Sukses

20 Wisata Pekalongan Terpopuler, Menikmati Pesona yang Eksotis di Kota Batik

Tempat wisata di Pekalongan bisa menjadi destinasi tujuan yang seru dan menyenangkan.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Pekalongan memang tak ada habisnya untuk dijelajahi. Pekalongan merupakan salah satu daerah yang dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai pusat industri batik. Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah ini, memiliki motif batik beraneka ragam. Maka tak heran apabila produksi batik Pekalongan menjadi salah satu batik terbaik di Indonesia bahkan dunia.

Selain memiliki motif batik yang beraneka ragam, Pekalongan juga memiliki keindahan alam yang tak kalah dengan daerah-daerah lain yang ada di Indonesia. Hampir semua jenis destinasi wisata bisa ditemui di kota batik ini. 

Pekalongan memiliki destinasi wisata berupa keindahan laut, taman, pegunungan, air terjun, hingga museum batik. Semuanya itu bisa diekplorasi untuk menambah wawasan sekaligus melepaskan stres dari rutinitas.

Berikut ini beberapa tempat wisata Pekalongan yang paling populer mulai dari destinasi alam hingga destinasi sejarah yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (7/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata Pekalongan yang Paling Populer

1. Black Canyon

Black Canyon merupakan salah satu tempat wisata Pekalongan yang menawarkan keindahan alam luar biasa. Bagi Anda pecinta wisata air, obyek wisata ini menjadi pilihan paling tepat untuk Anda kunjungi. Pasalnya Black Canyon memiliki sumber mata air yang jernih dan menyegarkan. Di sini Anda juga dapat menguji adrenalin dengan mencoba beberapa wahana, seperti body rafting, river tubing hingga river trakking. Lokasi obyek wisata Black Canyon berada di Desa Kayupring, Kecamatan Patungkriyono, Kabupaten Pekalongan. Cukup dengan tiket masuk Rp 5.000, Anda sudah bisa menikmati keindahan alam yang sangat memesona.

2. Curug Tirta Muncar

Tempat wisata Pekalongan yang masih berada di Kecamatan Patungkriyono berikutnya ialah Curug Tirta Muncar. Destinasi wisata satu ini menyuguhkan keindahan alam berupa air terjun dan keasrian hutan yang masih terjaga. Tak hanya itu, sepanjang jalan menuju tempat wisata ini, Anda akan menemukan aneka ragam flora dan fauna yang dapat memanjakan mata.

3. Puncak Tugu

Bagi Anda yang memiliki hobi photograhpy, puncak tugu menjadi tempat wisata yang wajib Anda kunjungi. Pasalnya obyek wisata ini menyuguhkan hamparan hijau pepohonan dari atas ketinggian yang sangat eksotis. Di samping itu, wisata puncak tugu juga telah menyediakan tempat kemah, sehingga memberi Anda kesempatan untuk melihat keindahan sunrise di pagi hari. Untuk mencapai lokasi Puncak Tugu, Anda harus mendaki sekitar 1,5 jam. Hanya perlu biaya registrasi Rp 5.000, Anda sudah bisa menikmati hijaunya pemandangan dari atas ketinggian Puncak Tugu.

4. Pantai Wonokerto

Salah satu tempat wisata yang terpopuler di Kabupaten Pekalongan ialah pantai Wonokerto. Selain memiliki pasir putih dan birunya laut yang masih asri, tempat wisata ini juga menyuguhkan panorama pagi yang sangat eksotis. Selain itu, pantai ini juga dikelilingi pohon-pohon cemara yang akan membuat suasana menjadi lebih sejuk dan menenangkan. Untuk dapat menikmati keindahan pantai Wonokerto, Anda hanya perlu biaya registrasi sebesar Rp 5000. Tentu saja tempat wisata satu ini sangat cocok untuk dikunjungi semua kalangan.

5. Pantai Pasir Kencana

Selain pantai Wonokerto, pantai yang wajib Anda kunjungi selanjutnya ialah pantai pasir kencana. Pantai ini menyuguhkan pemandangan yang sangat eksotis. Selain air lautnya yang masih asri, di sini Anda juga dapat menikmati keindahan matahari terbenam yang menawan. Sehingga obyek wisata ini sangat cocok untuk Anda yang akan melakukan prosesi prewedding. Lokasi pantai ini cukup dekat dengan pusat kota yaitu berada di Desa Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Pekalongan, Jawa Tengah. Dengan biaya registrasi Rp 5.000, Anda akan disuguhi keindahan pantai yang mempesona dan Instagramable.

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata Pekalongan yang Paling Populer

6. Bukit Watu Ireng

Bukit Watu Ireng yang terletak di Lereng Gunung Rogojembangan, Kecamatan Kandangserang ini memiliki hamparan hutan pinus dan karet yang sangat eksotis. Di sini Anda dapat merasakan kesejukan alam yang luar biasa, sehingga dapat melepaskan segala kepenatan rutinitas pekerjaan. Biaya registrasi di bukit watu ireng cukup terjangkau, hanya mengeluarkan Rp 10.000, Anda sudah bisa menikmati pesona Alam di Kabupaten Pekalongan ini.

7. Bengkelung Park

Tempat wisata Pekalongan yang wajib Anda kunjungi selanjutnya ialah Bengkelung Park. Di sini Anda dapat menikmati air terjun yang masih asri. Jernihnya air yang dikelilingi hijaunya pepohonan, menjadikan tempat wisata ini sangat Instagramable. Bengkelung Park yang terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Doro ini, biasanya buka mulai pukul 08.00 -16. 00 WIB. Hanya membutuhkan biaya registrasi sebesar Rp 5.000, Anda dapat merasakan kesejukan alam yang menawan.

8. Puncak Tugu Petungkriono

Puncak Tugu Petungkriono adalah salah satu pilihan destinasi yang kin tengah hits. Berada di Pegunungan Kandeng, di obyek wisata Pekalongan ini terdapat sebuah Tugu peninggalan Belanda sejak abad ke-17 yang dinamakan Tugu Trianggulasi. Selain Tugu bersejarah ini, tentu panorama alam dari ketinggian yang sangat memukau jadi alasan utama mengapa Puncak Tugu Petungkriono menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Pekalongan.

9. Museum Batik

Sebagai Kota Batik, tentu Batik menjadi salah satu daya tarik pariwisata di Pekalongan. Untuk mengenal lebih dekat salah satu bentuk kebudayaan Indonesia yang telah diakui dunia ini, Anda bisa mengunjungi Museum Batik yang berada di Pekalongan. Beragam koleksi Batik bisa Anda temukan di tempat wisata edukasi Pekalongan ini, mulai dari batik kuno, batik modern, dan ratusan jenis batik lainnya.

10. Desa Wisata Bukit Lolong

Desa Wisata Lolong adalah tujuan wisata Pekalongan lainnya yang sangat sayang untuk dilewatkan. Desa wisata ini memiliki fasilitas untuk berbagai kegiatan outdoor yang cukup lengkap termasuk lokasi arung jeram, tubing, hingga lokasi camping yang memiliki suasana pedesaan yang masih alami. Jika Anda berkunjung ke desa ini ketikan musim durian, maka Anda bisa mengikuti festival durian dan tentunya menikmati lezatnya buah durian.

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata Pekalongan yang Paling Populer

11. Telaga Mangunan

Telaga ini berada di bawah kaki pegunungan Kendeng dan ketinggian 2.000 mdpl. Berkat letaknya tersebut membuat destinasi ini punya panorama alam yang menajubkan. Kawasan telaga dikelilingi tebing gunung dan pohon-pohon yang menjulang tinggi. Suasananya cukup mencekam namun sangat damai, cocok bagi Anda yang ingin refreshing pikiran.

12.  Bukit Pawuluhan

Ingin menghabiskan liburan di tempat yang tak terlalu jauh? Anda bisa mengunjungi bukit Pawuluhan yang memiliki pemandangan khas pegunungan. Agar bisa menuju puncak bukit, anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Sampai di atas nanti disuguhkan dengan pemandangan yang menarik untuk dijadikan spot foto. Lokasi bukit berada di Desa Gembong, Kecamatan Kendang serang. Ada spot foto menarik di atas bukit yang bisa anda potret. Bagi para traveller, tempat ini seolah menjadi tempat wisata yang wajib.

13.  Curug Lawe

Perjalanan menuju Curug Lawe memakan waktu hingga 2 jam dari jantung kota Pekalongan. Begitu tiba Anda langsung disuguhi hamparan hutan yang masih asri, serta suasana lingkungan yang tenang. Curug ini mempunyai ketinggian sekitar 10 meter, dengan aliran yang tidak begitu deras. Selain itu, ada spot wisata pohon pinus dan areal hammock yang bisa Anda nikmati.

