Sukses

3 Langkah untuk Mencegah Kaki Lecet Saat Bersepeda

Bersepada menjadi salah satu olahraga yang diminati masyarakat selama masa pandemi.

Liputan6.com, Jakarta Bersepada menjadi salah satu olahraga yang diminati masyarakat selama masa pandemi. Pasalnya, olahraga itu terbukti bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari menurunkan berat tubuh, melatih kekuatan kaki, dan membuat tubuh kembali bugar.

Namun, bersepeda memiliki sejumlah risiko yang perlu diperhatikan. Salah satunya kaki bisa lecet ata di daerah tumit. Untuk mencegahnya, berikut tips yang bisa dilakukan.

Gunakan plester

Saat bersepada, kamu bisa menggunakan plester pada tumit. Gunakan pula kaos kaki serta sepatu yang nyaman digunakan. Hal itu bermanfaat agar terjadi gesekan dengan sepatu, tumit akan terlindungi oleh plester.

Gunakan lotion

Sebelum menggunakan kaos kaki dan sepatu saat bersepada, kamu bisa mengoleskan lotion pada tumit. Hal itu akan melebapkan kulit dan mencegah kulit terluka akibat gesekan dengan sepatu.

Pilih sepatu yang nyaman

Salah menggunakan sepatu bisa menyebabkan kaki lecet. Maka dari itu, gunakan yang nyaman dan tidak terlalu sempit saat digunakan. Alangkah baiknya, menggunakan sepatu untuk bersepada. Biasanya sepatu itu telah didesain untuk menjaga kaki dan meminimalisir risiko terjadinya lecet pada kaki.

Jika terjadi luka pada tumit, kamu bisa menggunakan plester luka. Selain itu, untuk mengobatinya kamu bisa menggunakan salep luka agar lecet pada kaki cepat disembuhkan.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini