jahe setiap harinya.

15. Macam Tanaman Obat Kayu Manis

Kayu manis termasuk macam tanaman obat yang sekaligus bisa bumbu dapur. Kayu manis dapat membantu meredakan peradangan sendi karena rheumatoid arthritis. Manfaat macam tanaman obat dan cara membuatnya ini wajib diketahui. Membantu meringankan rasa tidak nyaman akibat infeksi saluran kemih dan mencegah demensia. Kadar gula darah juga bisa dikontrol dengan kayu manis. Terutama pada penderita prediabetes dan diabetes tipe 2.

16. Macam Tanaman Obat Kecibeling

Kecibeling termasuk jenis perdu yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan herbal. Macam tanaman obat ini merupakan perdu yang berasal dari Madagaskar menyebar ke Indonesia dan tumbuh subur di Malaysia. Kecibeling digunakan sebagai anti diabetes, diuretik, antisipilis, antioksidan, dan antimikroba, dan laksatif. Kecibeling juga diketahui mengandung polifenol, katekin, kafeina, tanin, dan vitamin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini