Sukses

Cara Membuat Latar Belakang Makalah yang Baik dan Benar

Cara membuat latar belakang makalah biasanya dijelaskan dengan penjelasan yang umum dan mudah dimengerti.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat latar belakang makalah tentunya perlu kamu pahami. Pasalnya, latar belakang menjelaskan permasalahan yang ditemukan dan alasan mengapa masalah tersebut penting untuk diteliti serta dianalisa dalam makalah.

Makalah adalah salah satu jenis karya tulis yang bersifat ilmiah. Menurut KBBI, makalah adalah karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi. Makalah memang sudah tak asing lagi bagi para pelajar. 

Tujuan makalah adalah sebagai bentuk pemaparan terhadap suatu ide atau topik. Di perguruan tinggi, khususnya jenjang sarjana, mahasiswa dilatih untuk menghasilkan karya ilmiah seperti makalah, laporan praktikum, dan skripsi.

Cara membuat latar belakang makalah biasanya dijelaskan dengan penjelasan yang umum dan mudah dimengerti. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (31/8/2021) tentang cara membuat latar belakang makalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memahami Latar Belakang Makalah

Kamu tentu perlu memahami makna makalah terlebih dahulu, sebelum mengenal cara membuat latar belakang makalah. Menurut KBBI, makalah adalah karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi. Latar belakang merupakan salah satu unsur pokok dalam makalah.

Latar belakang dimaksudkan untuk menjelaskan alasan mengapa masalah diangkat dalam makalah. Di dalam latar belakang dicantumkan argumentasi mengapa suatu topik dipilih. Latar belakang mengungkapkan bukti, data, konsep, dan hubungan antara variabel yang terkait dengan topik.

Panjang dan detail latar belakang juga bergantung pada sejauh mana kamu perlu menunjukkan pemahamanmu tentang topik tersebut. Latar belakang akan memberikan konteks kepada pembaca terhadap informasi yang dibicarakan di skripsi. Ini dapat mencakup studi yang relevan dan penting.

Latar belakang adalah salah satu aspek kunci yang kamu butuhkan untuk memperkenalkan pembaca pada topik makalah yang diangkat. Latar belakang penelitian digunakan untuk membuktikan bahwa pertanyaan skripsi relevan dan juga untuk mengembangkan skripsi.

Banyak yang keliru menyebut antara latar belakang dan pendahuluan. Pendahuluan adalah bab pertama dari suatu karya ilmiah yang menjadi pengantar pembaca untuk dapat menjawab suatu pertanyaan. Sementara itu, latar belakang adalah bagian yang melatarbelakangi pemilihan judul serta mengungkapkan landasan pemikiran pemilihan judul makalah tersebut.

Pada latar belakang, penulis biasanya menguraikan perkembangan sejarah dalam literatur yang mengarah pada topik penelitian saat ini secara ringkas. Jika studi tersebut bersifat interdisipliner, studi tersebut harus menjelaskan bagaimana berbagai disiplin ilmu terhubung dan aspek apa dari setiap disiplin ilmu yang akan dipelajari. Jadi, kamu perlu memahami perbedaan ini sebagai cara membuat latar belakang makalah.

3 dari 4 halaman

Isi Latar Belakang

Sebelum mengetahui cara membuat latar belakang makalah, kamu tentunya perlu mengenal apa saja isi dari latar belakang ini. Menurut Huesin Umar, latar belakang masalah adalah sebuah informasi tentang suatu masalah dan atau peluang yang dapat dipermasalahkan agar ditindaklanjuti lewat penelitian, termasuk hal-hal yang melatarbelakanginya.

Menurut Andrik Purwasito (2004), latar belakang masalah setidaknya memuat hal-hal sebagai berikut:

- Faktor-faktor apa saja yang menjadi perhatianmu untuk dijadikan suatu latar belakang.

- Informasi kasus, baik secara langsung lewat pengamatan di masyarakat maupun lewat buku-buku referensi, dan hasil-hasil penelitian lain yang sejenis, ini disebut latar belakang teoritis.

- Tonggak problematik yang berisi berbagai persoalan yang akan dijawab dalam bab-bab selanjutnya. Latar belakang memberi alur berpikir sehingga mempermudah peneliti untuk mensistematisir persoalan yang ingin dipecahkan.

Isi latar belakang juga harus meliputi:

- Alasan rasional dan esensial yang membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian berdasarkan fakta-fakta, data, referensi dan temuan penelitian sebelumnya.

- Kompleksitas masalah jika masalah itu dibiarkan dan akan menimbulkan dampak yang menyulitkan, menghambat, mengganggu bahkan mengancam.

- Pendekatan untuk mengatasi masalah dari sisi kebijakan dan teoritis.

- Penjelasan singkat tentang kedudukan atau posisi masalah yang diteliti dalam ruang lingkup bidang studi yang ditekuni peneliti.

Cara membuat latar belakang makalah tentunya perlu meliputi isinya seperti yang telah dijelaskan ini.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Latar Belakang Makalah

Menurut Dr Ratna Puspitasari, M.Pd. dalam modulnya berjudul Latar Belakang Permasalahan dalam Penelitian, ada sejumlah cara membuat latar belakang makalah yang terstruktur.

Berikut cara membuat latar belakang makalah yang perlu diperhatikan:

Bagian awal

Pada bagian awal latar belakang adalah gambaran umum tentang masalah yang akan diangkat. Gunakanlah metode penulisan piramida terbalik. Dengan model piramida terbalik buat gambaran umum tentang masalah mulai dari hal global sampai mengerucut fokus pada masalah inti, objek serta ruang lingkup yang akan diteliti.

Bagian tengah

Pada bagian tengah ungkapkan fakta, fenomena, data-data dan pendapat ahli berkenaan dengan pentingnya masalah dan efek negatifnya jika tidak segera diatasi dengan didukung juga teori dan penelitian terdahulu.

Bagian akhir

Pada bagian akhir, isi dengan alternatif solusi yang bisa ditawarkan (teoritis dan praktis) dan akhirnya munculah judul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini