Sukses

Dhena Devanka Gugat Cerai Jonathan Frizzy karena KDRT, Ini 6 Faktanya

Jonathan Frizzy mendapatkan gugatan cerai dari sang istri yakni Dhena Devanka.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu ini, kabar prahara rumah tangga Jonathan Frizzy dan Dhena Devanka tengah menjadi topik perbincangan hangat. Rumah tangga pasangan suami istri yang menikah 27 Mei 2012 ini kini tengah berada di ujung tanduk.

Kabar keretakan rumah tangga Jonathan diawali dengan adanya laporan KDRT dari sang istri ke Polres Jakarta Selatan pada Mei 2021. Kisruh rumah tangga ini pun semakin memanas setelah paman dari Jonathan yakni Benny Simanjuntak ikut buka suara.

Kemudian pada Jumat (27/8/2021), pihak Dhena Devanka mengajukan gugatan cerai kepada Jonathan Frizzy. Hal ini pun turut dibenarkan oleh Humas Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Hj Taslimah. PA Jakarta Selatan telah menerima berkas gugatan cerai atas nama Dhena Aldhalia binti Ahmad Gunawan. 

Seperti apakah fakta-faktanya? Berikut ulasan selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Rabu (1/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Dhena laporkan kasus KDRT sejak Mei 2021

Dhena Devanka telah melaporkan suaminya, Jonathan Frizzy, ke Polres Metro Jakarta Selatan. Laporan itu teryata telah dilayangkan sekitar tiga bulan lalu, atau pada Mei 2021.

Kendati demikian, proses kasus ini berjalan sedikit lambat lantaran Dhena Devanka belum memenuhi panggilan penyidik untuk menjalani pemeriksaan sebagai pelapor.

"Sebentulnya tim penyidik sudah dua kali mengundang yang bersangkutan untuk memberikan keterangan namun tidak bisa hadir atau ada halangan," kata Achmad Akbar, Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan, dikutip dari YouTube Star Story, Jumat (27/8/2021).

3 dari 7 halaman

2. Diperiksa oleh penyidik

Dua kali berhalangan hadir, akhirnya Dhena Devanka dijadwalkan ulang menjalani pemeriksaan pada, Jumat (27/8/2021). Diberitakan bahwa ibu tiga anak ini tiba di Polres Jakarta Selatan sebelum pukul 11.00 WIB.

Selama proses penyidikan, Dhena pun dicecar dengan 19 pertanyaan terkait dengan kasus KDRT yang diduga dilakukan oleh Jonathan Frizzy. Terkait dengan hasil penyidikan, pihak kepolisian belum dapat mengungkapkannya. 

"Itu belum bisa kita sampaikan, itu materi penyidikan," kata Kasat Reskrim. Untuk ke depannya polisi juga berencana melakukan visum untuk memperkuat pelaporan. "Kalau itu saya kira itu mekanisme penyidikan, pasti dilakukan," jelasnya.

 

4 dari 7 halaman

3. Paman Jonathan Frizzy buka suara

Setelah kisruh rumah tangga Jonathan dan Dhena terkuak di publik, Benny Simanjuntak pun buka suara. Ia membela sang ponakan, yakni Jonathan atau yang akrab disapa Ijonk.

"Selama sembilan tahun saya tidak pernah urusan campur tangan (pernikahan Ijong dengan Dhena). Ini pun kejadian karena tahun lalu, ingat nggak kau (Dhena) maki-maki si Ijong di depan saya waktu saya mau pergi ke Bandung," tanya Benny Simanjuntak, kepada Dhena melalui unggahan video di Instagram, Rabu (25/8/2021).

Benny Simanjuntak tak menyangka Dhena bisa berkata kasar kepada keponakannya. Dari situ, ia mulai menelisik apa yang sebenarnya terjadi dalam pernikahan pasangan yang sudah dikaruniai tiga anak itu.

"Saya bertanya ke adik saya 'Kenapa keluarga si Ijonk?' Barulah kebongkar bahwa selama ini kalian sering berantem," beber Benny Simanjuntak.

Meski mengetahui ada masalah dalam pernikahan keponakannya, Benny Simanjuntak memilih untuk tak ikut campur urusan Jonathan Frizzy dengan Dhena.

"Sampai Ijonk yang datang ke saya, dia bilang sudah tidak kuat (menjalani pernikahan dengan Dhena). Dia ceritakan semua minta bantuan saya, baru saya membantu ponakan saya," pemilik Contoh Manajemen ini menguraikan.

5 dari 7 halaman

4. Jonathan sulit bertemu dengan anak-anak

Diketahui bahwa Jonathan Frizzy dan Dhena Devanka menikah pada 27 Mei 2012. Dari pernikahan tersebut mereka dikaruniai tiga orang anak, di antaranya kembar, Zoe Joanna Frizzy Simanjuntak, Zack Jaden Frizzy Simanjuntak dan Zayn Jowden Frizzy Simanjuntak.

Selama prahara rumah tangganya ini memanas, Ijonk dikabarkan kesulitan untuk bertemu ketiga buah hatinya. Pihak Dhena disebut-sebut pelit dalam memberikan akses.

"Kalau sudah tidak mau mengurusnya, cuekin aja. Biarkan ketemu anak-anaknya, masa hanya ketemu anak-anaknya harus ketok pintu, harus terima makianmu, harus terima pukulanmu. Nanti alasannya kau yang disiksa," ungkapnya

Walau tak terlibat, namun Benny Simanjuntak mengaku pusing setiap hari mendengar pertengkaran.

"Kan lagi proses perceraian, nyantai saja. Kalau kau tak bisa sabar, udah lupakan saja. Baik-baik aja kenapa sih? Apa tidak ada setitik pun ada kebaikan di hati mu untuk mengikhlaskan Ijonk itu. Kalau begitu rubah perilakumu," pinta Benny.

6 dari 7 halaman

5. Pihak Dhena ajukan gugatan cerai

Setelah prahara rumah tangganya makin memanas, akhirnya Dhena pun mengambil keputusan untuk mendaftarkan gugatan cerai untuk mengakhiri rumah tangganya ini. Ibu tiga anak ini menggugat cerai pria yang menikahinya pada 27 Mei 2012 ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Gugatan cerai didaftarkan kuasa hukum Dhena Devanka secara ecourt, hari ini Jumat (27/8/2021). Humas Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Hj Taslimah membenarkan bahwa pihaknya telah menerima berkas gugatan cerai atas nama Dhena Aldhalia binti Ahmad Gunawan. 

"Iya secara elektronik di pojok ecourt tadi ada informasi bahwa yang barusan disebutkan (Dhena Devanka) itu mengajukan (gugatan)," kata Taslimah ditemui di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Jumat (27/8/2021).

 

 

 

7 dari 7 halaman

6. Tetap buka opsi damai

Meski mengajukan gugatan cerai, namun pihak, pihak Dhena Devanka kembali akan tetap membuka diri untuk perdamaian dengan Jonathan Frizzy.

"Mau apapun hasilnya nanti kita akan membuka diri kok," kata Ali Tindri

Oleh karena itu, pihak Dhena Devanka meminta untuk tidak ada yang memprovokasi dan memperkeruh masalah yang terjadi. "Kami tekankan untuk pihak lain ya, jangan memprovokasi kasus ini," kata Risyad Rusdi tim kuas hukum.

Dhena Devanka menambahkan, ia sudah berusaha sebaik mungkin untuk untuk menghadapi permasalahan dengan suaminya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.