Sukses

12 Macam Simpul dalam Pramuka, Ketahui Fungsinya

Macam simpul biasa dipelajari dalam Pramuka.

Liputan6.com, Jakarta Macam simpul biasa dipelajari dalam Pramuka. Simpul adalah bentuk ikatan pada tali yang bisa bersifat fungsional maupun dekoratif. Macam simpul dibuat dengan puntiran, untaian, dan ikatan.

Ada beragam macam simpul sesuai dengan bentuk dan fungsinya. Dalam Pramuka, macam simpul sangat penting dikenali. Macam simpul ini bergunan untuk mengikat benda, menyambung tiang, atau membantu mengangkat beban.

Dalam Pramuka, macam simpul termasuk alat untuk bertahan hidup. Simpul bahkan telah ada untuk waktu yang sangat lama. Berikut macam simpul dalam Pramuka, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(6/09/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Macam simpul Pramuka

Simpul hidup

Simpul hidup artinya simpul yang bisa dengan mudah dilepas. Simpul ini berfungsi mengikat suatu benda dengan kuat, namun ikatan tidak akan susah untuk dilepas kembali. Simpul ini bisa digunakan untuk mengikat tiang, benda, atau hewan.

Simpul mati

Simpul mati adalah macam simpul yang akan sulit untuk dilepas kembali. Fungsi simpul ini adalah untuk menyambung duautas tali yang sama besarnya dan tidak licin. Simpul mati akan sulit untuk dilepaskan kembali karena digunakan untuk mengakhiri simpul tali.

3 dari 7 halaman

Macam simpul Pramuka

Simpul jangkar

Simpul jangkar (cow hitch) kerap digunakan untuk menautkan tali pada benda lain secara cepat. Macam simpul ini biasanya berguna untuk membuat tandu darurat atau dapat juga digunakan untuk mengikat timba atau ember. Simpul jangkar dapat dengan mudah dilepas kembali.

Simpul anyam

Simpul anyam digunakan untuk menyambung dua utas tali yang tidak sama besar dan dalam keadaan kering. Macam simpul ini untuk menyambungkan garis dengan diameter atau kekakuan yang berbeda. Simpul anyam cepat dan mudah untuk diikat, dan dianggap sangat penting karena ini adalah simpul dasar dalam Pramuka.

4 dari 7 halaman

Macam simpul Pramuka

Simpul pangkal

Simpul pangkal adalah macam simpul yang berguna untuk permulaan ikatan dalam mengikat tali pada tongkat atau tiang kayu. Di dalam kehidupan sehari-hari simpul ini dapat digunakan untuk mengikat tali pada kayu ataupun tongkat. Simpul pangkal sering dianggap sebagai salah satu macam simpul yang paling penting.

Simpul rantai

Simpul rantai beguna untuk memendekkan dan memperkuat tali. Simpul rantai atau simpul yang tak beraturan yaitu menggunakan tali yang sebagai tali garapan dan sebagai tali pasangan digunakan secara bergantian.

Caranya, buatlah simpul jangkar terlebih dahulu. Ambil tali pada sisi kiri yang digunakan sebagai tali garapan, lingkarkan di atas tali sisi kanan yang digunakan sebagai tali pasangan, kemudian keluarkan dari bawah di antara tali garapan dan tali pasangan.

Selanjutnya tali yang berada pada sisi kiri berganti sebagai tali pasangan dan tali sisi kanan sebagai tali garapan kemudian lakukan seperti langkah permulaan. Ulangi langkah tersebut sampai panjang yang diinginkan.

5 dari 7 halaman

Macam simpul Pramuka

Simpul tarik

Simpul tarik adalah macam simpul yang akan menghasilkan loop tali yang dapat diperbesar atau dikecilkan lagi. Di dalam kehidupan sehari-hari, biasanya simpul ini digunakan untuk turun ke jurang, atau turun dari atas pohon. Simpul tarik juga biasa digunakan untuk pengikatkan tali pengikat binatang pada tiang/pohon dan mudah dilepaskan kembali.

Simpul delapan

Simpul ini bisa dibilang sebagai simpul pengunci karena sulit sekali untuk dibuka, apalagi dengan tali yang tepat. Macam simpul ini sangat penting dalam berlayar dan panjat tebing sebagai metode menghentikan tali dari kehabisan perangkat penahan. Macam simpul ini berfungsi mengikat tali, mengamankan penyelamat, tandu, pelat jangkar, jangkar, atau peralatan ke ujung tali.

 

6 dari 7 halaman

Macam simpul Pramuka

Simpul nelayan

Simpul nelayan merupakan gabungan dari dua buah simpul hidup pada masing-masing ujung dari dua utas tali. Kegunaan utama dari simpul ini adalah untuk membentuk tali sling berkekuatan tinggi (bulat) untuk menghubungkan bagian-bagian dari sistem perlindungan pemanjat.

Penyebutan sebagai simpul nelayan (fisherman's knot) selain lantaran kerap digunakan sebagai penyambung nilon (tali) pancingan juga sering digunakan untung menyambung dua utas tali yang dalam kondisi basah.

Simpul Tiang

Simpul tiang atau bowline, adalah simpul sederhana yang digunakan untuk membentuk loop tetap di ujung tali. Ini memiliki kelebihan karena mudah diikat dan dilepas; terutama, mudah untuk melepaskan ikatan setelah mengalami beban. Simpul tiang kadang-kadang disebut sebagai King of the knot karena fungsinya yang penting.

7 dari 7 halaman

Macam simpul Pramuka

Simpul persegi

Simpul persegi atau simpul karang, adalah macam simpul sederhana yang digunakan untuk mengamankan tali atau garis di sekitar objek. Kadang-kadang juga disebut sebagai simpul Hercules. Simpul karang atau simpul persegi terdiri dari dua setengah simpul , satu kiri dan satu kanan, satu diikat di atas yang lain, dan salah satunya diikat terlebih dahulu...Simpul karang unik karena dapat diikat dan dikencangkan dengan keduanya berakhir.

Simpul Barrel Hitch

Simpul Barrel Hitch dinamai untuk penggunaannya dalam mengangkat kargo di atas kapal, adalah dua cara sederhana namun efektif untuk menangguhkan suatu objek. Mereka bekerja dengan membentuk "gendongan" di sekitar objek, yang menopangnya dari kedua sisi dan bawahnya. Barrel Hitch digunakan untuk secara efektif mengangkat barel dalam posisi tegak lurus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.