Sukses

Serupa Tapi Tak Sama, 9 Makanan Ini Sering Disalahartikan

Liputan6.com, Jakarta Keberagaman tentunya akan membuat kehidupan jadi lebih berwarna. Tak hanya tentang manusia yang mempunyai ragam karakter, makanan pun punya keunikan dan keberagaman sendiri sampai sering dikira sama lantaran bentuknya yang mirip.

Ada beragam jenis makanan yang kerap disalahartikan ketika disandingkan. Meski sekilas terlihat sama, sederet makanan yang sering disalahartikan tersebut mempunyai perbedaan tersendiri, salah satunya dari segi rasa.

Bagi seorang chef, tentunya sudah hafal dengan keberagaman bahan makanan. Walaupun terlihat sama, seorang chef sudah bisa membedakan perbedaan diantara makanan yang penampakannya sangat mirip.

Penting untuk memperhatikan perbedaan dari makanan yang mirip tapi tak sama. Pasalnya jika salah diolah, rasanya tentunya akan berbeda, karena setiap makanan mempunyai teknik memasak yang berbeda. Jika tekniknya salah, tentunya akan berdampak pada rasa makanan tersebut bukan?

Berikut Liputan6.com merangkum dari Brightside tentang makanan serupa tapi tak sama yang bikin terkecoh, Senin (30/8/2021).

2 dari 10 halaman

1. Mie vs Pasta

Makanan yang serupa tapi tak sama yang pertama adalah mie dan pasta. Dua makanan ini tentunya sudah sangat familiar. Mie dan pasta berbeda karena bahan dan cara pengolahannya. Mie terbuat dari tepung yang digiling dan garam yang harus ditambahkan agar gluten bisa mengembang lebih lembut dan mengikat adonan. Sementara, pasta menggunakan jenis tepung yang lebih kasar dan diolah menjadi produk kaku dan kering yang nantinya harus direbus sebelum dimakan.

3 dari 10 halaman

2. Selai vs Jelly

Sekilas selai dan jelly terlihat sangat mirip. Tetapi jika dilihat dari segi tekstur, selai dan jelly sangat berbeda. Perbedaan paling signifikan antara selai dan jeli adalah berapa banyak buah asli di dalamnya.

Jelly dibuat menjadi konsistensi yang lebih halus dan dilakukan dengan menghancurkan buah dan membuang bongkahan padatnya. Sementara selai dibuat dengan proses yang sama tetapi sebagian besar potongan dan bijinya dibiarkan di dalam untuk memberikan konsistensi yang lebih mudah dioleskan.

4 dari 10 halaman

3. Cupcake vs Muffin

Dua cake mini ini tentunya sudah tak asing lagi dan diminati banyak orang. Perbedaan antara muffin dan cupcakes tidak ada hubungannya dengan bahan-bahannya tetapi dengan metode pencampurannya.

Cupcakes adalah versi mini kue sementara muffin dicampur menggunakan "metode muffin", apa pun rasanya. Metode ini terdiri dari mencampur bahan basah dan kering dalam mangkuk yang berbeda dan kemudian menggabungkannya. Selain itu, muffin memiliki lebih sedikit gula, lebih banyak biji-bijian, dan lebih banyak buah. Muffin juga dapat dibuat gurih dan mengandung hal-hal seperti sayuran dan keju.

5 dari 10 halaman

4. Mentimun vs Zucchini

Mentimun dan zucchini adalah makanan serupa tapi tak sama selanjutnya yang sering disalahartikan. Mentimun dan zucchini terlihat sangat mirip bahkan tak ada celah yang memperlihatkan keduanya berbeda.

Mentimun dingin, berlilin, dan keras sementara zucchini lebih hangat saat disentuh dan memiliki sedikit rasa berpasir di kulitnya. Selain itu, sebagian besar mentimun memiliki bagian luar yang kasar dan bergelombang, sedangkan zucchini selalu memiliki kulit yang lebih halus. Soal rasa, mentimun memiliki kerenyahan yang khas.

6 dari 10 halaman

5. Jamur vs Kulat

Jamur adalah bahan makanan yang sudah sering diolah oleh banyak orang. Sementara kulat mungkin hanya diketahui oleh seseorang yang memang sudah sering bergelut di daput dan menemui ragam bahan makanan.

Kulat memiliki tutup bundar yang terletak di tangkai dan tidak bisa dimakan. Jamur berbentuk topi berkubah, dengan insang di sisi lain tutupnya, dan aman untuk dimakan. Karena itulah biasanya orang menggunakan istilah “jamur” untuk menyebut jamur yang dapat dimakan, sedangkan “kulat” mengacu pada jenis yang beracun.

7 dari 10 halaman

6. Prawn vs Shrimp

Dalam bahasa Inggris, udang memiliki dua nama yaitu prawn dan shrimp. Meski terlihat sama, prawn dan shrimp mempunyai perbedaan. Prawn dan shrimp sebenarnya adalah keluarga krustasea, yang artinya keduanya memiliki 10 kaki. Namun ada beberapa bagian tubuh dari keduanya yang membantu untuk membedakan keduanya, nih.

Pertama, adalah dari insang keduanya. Shrimp memiliki insang yang berbentuk lamellar, atau berbentuk seperti piringan. Sedangkan insang prawn bertumpuk dari depan ke belakang.

Secara ukuran, prawns dan shrimps memang berbeda. Prawns sesuai dengan arti harfiahnya, udang besar memiliki ukuran jauh lebih besar daripada shrimps. Namun karena ukuran yang lebih besar ini pula, prawns bentuknya tidak se-melengkung udang yang memang fleksible.

 shrimp and prawns memiliki rasa yang mirip, udang berukuran lebih besar dan itulah mengapa mereka dianggap lebih lezat. Jadi, karena ukurannya lebih kecil, shrimp dimasak lebih cepat dan lebih banyak ditemukan di menu restoran.

8 dari 10 halaman

7. Roti India vs Tortilla

Makanan yang kerap disalahartikan selanjutnya adalah roti India dan tortilla. Roti India dan tortilla memiliki kadar lemak yang berbeda. Tortilla biasanya dibuat dengan menggunakan shortening nabati, sedangkan roti menggunakan canola atau minyak sayur. Juga, adonan roti lebih kasar dari adonan tortilla.

9 dari 10 halaman

8. Gelato vs Es krim

Gelato dan es krim punya perbedaan. Banyak orang yang menyebut gelato dengan sebutan es krim, padahal gelato dan es krim itu berbeda. Bahan utama yang membuat 2 dessert ini adalah krim.

Perbedaan antara gelato dan es krim yang nampak adalah jumlah lemak yang digunakan. Untuk membuat gelato, dibutuhkan lebih sedikit krim, lebih banyak susu, dan tanpa kuning telur, yang merupakan salah satu bahan paling umum dalam es krim. Perbedaan lainnya adalah suhu: camilan populer ini disajikan sekitar 0ºF, dan gelato, sekitar 15ºF.

10 dari 10 halaman

9. Daun Ketumbar vs Peterseli

Daun ketumbar dan peterseli adalah bahan makanan yang sudah sangat familiar bukan? Meski terlihat sama, peterseli dan daun ketumbar adalah bumbu yang sama sekali berbeda. Peterseli memiliki daun yang runcing dan rasa yang lembut sementara ketumbar memiliki daun yang melengkung dan rasa yang lebih kuat. Cara terbaik untuk memilih yang tepat adalah dengan menciumnya.