Sukses

9 Macam Gelombang dalam Kehidupan Sehari-Hari, Ini Manfaatnya

Ciri khas dari sistem kerja macam gelombang adalah menghasilkan bentuk menonjol dan cekung.

Liputan6.com, Jakarta Gelombang adalah proses perpindahan getaran dari satu tempat ke tempat lain dengan media atau tanpa media tertentu. Macam gelombang lebih kurang ada sembilan yang berguna dan sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Berbagai macam gelombang yang ada, dapat membawa dan meneruskan energi dari satu tempat ke tempat lainnya. Ciri khas dari sistem kerja macam gelombang adalah menghasilkan bentuk menonjol dan cekung atau biasa disebut juga bukit dan lembah.

Gelombang menciptakan bukit dan lembah dari sumber getaran kemudian merambat dan sampai pada benda atau tempat lain. Agar lebih memahami macam gelombang dalam kehidupan sehari-hari, berikut Liputan6.com ulas penjelasannya dari berbagai sumber, Selasa (7/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sifat Macam Gelombang yang Umum

1. Sifat macam gelombang adalah mengalami lenturan (difraksi).

2. Sifat macam gelombang adalah mengalami penyebaran bentuk (dispresi).

3. Sifat macam gelombang adalah mengalami penyerapan sebagian arah getar (polarisasi).

4. Sifat macam gelombang adalah mengalami pemantulan (refleksi).

5. Sifat macam gelombang adalah mengalami pembiasan (refraksi).

6. Sifat macam gelombang adalah mengalami penggabungang (interefensi).

3 dari 5 halaman

Macam Gelombang dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Macam Gelombang Elektromagnetik

Macam gelombang elektromagnetik merupakan gelombang yang tidak membutuhkan medium atau perantara untuk dalam proses perambatan getarannya. Macam gelombang ini dapat ditemui pada gelombang sinar gamma, sinar X, inframerah, sinar ultraviolet, gelombang radio, gelombang radar, dan gelombang televisi.

2. Macam Gelombang Mekanis

Macam gelombang mekanis merupakan gelombang yang membutuhkan medium atau perantara untuk mengalirkan getarannya. Diketahui, hampir semua macam gelombang yang ada termasuk macam gelombang mekanis.

3. Macam Gelombang Stasioner

Macam gelombang stasioner merupakan gelombang yang memiliki fase dan amplitudo yang berubah-ubah atau tidak sama dalam setiap titiknya. Perubahan fase dan gelombang ini akan terus terjadi selama gelombang bergerak. Macam gelombang ini contohnya gelombang pada senar gitar yang dipetik.

Gelombang stasioner terjadi akibat adanya penggabungan dua macam gelombang, yaitu macam gelombang pantul dan macam gelombang masuk. Macam gelombang pantulan yang terjadi bisa dalam bentuk pantulan dengan puncak atau bukit yang tetap. Gelombang pantul juga bisa masuk sebagai kelanjutan dari gelombang sebelumnya yang memiliki fase padat.

4. Macam Gelombang Longitudinal

Macam gelombang longitudinal merupakan gelombang yang bergerak secara parallel atau bertepatan terhadap arah rambat. Macam gelombang ini ditemui pada gelombang pegas dan gelombang suara.

5. Macam Gelombang Transversal

Macam gelombang transversal merupakan gelombang yang arah getarannya bergerak tegak lurus dengan arah yang rambat. Macam gelombang ini dapat meliputi gelombang pada tali, gelombang cahaya, dan gelombang permukaan.

4 dari 5 halaman

Macam Gelombang dalam Kehidupan Sehari-hari

6. Macam Gelombang Berjalan

Macam gelombang berjalan merupakan gelombang dengan fase dan amplitudonya tetap sama di setiap titiknya. Macam gelombang ini dapat ditemui pada macam gelombang tali.

7. Macam Gelombang Audiosonik

Macam gelombang bunyi audiosonik merupakan jenis gelombang bunyi yang frekuensinya antara 20 Hz sampai 20.000 Hz. Bunyi audiosonik menjadi satu-satunya jenis gelombang bunyi yang dapat didengarkan oleh manusia karena frekuensinya berada dalam batas pendengaran manusia secara normal.

Jadi, semua bunyi yang bisa dengar manusia dalam kehidupan sehari-hari termasuk jenis bunyi audiosonik. Adapun contoh macam gelombang audiosonik ialah lagu yang kita dengar, obrolan teman, atau suara kendaraan bermotor, dan lain sebagainya.

8. Macam Gelombang Infrasonik

Bunyi infrasonik merupakan macam gelombang bunyi yang frekuensinya kurang dari 20 Hz. Jenis bunyi infrasonik tidak dapat didengar oleh manusia karena gelombangnya tidak dapat ditangkap oleh telinga manusia sebagai indra pendengaran.

Namun, jenis bunyi tersebut bisa didengar oleh hewan. Beberapa hewan yang mampu mendengarkan bunyi infrasonik adalah anjing, jangkrik, gajah, dan lumba-lumba. Bunyi infrasonik dimanfaatkan oleh manusia untuk sejumlah keperluan, seperti untuk mendeteksi aktivitas vulkanik gunung berapi atau aktivitas pergerakan lempeng bumi dengan bantuan alat seismograf.

9. Macam Gelombang Ultrasonik

Bunyi ultrasonik merupakan macam gelombang bunyi yang frekuensinya lebih dari 20.000 Hz. Jenis bunyi ultrasonik tidak dapat didengar oleh manusia karena gelombangnya tidak dapat ditangkap oleh telinga manusia sebagai indra pendengaran.

Seperti halnya bunyi infrasonik, bunyi ultrasonik bisa didengar oleh hewan. Adapun hewan yang mampu mendengarkan bunyi ultrasonik adalah anjing, kelelawar, paus, dan lumba-lumba.

Bunyi ultrasonik dimanfaatkan oleh manusia untuk sejumlah keperluan, terutama di bidang medis dan kesehatan, misalnya untuk mendeteksi janin lewat program USG serta diagnosis berbagai macam penyakit lewat gelombang ultrasonik.

5 dari 5 halaman

Pemanfaatan Macam Gelombang dalam Kehidupan Sehari-hari

Pemanfaatan macam gelombang bisa digunakan untuk berbagai bidang kebutuhan. Sehingga dapat dikatakan macam gelombang mempunyai peranan penting untuk perkembangan teknologi yang semakin canggih. Hal ini dilakukan untuk mempermudah berbagai macam pekerjaan manusia.

Berikut manfaat macam gelombang:

1. Gelombang bunyi yang digunakan dalam beberapa peralatan kesehatan. Seperti gelombang ultrasonik yang digunakan pada peralatan USG untuk memeriksa kondisi organ atau penyakit tertentu.

2. Gelombang micro yang digunakan pada peralatan memasak, seperti microwave yang digunakan untuk menghangatkan atau memanggang makanan.

3. Gelombang radio dan televisi yang digunakan untuk alat atau media komunikasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini