Sukses

Wisata Bahari, Pengertian, Potensi, dan Destinasinya di Indonesia

Indonesia punya potensi bahari besar.

Liputan6.com, Jakarta Wisata bahari merupakan salah satu wisata unggulan yang dimiliki Indonesia. Menurut data Kementerian Kelautan dan Perikanan, Indonesia memiliki 20,87Juta Ha kawasan konservasi perairan, pesisir, dan pulau-pulau kecil. Garis pantai Indonesia membentang 99.093 km dengan luas laut 3,257Juta km².

Kekayaan maritim ini membuat wisata bahari di Indonesia tak diragukan lagi keindahan dan keunikannya. Wisata bahari Indonesia tersebar dari Sabang sampai Merauke. Ada banyak yang bisa dieksplor dalam wisata bahari Indonesia.

Di wisata bahari ini terdapat 590 jenis karang, 2.057 ikan karang, 12 jenis lamun, 34 jenis mangrove, 1.512 jenis crustacean, 6 jenis penyu, 850 jenis sponge, 24 jenis mamalia Laut, dan 463titik Kapal Tenggelam.

Berikut potensi wisata bahari Indonesia dan destinasi menariknya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(1/09/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Apa itu wisata bahari?

Sebelum mengetahui destinasi wisata bahari, penting memahami apa itu wisata bahari. Bahari, secara etimologi berarti laut. Wisata bahari artinya segala jenis kegiatan wisata atau rekreasi yang aktivitasnya dilakukan di kawasan laut, baik itu di pantai, pulau, atau bawah laut.

Aktivitas wisata bahari dapat dilakukan di bentang laut yang didominasi oleh perairan baik di permukaan air maupun di dalam air. Aktivitas ini seperti menyelam, berselancar, memancing, dan banyak lagi.

3 dari 6 halaman

Pengertian wisata bahari menurut para ahli

Orams

Menurut Orams, wisata bahari adalah kegiatan-kegiatan rekreasi yang melibatkan perjalanan jauh dari tempat seseorang tinggal dan yang memiliki tuan rumah atau fokus pada lingkungan laut, di mana lingkungan laut didefinisikan sebagai perairan yang memiliki salinitas (kadar garam) dan terpengaruh pasang surut.

Sero

Wisata bahari menurut Sero adalah bentuk wisata yang menggunakan atau memanfaatkan potensi lingkungan pantai dan laut sebagai daya tarik utama. Konsep wisata bahari didasarkan pada view, keunikan alam, karakteristik ekosistem, kekhasan seni dan budaya serta karakteristik masyarakat sebagai kekuatan dasar yang dimilikinya.

Sarwono

Wisata bahari adalah kegiatan wisata yang memanfaatkan potensi alam bahari sebagai daya tarik wisata maupun wadah kegiatan wisata baik yang dilakukan di atas permukaan di wilayah laut yang tidak dapat dipisahkan dari keberadaan ekosistemnya yang kaya akan keanekaragaman jenis biota laut.

4 dari 6 halaman

Potensi wisata bahari Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan jumlah pulau mencapai 16.056. Letak geografis Indonesia juga sangat strategis dengan berada di daerah tropis yang diapit oleh dua benua dan dua samudera. Indonesia juga merupakan pertemuan tiga lempeng benua.

Potensi sumber daya alam laut Indonesia dapat dilihat dari keanekaragaman ekosistem terumbu karang, lamun, dan mangrove. Menurut Kementerian Kelautan dan Perikanan, di laut Indonesia terdapat 590 jenis karang, 2.057 ikan karang, 12 jenis lamun, 34 jenis mangrove, 1.512 jenis crustacean, 6 jenis penyu, 850 jenis sponge, 24 jenis mamalia Laut, dan 463 titik Kapal Tenggelam.

5 dari 6 halaman

Destinasi wisata bahari di Indonesia

Labuan Bajo

Labuan Bajo menyimpan lanskap pemandangan bawah laut yang sempurna. Kawasan wisata bahari ini yang terletak di ujung barat Pulau Flores, Kabupaten Manggarai Barat. Di laut Bajo, hidup ribuan bahkan jutaan spesies ikan dan terumbu karang. Manta, spesies ikan pari terbesar di dunia, juga kerap ditemukan di tengah lautan Labuan Bajo. Karena potensinya yang besar, pemerintah telah menetapkan Labuan Bajo sebagai destinasi super prioritas pada 2018.

Bunaken

Taman Nasional Bunaken memiliki luas 890,65 kilometer persegi ini terdiri dari ekosistem hutan bakau, padang laut, terumbu karang, dan ekosistem daratan/pesisir. Hampir 97 persen merupakan habitat laut yang menghuni di kedalaman 1.566 meter di teluk manado, sedangkan sisanya tiga persen meliputi daratan seluas 75.265 Ha.

Di antara ekosistem karang, terdapat sekitar 3.000 jenis ikan, seperti ikan ekor kuning, kuda ikan gusumi, dan gorapa. Ada juga spesies langka seperti lumba-lumba, sapi laut, dan dugong. Selain itu, berbagai jenis ikan hias, seperti Emperor angelfish, Almaco jack, Spotted seahorse, Blue strie snaper, Pinkish basslet dan two lined monocle bream, bakal semakin memanjakan mata.

Raja Ampat

Raja Ampat belakangan jadi pusat perhatian wisata bahari. Raja Ampat merupakan sebuah kabupaten bagian dari Papua Barat. Perairan Raja Ampat memiliki 75% spesies laut seluruh dunia, berupa 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan dan ribuan biota laut lainnya. Hal inilah yang membuat Raja Ampat menjadi tujuan wisata bahari bagi wisatawan di seluruh dunia.

 

6 dari 6 halaman

Destinasi wisata bahari di Indonesia

Wakatobi

Wakatobi berada di Sulawesi Tenggara dan menjadi destinasi unggulan wisata bahari Indonesia. Wakatobi tercatat memiliki kawasan terumbu karang seluas 118 ribu hektare dan Kaledupa Atoll sepanjang 48 kilometer (km), yang menjadikan sebagai atol terpanjang di dunia. Taman Nasional Wakatobi telah ditetapkan UNESCO sebagai salah satu kawasan cagar biosfer dunia di Indonesia.

Kepulauan Mandeh

Kepulauan Mandeh terletak di Pesisir selatan, atau sekitar 65 km dari kota Padang, Sumatera Barat. Setidaknya ada delapan spot menyelam di sekitar wisata bahari di Indonesia ini, yang terletak di utara pulau Cubadak, Pagang, Seronjok, dan lain-lain. Selain terumbu karang yang masih alami, di spot menyelam juga terdapat bangkai kapal Belanda yang tenggelam. Spot dengan kedalaman hingga 27 meter ini menjadi tempat yang ideal untuk para penyelam profesional.

Karimunjawa

Karimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Wisata Karimunjawa menawarkan pesona wisata laut yang amat indah. Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka yang berhabitat disini adalah Elang Laut Dada Putih, penyu sisik, dan penyu hijau.

Taman Laut Taka Bonerate

Taman Laut Taka Bonerate memiliki atol terbesar ketiga di dunia setelah Republik Kepulauan Marshall dan Maldives. Atol adalah pulau koral yang mengelilingi laguna sebagian atau seluruhnya. Luas total area dari Atol di Takabonerate mencapai 220 ribu hektar. Kawasan Taman Nasional Taka Bonerate ini meliputi 17 pulau. Taman Nasiona Taka Bonerate terletak di Selayar, Sulawesi Selatan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini