Sukses

14 Macam Olahraga Atletik yang Sering Dilombakan, Kenali Cabangnya

Olahraga atletik bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan.

Liputan6.com, Jakarta Macam olahraga atletik termasuk olahraga yang banyak dimainkan di seluruh dunia. Olahraga atletik merupakan cabang olahraga yang melibatkan lari, lompat, lempar, dan berjalan. Macam olahraga atletik berkembang dari aktivitas manusia yang paling dasar yaitu berlari, berjalan, melompat, dan melempar.

Macam olahraga atletik bahkan sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Macam olahraga atletik sering dilombakan dan menjadi bentuk latihan pendidikan jasmani di sekolah. Mengenal macam olahraga atletik bisa membantu meningkatkan kebugaran.

Macam olahraga atletik bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan, daya tahan, kecepatan, kelenturan, koordinasi, dan kemampuan biomotorik lainnya. Berikut 14 macam olahraga atletik, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(1/09/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Macam olahraga atletik

Jalan cepat

Jalan cepat adalah macam olahraga atletik yang paling sederhana. alan cepat biasanya diadakan di jalan raya atau lintasan lari. Jarak umum jalan cepat berkisar dari 3.000 meter hingga 100 kilometer.

Jalan cepat berbeda dengan berlari karena satu kaki harus selalu terlihat menyentuh tanah. Kaki yang digerakkan maju ke depan harus diluruskan sejak saat persentuhan pertama dengan tanah hingga badan mencapai posisi vertikal.

Lari cepat

Lari cepat, lari jarak pendek atau juga dikenal dengan sprint merupakan macam olahraga atletik lari yang populer. Lari cepat merupakan berlari dalam jarak pendek dengan waktru singkat. Saat ini ada tiga jenis lari cepat yaitu lari 100 meter, 200 meter, dan 400 meter.

3 dari 8 halaman

Macam olahraga atletik

Lari jarak menengah

Macam olahraga atletik satu ini memiliki beberapa variasi jarak. Lari jarak menengah adalah lari dengan jarak hingga 3000 meter. Jarak tengah standar adalah lari 800 meter, 1500 meter, meskipun 3000 meter juga dapat diklasifikasikan sebagai perlombaan jarak menengah.

Lari jarak jauh

Lari jarak jauh, atau lari ketahanan, adalah bentuk lari terus menerus dalam jarak setidaknya 3 km. Secara fisiologis, macam olahraga atletik ini sebagian besar bersifat aerobik dan membutuhkan stamina serta kekuatan mental. Tiga jenis yang paling umum adalah lari lintasan, lari di jalan raya, dan lari lintas alam, yang semuanya ditentukan oleh medannya.

4 dari 8 halaman

Macam olahraga atletik

Lari gawang

Lari gawang merupakan nacam olahraga atletik dengan cara berlari melewati gawang sebanyak 10 buah gawang yang memiliki ketinggian tertentu dan dipasang di dalam lintasan. Jika dilihat dari aspek jarak, lari gawang termasuk kategori nomor lari jarak pendek.

Lari estafet

Lari estafet merupakan salah satu jenis lomba lari dalam cabang olahraga atletik yang dimainkan bersama tim lari dengan cara bergantian. Lari estafet adalah lari di mana tim yang terdiri dari empat atlet berlari dengan jarak yang sama yang telah ditentukan dalam perlombaan lari cepat, masing-masing melewati benda seperti tongkat ke orang berikutnya untuk melanjutkan perlombaan.

5 dari 8 halaman

Macam olahraga atletik

Lompat jauh

Lompat jauh adalah suatu bentuk gerakan melompat, mengangkat kaki ke atas ke depan dalam upaya membawa titik berat badan selama mungkin di udara. Macam olahraga atletik lompat jaug dilakukan dengan cepat dan dengan jalan melakukan tolakan pada satu kaki untuk mencapai jarah sejauh-jauhnya.

Lompat tinggi

Lompat tinggi adalah suatu bentuk gerakan melompat ke atas dengan cara mengangkat kaki ke depan ke atas sebagai upaya membawa titik berat badan setinggi mungkin dan secepat mungkin jatuh. Macam olahraga atletik lompat jauh dilakukan dengan cara melakukan tolakan pada salah satu kaki untuk mencapai suatu ketinggian tertentu. Tujuan utama dari lompat tinggi adalah mengangkat badan setinggi mungkin agar dapat melewati mistar.

6 dari 8 halaman

Macam olahraga atletik

Lompat tiga kali (triple jump)

Lompat tiga kali mirip dengan macam olahraga atletik lompat jauh. Peserta lari menuruni trek dan melakukan lompatan, loncatan, lalu lompat ke lubang pasir. Jarak yang ditempuh, dari tepi papan ke lekukan terdekat di pasir, kemudian diukur.

Lompat galah

Lompat galah merupakan macam olahraga atletik di mana orang memakai sebuah galah panjang dan fleksibel sebagai alat untuk melompati sebuah pembatas. Lompat galah biasanya diklasifikasikan sebagai salah satu dari empat lompatan besar dalam atletik, di samping lompat tinggi, lompat jauh, dan lompat rangkap tiga.

7 dari 8 halaman

Macam olahraga atletik

Tolak peluru

Tolak peluru adalah salah satu macam olahraga atletik di mana seorang atlet membentuk gerakan menolak atau mendorong suatu peluru yang terbuat dari logam yang dilakukan dari bahu dengan satu tangan untuk mencapai jarak sejauh-jauhnya. Sesuai dengan namanya tolak bukan dilempar, tetapi ditolak atau didorong dengan tangan satu yang diletakkan di pangkal bahu.

Lempar cakram

Lempar cakram adalah salah satu cabang olahraga atletik yang dilakukan dengan melembarkan sebuah kayu yang berbentuk piring bersabuk besi, atau bahan lain yang bundar pipih. Gaya dalam melakukan lempar cakram adalah gaya samping dan gaya belakang.

8 dari 8 halaman

Macam olahraga atletik

Lontar martil

Lontar martil atau hammer throw merupakan macam olahraga atletik yang mengandalkan kekuatan. Martil yang digunakan adalah bola logam yang dipasang oleh kawat baja ke pegangan. Ukuran bola bervariasi antara kompetisi pria dan wanita. Pelempar biasanya membuat tiga atau empat putaran sebelum melepaskan bola. Atlet biasanya melempar empat atau enam kali per kompetisi.

Lempar lembing

Lempar lembing merupakan salah satu macam olahraga atletik dengan media berupa lembing, yaitu sejenis tombak, tapi lebih ringan dan kecil. ujuan dari lempar lembing adalah mencapai jarak lemparan lembing sejauh-jauhnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini