Sukses

5 Penyebab Jerawat Batu yang Sulit Dihilangkan, Perhatikan Kebiasaan Sehari-Hari

Penyebab jerawat batu dapat disebabkan karena faktor genetik maupun pola hidup sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab jerawat batu yang sulit dihilangkan bisa dari faktor genetik maupun pola hidup sehari-hari. Jerawat batu merupakan gangguan peradangan pada kulit di bagian kelenjar lemak. Peradangan ini disebabkan oleh sebum yang menyumbat pori-pori.

Kondisi ini semakin diperparah jika terjadi kontak dengan bakteri atau kotoran yang menempel pada kulit. Apalagi jika memiliki kebiasaan buruk malas membersihkan wajah secara rutin. Bukan hanya terjadi pada kulit wajah, jerawat batu atau disebut juga dengan cystic acne ini juga dapat muncul di area lain seperti, pundak, lengan atas, dada dan punggung. Ukurannya yang besar dan meradang, membuat jenis jerawat yang satu ini sulit dihilangkan.

Untuk itu, risiko munculnya jerawat batu ini perlu diminimalisir. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengetahui lebih dahulu penyebab jerawat batu. Dengan begitu, dapat dengan mudah untuk mengatasinya.

Berikut ini penyebab jerawat batu yang sulit dihilangkan beserta cara mengatasinya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (2/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab Jerawat Batu

Berikut ini beberapa penyebab jerawat batu yang sulit dihilangkan daan penting untuk kamu ketahui, diantaranya:

1.  Faktor Genetik

Penyebab jerawat batu biasanya adalah faktor genetik. Apakah orang tuamu memiliki jenis wajah berminyak dan sering mengalami jerawat batu? Jika iya, jerawat batu yang sering kamu alami itu bisa jadi disebabkan karena masalah genetik.

Penyebab jerawat batu memang lebih mudah tumbuh di kulit yang berminyak. Oleh karena itu, jika kamu memiliki kulit yang berminyak, maka kamu akan sangat rentan untuk terkena jerawat batu. Nah, karena kamu tahu kalau kulit berminyak dan faktor genetik ini bisa menjadi pemicu utama jerawat batu, sebaiknya kamu selalu rajin membersihkan wajah agar terhindar dari kotoran dan minyak.

2.  Kosmetik

Penyebab jerawat batu selanjutnya adalah penggunaan kosmetik. Esensi penggunaan kosmetik seharusnya memang untuk meningkatkan rasa percaya diri dan membuat kamu tambil lebih cantik. Akan tetapi, perlu juga diperhatikan bahwa beberapa bahan-bahan yang terkandung di dalam kosmetik bisa memicu timbulnya jerawat, termasuk jerawat batu. Apalagi kalau memang tipe kulitmu sensitif, penggunaan kosmetik yang tidak cocok bisa memperparah keadaan kulitmu.

Penyebab jerawat batu lainnya juga karena penggunaan makeup yang tebal seharian dan kamu tidak segera membersihkannya. Hal ini dapat memicu munculnya jerawat batu yang disebabkan karena pori-pori wajah tersumbat oleh kosmetik yang kamu pakai. Makeup yang oil-based atau memiliki kandungan minyak yang terlalu banyak juga bisa menyebabkan munculnya jerawat batu lho.

3.  Faktor Hormonal

Penyebab jerawat batu lainnya adalah faktor hormonal. Ketika kamu mengalami fase pubertas misalnya, produksi jenis hormon penyebab jerawat, yaitu hormon androgen akan meningkat. Hal ini akan menyebabkan kulitmu memproduksi sebum yang lebih banyak daripada biasanya dan hasilnya jerawat batu akan muncul.

Penyebab jerawat batu selanjutnya adalah selain masa pubertas, pada saat wanita mengalami fase menstruasi juga dapat meningkatan level pada hormon androgen dan hormon estrogen, sehingga produksi sebum juga meningkat. Mengonsumsi pil KB, masa kehamilan, dan stres berat juga dapat memicu produksi minyak yang berlebihan karena hormon yang tidak stabil. Semua perubahan hormon yang signifikan tersebutlah penyebab munculnya jerawat batu.

4.  Pertumbuhan Sel Kulit yang Abnormal

Penyebab jerawat batu lainnya adalah pertumbuhan sel kulit yang abnormal atau tidak normal. Penyebab jerawat batu ini disebabkan pertumbuhan sel kulit yang tidak normal ketika proses regenerasi sel. Ketika sel-sel kulit mati ini tidak beregenerasi dengan cepat, pada akhirnya sel kulit mati ini akan menumpuk dalam folikel rambut yang nantinya juga bercampur dengan bakteri (Propionibacteria).

5.  Gaya Hidup Tidak Sehat

Penyebab jerawat batu lainnya yang tidak kamu sadari adalah gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup yang tidak sehat penyebab timbulnya jerawat batu bisa bermacam-macam seperti merokok, minum-minuman beralkohol, mengkonsumsi makanan penyebab jerawat terus menerus, kurang minum air putih dan kurangnya waktu beristirahat. Merokok dapat mempersempit pembuluh di kulit dan akan merusak sel-sel kulit. Jika sel kulit kamu rusak, maka hal ini bisa mengakibatkan penumpukan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan akan menimbulkan jerawat batu.

Makanan yang pedas, berminyak, junk food dan makanan bersantan juga dapat membuat kulit memproduksi sebum lebih banyak dari biasanya yang pada akhirnya juga menimbulkan jerawat batu. Selain itu, kurang istirahat juga akan menghambat regenerasi sel pada kulitmu, sehingga bisa memperburuk kondisi kulit. Selain itu, kebiasaan buruk seperti mengusap atau menggaruk wajah dengan tangan kotor juga bisa memicu timbulnya jerawat batu.

3 dari 4 halaman

Cara Mencegah Jerawat Batu

Berikut ini beberapa langkah praktis yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya jerawat batu:

1. Bersihkan Wajah Cukup 2 Kali Sehari

Kamu disarankan untuk membersihkan wajah dua kali sehari saja, yaitu pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur, atau setelah berolahraga. Gunakan sabun atau pembersih berbahan ringan untuk wajah.

2. Hindari Menggosok Wajah Terlalu Keras

Menggosok wajah terlalu keras atau menggunakan produk kulit berbahan keras seperti pembersih yang mengandung scrub eksfoliasi kulit bisa menyebabkan kulit menjadi iritasi dan mudah berjerawat.

3. Jangan Memencet Jerawat Batu

Kamu bisa membuat infeksi terjadi lebih dalam dan membuatnya menyebar bila melakukan hal itu. Jadi, biarkan jerawat sembuh dengan sendirinya, alih-alih memencetnya, agar risiko munculnya bekas luka bisa dikurangi.

4. Hindari Paparan Sinar Matahari

Sebaiknya hindari terkena sinar matahari terlalu lama karena bisa memengaruhi kesehatan dan penampilan kulit.

5.  Jaga Gaya Hidup Sehat

Tidur yang cukup dan rutin berolahraga bisa membantu menjaga kesehatan kulit agar tidak mudah berjerawat. Selain itu, kelola lah stres dengan baik, karena stres bisa membuat tubuh melepaskan lebih banyak hormon yang bisa memperparah jerawat.

4 dari 4 halaman

Cara mengatasi jerawat batu secara alami

Berikut ini beberapa bahan alami yang dapat menghilangkan jerawat batu, diantaranya:

1.  Baking soda

Cara mengatasi jerawat batu cukup campurkan baking soda dengan sedikit air, aduk hingga adonan berubah menjadi pasta. Kemudian, oleskan pasta kental tersebut pada daerah kulit yang berjerawat dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin. Lakukan cara ini setiap hari sampai jerawat batu kamu menghilang dengan sempurna.

2.  Masker Madu

Cara mengatasi jerawat batu secara alami selanjutnya adalah dengan masker dari madu. Masker madu terbukti sangat ampuh dalam menghilangkan jerawat batu karena mengandung antiseptik yang berfungsi untuk membunuh bakteri pada jerawat. Selain itu, madu juga sangat berperan penting dalam menghilangkan bekas luka. Cara mengatasi jerawat batu dengan madu adalah gunakan madu sebagai masker wajah setidaknya 2-3 kali seminggu.

3.  Lidah buaya

Cara mengatasi jerawat batu dengan lidah buaya yakni kupas kulit lidah buaya dan ambil gelnya. Haluskan gel dari lidah buaya tersebut dan gunakan sebagai masker. Diamkan sampai mengering atau kira-kira 15 menit. Kemudian basuh wajah dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap malam sebagai cara mengatasi jerawat batu secara alami.

4.  Jeruk nipis

Cara mengatasi jerawat batu dengan bahan alami ini yaitu siapkan jeruk nipis secukupnya, 2-3 buah. Belah jeruk nipis jadi 2 bagian. Peras dengan saringan. Oleskan air perasan jeruk ke wajahmu. Biarkan sekitar 10 menit. Cuci dengan air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin sebagai cara menghilangkan jerawat batu yang membandel.

5.  Putih telur

Cara mengatasi jerawat batu menggunakan putih telur, pertama siapkan telur, pisahkan kuningnya, ambil bagian putih telurnya saja. kocok putih telur hingga mengembang, lalu oleskan pada bagian yang berjerawat. Biarkan selama 10 menit, lalu cuci muka dengan air hangat.

6.  Cuka apel

Cara mengatasi jerawat batu dengan cuka apel yakni bersihkan wajah terlebih dahulu. Siapkan cuka apel sekitar 2 sendok makan. Oleskan cuka apel pada wajah yang berjerawat batu. Diamkan lebih kurang sekitar 20 - 30 menit. Tunggu hingga mengering. Lalu bilas dengan air bersih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.