14.  Mangrove Park

Tak banyak daerah yang mengandalkan mangrove park sebagai tempat wisata. Tetapi di Pekalongan, mangrove park ini memang dikembangkan menjadi tempat wisata yang menarik. Dulunya merupakan tambak udang yang dikelola oleh dinas pertanian kota kemudian ditanami oleh pohon bakau. Lokasinya berada di Kelurahan Kandang Panjang, Kabupaten Pekalongan. Tujuan penanaman pohon bakau sendiri dimaksudkan untuk mencegah abrasi air di kawasan setempat.

15.  Pantai Slamaran

Objek wisata ini mempunyai luas sekitar 3,5 hektar dan garis pantai yang memesona. Pemandangan sekitarnya begitu elok dipandang, dengan pepohonan yang rindang. Bentuk pantai landai dengan tembok beton memanjang dan tumpukan batu. Fungsinya untuk menahan gempuran gelombang laut, yang sebenarnya relatif lebih tenang daripada laut selatan.

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata Pekalongan yang Paling Populer

16.  Argowisata Kebun Teh Pagaliran

Pekalongan juga memiliki argowisata kebun teh dengan hawa sejuk dan begitu asri. Kebun teh ini juga masuk ke dalam wilayah Kabupaten Batang. Tetapi dekat dengan Pekalongan yang jaraknya sekitar 40 km. Letak Argowsata berada di perbukitan Dieng Jawa Tengah. Tepatnya berada di Desa Pagilaran Kecamatan Blado, Batang. Ada suasana asri yang akan memanjakan para pengunjung.

17.   Curug Bidadari Jolotigi

Salah satu yang sedang hits di kalangan anak muda adalah Curug Bidadari Jotoligi. Curug ini juga memiliki sebutan curug batu dinding kolam lima, sebab di sekitaran air terjun ada lima aliran air yang hampir menyerupai kolam renang. Letak dari curug ini ada di Desa Purbo Jotoligo, Kecamatan Talun. Anda bisa melihat banyaknya foto tempat wisata tersebut di sosial media.

18.   Curug Madu Doro

Tempat wisata Pekalongan yang selanjutnya adalah Curug Madu Doro. Lokasi curug tidak jauh dari jantung kota sekitar 40 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor. Untuk tiba di kawasan wisata ini Anda butuh sedikit perjuangan, melalui jalan setapak di Terowongan Gudel. Kemudian menuruni beberapa anak tangga yang kanan dan kirinya ada beberapa spot cantik. Salah satunya replika perahu yang menghadap ke arah curug. Setibanya di area curug Anda akan terhipnotis dengan bentuk fisik dari destinasi alam ini. Ukuran air terjun tidak terlalu tinggi tetapi memiliki dinding tebing batu yang lumayan lebar. Di bawahnya terdapat kolam tampung yang jernih, Anda bisa berenang sepuasnya disini.

19.   Gunung Regojembangan

Tempat wisata Pekalongan yang selanjutnya adalah Gunung Regojembangan. Untuk para pendaki gunung, jika anda berkunjung ke Pekalongan maka tak lengkap rasanya jika tidak datang ke Gunung Regojembangan. Gunung ini memang menjadi destinasi favorit bagi para pendaki setempat atau dari luar wilayah Pekalongan sekalipun. Ada panorama alam yang indah dan sayang untuk dilewatkan. Lokasinya berada di perbatasan antara Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Pekalongan. Gunung Regojembangan memiliki ketinggian 2.117 mdpl. Jangan lupa untuk menyiapkan kondisi fisik yang prima sebelum mendaki.

20.   Curug Bajing

Tempat wisata Pekalongan yang selanjutnya adalah Curug Bajing. Curug dengan ketinggian 1300 mdpl ini ternyata tak kalah indah dengan curug muncar. Ada hawa sejuk dan cenderung dingin cocok untuk merefresh segala kepenatan yang anda rasakan. Curug Bajing berketinggian air terjun kurang lebih 70 meter dan aliran airnya juga cukup deras. Untuk bisa menuju lokasi ini, anda harus berjalan kaki sekitar 15 menit dari tempat parkir. Lokasinya berada di Desa Telogo Parkis, Kecamatan Petungkriyono. Lokasi yang juga agak jauh dari pemukiman penduduk serta masih begitu alami. Pastikan kondisi tubuh prima sebelum melakukan perjalanan menuju lokasi wisata ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini