Sukses

Viral Bidan Bantu Persalinan Ibu Hamil di Tengah Laut, Kisahnya Bikin Haru

Ibu hamil melahirkan secara darurat di tengah laut.

Liputan6.com, Jakarta Akses kesehatan di daerah terpencil masih susah untuk dijangkau. Demikian yang dirasakan oleh seorang ibu yang melahirkan di tengah laut. Beruntungnya, ibu hamil tersebut ditemani oleh beberapa bidan saat persalinan di atas perahu yang terombang-ambing di tengah laut.

Kisah tersebut diceritakan oleh salah satu bidan yang membantu persalinan melalui akun media sosialnya. Lewat laman TikTok @tania_ahmad, bidan bernama Antania Ahmad menceritakan pengalamannya selama menjadi tenaga kesehatan sebagai bidan di daerah terpencil, Banggai Laut.

Pada video yang diunggah, tampak beberapa orang berjibaku menolong seorang ibu hamil yang berada di atas tempat tidur dorong untuk dipindahkan ke atas perahu. Ibu hamil tersebut harus dirujuk ke rumah sakit yang berada di kabupaten yang ditempuh melewati laut.

"Ada seorang ibu hamil yang terpaksa harus dirujuk ke rumah sakit yang berada di kabupaten, karena ada satu dan lain hal yang diharuskan pasien dirujuk untuk keselamatan ibu dan bayi," tulisnya dalam video, seperti dikutip Liputan6.com pada Kamis (2/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persalinan Darurat di Tengah Laut

Menurut Bidan Antania Ahmad, berat rasanya melakukan perjalanan laut dari kecamatan ke kabupaten melihat cuaca dan ombak yang tidak mendukung di daerah itu. Cuaca yang diperlihatkan dalam video tampak langit begitu mendung.

Sebelum berangkat, mereka berdoa agar tidak turun hujan, ombak tidak terlalu kencang dan pasien tidak melahirkan dalam perjalanan. Melihat situasi pada saat itu hujan turun deras dan ombak pun sedang ganas-ganasnya.

"Setelah sore hujan berhenti dan melihat keadaan ombak mulai tenang pasien langsung dirujuk," lanjutnya.

Mereka lalu berangkat menggunakan perahu kecil untuk melakukan rujukan ke kabupaten. Setelah 40 menit perjalanan, hal yang tak diinginkanpun terjadi. Pasien melahirkan di tengah laut dengan suasana ombak yang kurang bersahabat.

Pada saat itu, rekannya bernama Bidan Wanti segera melakukan tindakan dengan tenang dan mencoba untuk tidak panik. "Alhamdulillah ibu dan bayi selamat," pungkasnya.

3 dari 4 halaman

Komentar Warganet

Video viral yang telah ditonton hingga 1,9 juta pengguna TikTok itu mendapat respons yang positif dari warganet. Berbagai komentar dilontarkan. Banyak yang mengucapkan terima kasih atas perjuangan bidan tersebut menyelamatkan ibu dan bayinya.

"Terima kasih ibu bidan dan semua orang yang terlibat diproses persalinan tersebut yang telah menyelamatkan nyawa ibu dan bayi," tulis Hantu Belau.

"Pasti nanti jadi sejarah banget buat adeknya nanti pas udah gede ibunya cerita bagaimana kelahiran yang begitu hebat prosesnya," tulis akun agustingemoy09.

Sementara itu, sang bidan telah diberi penghargaan atas dedikasinya dari Gubernur Sulawesi Tengah dan Bupati Banggai Laut.

4 dari 4 halaman

Tonton videonya berikut:

@tania_ahmad

Persalinan darurat di tengah laut 🥺#bidanindonesia #tenagakesehatan #sulawesitenggah #banggailaut

♬ suara asli - Antania Ahmad - Antania Ahmad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini