Sukses

10 Penyebab Kulkas Tidak Dingin Saat Dinyalakan dan Solusi Mudah Mengatasinya

Penyebab kulkas tidak dingin biasanya sangat beragam, mulai dari adanya bunga es, cara penggunaan kulkas yang salah dan masih banyak lagi.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab kulkas tidak dingin biasanya sangat beragam, mulai dari adanya bunga es, cara penggunaan kulkas yang salah dan masih banyak lagi. Kulkas berfungsi menyimpan makanan dan minuman menjadi lebih tahan lama, kulkas harus memberikan hawa dingin untuk proses pengawetan.

Namun terkadang pada masa atau kondisi tertentu, kulkas kemungkinan mengalami permasalahan atau kerusakan, satu di antaranya tidak lagi dingin. Kulkas yang tidak dingin tentu tidak bisa menyimpan makanan dan minuman menjadi tahan lama sehingga pada akhirnya tidak bisa digunakan.

Suhu normal kulkas untuk menjaga kualitas benda di dalamnya ialah di bawah 4°C. Sementara itu untuk freezer, suhu yang dianjurkan ialah -18°C. Bila suhu berada jauh di atas anjuran tersebut, maka bisa dipastikan ada satu hal yang rusak dari kulkas Anda. Hal itu perlu untuk segera diketahui penyebabnya agar dapat diatasi dengan tepat.

Berikut ini penjelasan mengenai penyebab kulkas tidak dingin saat dinyalakan beserta cara mengatasinya yang tepat yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (1/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Bunga Es yang Tebal dan Pengaturan Suhu Kulkas

1. Bunga Es Terlalu Tebal

Penyebab kulkas tidak dingin yang pertama adalah karena bunga es yang sudah terlalu tebal dan menutupi bagian angin. Lubang angin berperan dalam mendinginkan udara di dalam kulkas. Jika kulkas tidak dingin lagi, maka periksalah kondisi bunga esnya.

Untuk membersihkan bunga es yang terlalu tebal, Anda perlu membiarkan kulkas terbuka dan letakkan kipas angin menyala di depannya agar angin dari kipas angin bisa langsung berinteraksi dengan bagian dalam kulkas. Cara ini terbukti sangat cepat dan efektif dalam mencairkan bunga-bunga es sehingga bagian freezer menjadi bersih kembali.

Selanjutnya saat bunga es sudah mencair, Anda bisa membuang air yang tertampung pada bagian bawah freezer. Lakukan pengelapan menggunakan lap tekstil dapur bersih agar air bisa hilang dan tidak menimbulkan pembentukan bunga es kembali dalam waktu dekat. Proses yang terakhir, bisa mencoba untuk menyalakan kembali kulkas dan tunggu beberapa saat untuk bisa dingin kembali. Pembersihan pada bunga-bunga es ini sebaiknya secara rutin agar keawetan dari kulkas tetap terjaga.

2. Mengatur Suhu Saat Kulkas Pertama Digunakan

Anda merasa kesal jika kulkas baru yang baru saja dibeli tidak dingin? Ketika Anda membeli kulkas baru, periksalah terlebih dahulu suhunya setelah dinyalakan. Kulkas baru biasanya beroperasi pada suhu yang relatif rendah sehingga menyebabkan kulkas tidak dingin seperti seharusnya.

3 dari 6 halaman

Menyimpan Makanan Panas dan Tata Letak Kulkas

3. Menyimpan Makanan Panas

Kebiasaan menyimpan makanan yang masih panas merupakan salah satu penyebab kulkas tidak dingin yang sering tidak disadari. Hal ini terjadi sesuai dengan logika dasar bahwa suhu panas yang dihasilkan oleh makanan lebih dominan, maka suhu di sekitarnya pun akan mengikutinya.

Jika Anda menyimpan banyak makanan di dalam kulkas dengan kondisi yang masih panas akan menyebabkan suhu di dalam kulkas menurun karena berinteraksi dengan suhu panas yang dihasilkan oleh makanan tersebut. Itulah mengapa kulkas tidak dingin lagi setelah menyimpan makanan panas.

4. Jauhkan Kulkas dari Peralatan yang Bersifat Panas

Jika memiliki kulkas yang diletakkan di dapur dan didekat kompor misalnya, hal tersebut juga akan dapat menjadi penyebab kulkas tidak dingin. Peralatan yang bersifat menghasilkan panas akan dapat mempengaruhi suhu yang ada di dalam kulkas. Maka dari itu, sebaiknya letakkan kulkas di suhu yang relatif aman dan tempatkan di tempat yang jauh dari jangkauan panas agar keawetannya terjaga.

4 dari 6 halaman

Sumber Listrik dan Kebocoran Freon

5. Disebabkan Oleh Stop Kontak

Semua peralatan elektronik pada umumnya menggunakan stop kontak sebagai sumber energinya. Namun, biasanya sering orang-orang tidak sadari ternyata stop kontak yang menjadi sumber dari energi peralatan elektronik kita tidak berfungsi dengan baik.

Stop kontak yang tidak berfungsi dengan baik akan menjadi penyebab kulkas tidak dingin yang sering tidak kita sadari. Untuk mengetahuinya, bisa mencoba menyambungkan peralatan elektronik lain ke sumber listrik tersebut. Apabila bisa berfungsi dengan baik, bisa jadi kabel kulkas tersebut hanya tidak kencang ketika dipasangkan ke stop kontak.

6. Freon

Biasanya, penyebab kulkas tidak dingin akan umum disebabkan oleh adanya kebocoran freon atau telah habis. Freon merupakan gas atau senyawa yang dapat menghasilkan dingin pada kulkas.

Kondisi ini bisa diketahui dengan memegang bagian belakang kulkas yang berdekatan dengan grill kulkas. Bagian ini merupakan bagian yang seharusnya panas, karena panas freon akan dilepaskan di sini. Jika tidak terasa hangat, maka freon sudah habis dan harus diisi lagi.

5 dari 6 halaman

Cek Kondisi Pintu Kulkas dan Thermostat yang Tidak Teratur

7. Cek Kondisi Pintu Kulkas

Penyebab kulkas tidak dingin yang selanjutnya adalah karena karet-karet pintu kulkas yang tidak rapat lagi. Berkali-kali dalam sehari dibukanya pintu kulkas bisa menyebabkan karet pintu kulkas tidak lagi berfungsi dengan baik.

Jika karet pintu kulkas sudah tidak lagi berfungsi dengan baik, maka kulkas tidak tertutup sempurna. Jika penutupnya kurang rapat, maka udara yang di dalam kulkas akan keluar dan berinteraksi dengan udara bebas sehingga suhu dingin di dalam kulkas akan menurun menyebabkan kulkas tidak dingin lagi.

8. Thermostat Tidak Diatur

Sesuai Thermostat atau pengatur suhu yang ada di kulkas memainkan peran penting untuk proses pendinginan yang diinginkan. Apabila thermostat kulkas belum diatur atau dalam posisi off, kulkas tidak akan bisa dingin. 

6 dari 6 halaman

Tegangan Listrik yang Tidak Stabil dan Evaporatur Putus

9. Tegangan Listrik yang Tidak Stabil

Aliran listrik yang masuk ke rumah mempengaruhi kinerja perangkat elektronik, termasuk kulkas. Listrik yang tidak stabil bisa membuat kulkas menjadi tidak dingin, bahkan rusak. Agar kompresor kulkas bisa bekerja dengan maksimal dan menghasilkan dingin, aliran listrik yang masuk harus stabil. Untuk mengetahui kondisi listrik di rumah, Anda perlu memanggil perusahaan listrik terkait seperti PLN.

10. Evaporatur Putus

Selain itu, evaporator yang rusak pun bisa menyebabkan suhu kulkas memanas. Benda ini berfungsi untuk menyalurkan freon yang dapat mendinginkan kulkas. Bila rusak atau bocor, maka freon pun tidak dapat menyebar secara maksimal. Jika sudah seperti ini cara mengatasinya adalah dengan menggantinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.