Sukses

Cara Membuat Esai yang Benar dan Terstruktur, Ketahui Jenisnya

Membuat esai tentunya harus memenuhi aturan.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat esai penting diketahui. Esai merupakan karya tulisan yang berisi ide atau argumen terhadap suatu topik. Cara membuat esai biasanya dipraktikkan oleh siswa, mahasiswa, atau akademisi.

Cara membuat esai tentunya harus memenuhi aturan dan kaidah yang berlaku. Biasanya proses cara membuat esai terdiri dari persiapan, penulisan, dan pengeditan. Cara membuat esai yang terpenting lainnya adalah menyusun isinya.

Esai merupakan tulisan yang dirancang untuk menginformasikan atau membujuk. Esai bisa bersifat argumentatif, ekspositori, naratif, dan deskriptif. Apapun jenisnya, ada cara membuat esai secara umum. Berikut cara membuat esai, dirangkum Liputan6.com dari berbagai Scribbr, Jumat (2/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Jenis esai

Esai argumentatif

Esai argumentatif berisi argumen terhadap sebuah topik degan basis bukti. Dalam esai ini, penulis harus meyakinkan pembaca dengan argumentatif yang didasari dengan bukti dan analisis valid. Esai argumentatif menguji kemampuan untuk meneliti dan mempresentasikan posisi sendiri pada suatu topik. Ini adalah jenis esai yang paling umum di tingkat perguruan tinggi.

Esai eksposisi

Esai eksposisi memberikan penjelasan terfokus jelas topik. Esai eksposisi menguji keakraban penulis dengan suatu topik dan kemampuan untuk mengatur dan menyampaikan informasi. Mereka biasanya ditugaskan di sekolah menengah atau dalam soal-soal ujian di tingkat perguruan tinggi.

Esai naratif

Esai naratif adalah esai yang menceritakan sebuah cerita. Ini biasanya cerita tentang pengalaman pribadi yang dialami, tetapi mungkin juga merupakan eksplorasi imajinatif dari sesuatu yang belum dialami. Esai naratif menguji kemampuan untuk membangun narasi dengan cara yang menarik dan terstruktur dengan baik. Mereka jauh lebih pribadi dan kreatif daripada jenis tulisan akademis lainnya.

Esai deskriptif

Sebuah esai deskriptif memberikan deskripsi sensorik rinci tentang sesuatu. Esai deskriptif menguji kemampuan untuk menggunakan bahasa secara kreatif, membuat pilihan kata yang mencolok untuk menyampaikan gambaran yang mudah diingat tentang apa yang digambarkan.

3 dari 8 halaman

Cara membuat esai: persiapan

Sebelum mulai cara membuat esai, kamu harus memastikan bahwa kamu memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang ingin dikatakan dan bagaimana kamu akan mengatakannya. Kamu perlu memahami tuhas, menentukan topik, melakukan riset, menemukan tesis, dan membuat garis besar.

Setelah memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang ingin didiskusikan, dalam urutan apa, dan bukti apa yang akan digunakan, kamu siap untuk mulai menulis.

4 dari 8 halaman

Cara membuat esai: menulis pengantar

Kaitkan pembaca

Cara membuat esai yang pertama adalah mengaitkan pembaca dalam pengantar. Kalimat pertama dari pendahuluan atau pengantar harus membangkitkan minat dan keingintahuan pembaca. Kalimat ini kadang-kadang disebut hook. Ini mungkin berupa pertanyaan yang menarik, fakta yang mengejutkan, atau pernyataan berani yang menekankan relevansi topik.

Berikan latar belakang topik

Selanjutnya, penting untuk memberikan konteks yang akan membantu pembaca memahami argumen. Ini mungkin melibatkan pemberian informasi latar belakang, memberikan gambaran tentang karya akademis penting atau perdebatan tentang topik tersebut, dan menjelaskan istilah-istilah yang sulit. Jangan memberikan terlalu banyak detail dalam pengatar, kamu dapat menguraikannya di tubuh esai.

5 dari 8 halaman

Cara membuat esai: menulis pengantar

Presentasikan pernyataan tesis

Selanjutnya, kamu harus merumuskan pernyataan tesis. Ini berupa argumen utama yang akan dibuat. Pernyataan tesis memberikan fokus dan sinyal posisimu pada topik. Biasanya terdiri dari satu atau dua kalimat. \

Petakan strukturnya

Cara membuat esai selanjutnya adalah memetakan struktur. Dalam esai yang lebih panjang, kamu dapat mengakhiri pengantar dengan menjelaskan secara singkat apa yang akan dibahas di setiap bagian esai. Ini memandu pembaca melalui struktur dan memberikan pratinjau tentang bagaimana argumenmu akan berkembang.

6 dari 8 halaman

Cara membuat esai: menulis isinya

Isi adalah tubuh esai. Ini adalah tempat membuat argumen yang mendukung tesis, memberikan bukti, dan mengembangkan ide-ide. Tujuannya cara membuat esai ini adalah untuk menyajikan, menafsirkan, dan menganalisis informasi dan sumber yang telah dikumpulkan untuk mendukung argumen.

Panjang badan teks

Panjang tubuh tergantung pada jenis esai. Rata-rata, isi esai terdiri dari 60–80%. Untuk esai sekolah menengah, ini bisa jadi hanya tiga paragraf, tetapi untuk esai sekolah pascasarjana yang terdiri dari 6.000 kata, isinya bisa mencapai 8–10 halaman.

Struktur paragraf

Untuk memberikan esai struktur yang jelas, penting untuk mengaturnya ke dalam paragraf. Setiap paragraf harus dipusatkan di sekitar satu poin atau ide utama. Ide itu diperkenalkan dalam kalimat topik. Kalimat topik umumnya harus mengarah dari paragraf sebelumnya dan memperkenalkan poin yang akan dibuat dalam paragraf ini.

Kata transisi dapat digunakan untuk membuat hubungan yang jelas antar kalimat. Setelah kalimat topik, sajikan bukti seperti data, contoh, atau kutipan dari sumber yang relevan. Pastikan untuk menafsirkan dan menjelaskan bukti, dan menunjukkan bagaimana hal itu membantu mengembangkan argumen secara keseluruhan.

7 dari 8 halaman

Cara membuat esai: menulis kesimpulan

Kesimpulan berisi ikatan poin pertama dalam esai. Cara membuat esai ini menunjukkan mengapa argumenmu penting dipaparkan. Untuk membuat kesimpulan esai sekuat mungkin, ada beberapa hal yang harus hindari. Ini meliputi argumen atau bukti baru yang tidak ada pada isi, kalimat yang melemahkan argumen, atau menggunakan frasa penutup seperti “Singkatnya…” atau “Sebagai kesimpulan…”

8 dari 8 halaman

Cara membuat esai: cek ulang

Setelah selesai, cara membuat esai selanjutnya adalah pengecekan ulang. Cek apakah esai sudah mengikuti persyaratan tugas. Pastikan pengantar sudah memicu minat pembaca dan memberikan informasi latar belakang yang diperlukan tentang topik tersebut. Tilik kembali apakah pengantar sudahberisi pernyataan tesis yang menyatakan fokus dan posisi esai.

Cek juga apakah kamu sudah menggunakan paragraf untuk menyusun esai dan ada kalimat topik di tiap paragraf. Setiap paragraf harus memiliki fokus tunggal dan hubungan yang jelas dengan pernyataan tesis. Kesimpulan juga tidak hanya mengulangi poin, tetapi menarik hubungan antar argumen.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.