Sukses

21 Tempat Wisata di Magelang selain Candi, Panorama Alamnya Memesona

Tempat wisata di Magelang selain candi terdiri dari daerah perbukitan, pegunungan, hingga air terjun, jangan sampai dilewatkan!

Liputan6.com, Jakarta Paling populer dari kota Magelang memang wisata candinya, Candi Borobudur. Akan tetapi jangan salah, tempat wisata di Magelang selain candi juga ada banyak sekali yang lagi hits. Terdiri dari daerah perbukitan, pegunungan, hingga air terjun yang memukau dan bikin pengunjung selalu ketagihan datang.

Tempat wisata di Magelang selain candi dikenal cukup populer karena lokasi kawasan wisatanya cocok banget buat swafoto. Di tempat wisata di Magelang pun mendapat julukan lokasi wisata instagramable, karena cocok banget dijadikan pelengkap feed Instagram dan Instagram stories loh.

Penasaran apa saja dan seperti apa tempat wisata di Magelang selain candi tersebut? Langsung saja simak penjelasannya. Berikut Liputan6.com ulas lebih jauh tentang berbagai tempat wisata di Magelang selain candi yang paling diminati pengunjung dari berbagai sumber, Selasa (7/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Magelang selain Candi

1. Ketep Pass Magelang

Ketep Pass merupakan tempat wisata di Magelang yang menawarkan keindahan alam menakjubkan, karena menjadikan gunung Merapi sebagai latar belakang utamanya. Di sini kamu bisa menikmati Pelataran Panca Arga, Teropong, Museum Vulkanologi, Gardu Pandang, serta Bioskop Mini yang merupakan fasilitas wisata di Ketep Pass.

Tempat wisata di Magelang selain candi ini lagi hits dan wajib dikunjungi. Di Pelataran Panca Arga kamu bisa menyaksikan lima gunung (Slamet, Merbabu, Sumbing, Sindoro, dan Merapi) menggunakan teropong. Pemandangan alamnya yang memukau, menjadikan Ketep Pass sebagai destinasi yang sangat diminati.

2. Dusun Butuh Kaliangkrik

Dusun Butuh Kaliangkrik merupakan wisata Magelang yang baru-baru ini viral dan banyak dikunjungi wisatawan. Dusun yang dikenal juga dengan Nepal Van Java ini terletak pada ketinggian 1620 mdpl, di kaki gunung. Tempat wisata di Magelang selain candi ini lagi hits dan wajib dikunjungi. Panorama pegunungan yang indah serta udara yang sejuk membuat banyak orang mengunjungi wisata alam pegunungan satu ini.

3. Punthuk Mongkrong

Punthuk Mongkrong mungkin kurang familiar di telinga kamu bila disandingkan dengan destinasi lainnya. Namun panorama cantik yang ada di salah satu tempat wisata di Magelang ini tidak akan mengecewakanmu. Tempat wisata di Magelang selain candi ini lagi hits dan wajib dikunjungi.

Bukit dengan ketinggian 624 Mdpl ini tidak kalah indah dengan Punthuk Setumbu. Berada di atas puncak, kamu akan disuguhi pemandangan cantik gunung Merbabu, Gunung Merapi hingga Candi Borobudur. Tempat wisata alam di Magelang yang satu ini berada di Desa Giritengah Kecamatan Borobudur.

4. Gardu Pandang Silancur

Gardu Pandang Silancur merupakan wisata Magelang yang baru dibuka sekitar pertengahan 2017, tepatnya berada di kaki Gunung Sumbing. Tempat wisata di Magelang selain candi ini lagi hits dan wajib dikunjungi. Berada di Gardu Pandang Silancur, kamu bisa menikmati panorama alam sekitar dengan latar Gunung Sumbing.

5. Mangli Sky View

Mangli Sky View merupakan tempat wisata di Magelang yang berada pada ketinggian 1570 mdpl. Tempat ini menyajikan pemandangan alam yang menawan, berupa hamparan awan yang membentang di langit. Tempat wisata di Magelang selain candi ini lagi hits dan wajib dikunjungi. Kamu juga bisa menikmati pemandangan hamparan perkebunan sayur dan latar belakang beberapa gunung yang begitu indah.

6. Punthuk Setumbu

Tempat wisata di Magelang yang pertama adalah Punthuk Setumbu. Eksotisme panorama mentari yang terbit di pagi hari bisa kamu temukan di Punthuk Setumbu. Bukit 400 mdpl ini dulunya merupakan area persawahan penduduk setempat. Tempat wisata di Magelang selain candi ini lagi hits dan wajib dikunjungi. Namun setelah pemandangan sunrise Borobudur tersaji cantik di berbagai sosial media, tempat ini pun mulai hits dikunjungi wisatawan untuk menanti sunrise.

7. Bukit Dagi

Bukit Dagi masih berada di kompleks Candi Borobudur. Untuk mengunjunginya, cukup masuk ke kompleks Candi Borobudur dan melalui beberapa anak tangga. Tempat wisata di Magelang selain candi ini lagi hits dan wajib dikunjungi. Di Bukit ini kamu akan menemukan beberapa pondok yang bisa digunakan sebagai tempat menginap. Udaranya yang sejuk khas pegunungan membaut bukit ini cocok untuk tempat meditasi dan bersantai.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Magelang selain Candi

8. Punthuk Kendil

Tempat wisata di Magelang berikutnya adalah Punthuk Kendil. Di sini, kamu bisa melihat pemandangan 4 gunung yang sangat menakjubkan. Keindahan gunung merbabu dan merapi yang sangat dekat tentu membuatmu terpana akan keindahan alam ciptaan Tuhan. Apalagi kamu juga bisa melihat Candi Borobudur dari sini. Tempat wisata di Magelang selain candi ini lagi hits dan wajib dikunjungi. Lokasinya berada di Dusun Kamal, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

9. Bukit Barede

Bukit Barede berada tak jauh dari Punthuk Setumbu. Bukit ini juga menjadi salah satu alternatif untuk menyaksikan sunrise dan Candi Borobudur dari ketinggian. Tempat wisata di Magelang selain candi ini lagi hits dan wajib dikunjungi.

10. Gereja Ayam

Kamu tentunya sudah cukup familiar dengan namanya. Sejak digunakan untuk syuting Ada Apa Dengan Cinta 2, wisata Magelang ini semakin menjadi incaran turis. Di basement-nya terdapat ruang-ruang untuk berdoa bagi agama apapun.

Tempat wisata di Magelang selain candi ini lagi hits dan wajib dikunjungi. Sedangkan dari tingkat kedua dan ketiganya, kamu dapat menyaksikan panorama pegunungan menorah yang hijau dan indah. Tingkat paling atas, yang juga disebut Mahkota Ayam adalah tempat terbuka dan yang paling keren untuk berswafoto bersama.

11. Air Terjun Grenjengan Kembar

Tempat wisata di Magelang selanjutnya adalah Air Terjun Grenjengan Kembar. Air terjun di lereng Gunung Merbabu ini pas untuk kamu yang ingin menyatu dengan alam. Tempat wisata di Magelang selain candi ini lagi hits dan wajib dikunjungi.

Lokasi tepatnya berada di Dusun Citren, Desa Munewarang, Pakis, Satap Kragilor, Muneng Warangan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah. Di destinasi wisata ini, kamu bisa menikmati udara yang segar, panorama alam yang indah dan hijau, air terjun dengan debit air yang cukup deras, serta kualitas air yang dingin dan bersih.

12. Rafting Sungai Elo

Tak hanya menelusuri sejarah dan kebudayaan masa lampau, di wisata dekat Candi Borobudur kamu juga bisa merasakan pengalaman rafting menyusuri Sungai Elo, Magelang. Tempat wisata di Magelang selain candi ini lagi hits dan wajib dikunjungi. Wisata yang hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari Candi Borobudur ini menawarkan paket wisata arung jeram lengkap dengan alat dan pemandu. Panjang rafting di sungai ini sekitar 10 – 11 kilometer, biasanya ditempuh sekitar 2 – 2,5 jam.

13. Sungai Progo Atas

Pencinta olahraga arung jeram bisa mencoba tempat wisata di Magelang satu ini, yaitu Sungai Progo Atas. Tempat wisata ini memiliki aliran sungai mencapai 12 kilometer. Sungai Progo Atas merupakan lokasi arung jeram yang terkenal di Jawa Tengah.

Terdapat beberapa rute arung jeram di Sungai Progo, yaitu arung jeram Sungai Progo Atas, arung jeram Sungai Progo Hulu, dan arung jeram Sungai Progo Bawah. Tempat wisata di Magelang selain candi ini lagi hits dan wajib dikunjungi. Ketiga lokasi arung jeram ini ketinggiannya menawarkan sensasi yang berbeda-beda.

14. Jembatan Gantung Mangunsuko

Jembatan Mangunsukmo merupakan jembatan gantung dengan pemandangan yang luar biasa. Tempat wisata di Magelang satu ini tidak hanya memiliki jembatan dengan struktur bangunan yang unik, panorama alam di sekitarnya juga istimewa. Tempat wisata di Magelang selain candi ini lagi hits dan wajib dikunjungi.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Magelang selain Candi

15. Desa Wisata Wanurejo

Desa Wisata Wanurejo berjarak sekitar 3 kilometer dari Candi Borobudur. Desa ini menawarkan wisata budaya dan kriya. Tempat wisata di Magelang selain candi ini lagi hits dan wajib dikunjungi. Di sini kamu akan menemukan berbagai aktivitas seperti membatik, membuat kerajinan, wisata andong, bersepeda, menikmati atraksi seni setempat, hingga membeli kerajinan dari warga.

16. Air Terjun Kedung Kayang

Air terjun Kedung Kayang sebagai salah satu tempat wisata di Magelang menyuguhkan pemandangan yang cantik dan mengesankan. Nuansa alami yang begitu segar membuat siapapun betah berlama-lama berada di tempat ini. Tempat wisata di Magelang selain candi ini lagi hits dan wajib dikunjungi. Ada juga spot selfie yang unik dengan pemandangan alam yang menyegarkan mata.

17. Air Terjun Goa Slandak

Wisata alam di Magelang yang satu ini menawarkan dua wisata sekaligus yaitu air terjun dan goa yang letaknya berdampingan. Tempat wisata di Magelang selain candi ini lagi hits dan wajib dikunjungi. Kalau masih ingin berpetualang, di sebelah atasnya ada juga air terjun yang lebih kecil tapi tidak kalah jernihnya, bernama Kedung Sembrani.

18. Top Selfie Pinusan Kragilan

Hutan pinus di lereng Gunung Merbabu ini memang sudah disulap untuk menjadi pemuas dahaga para pecinta selfie dan mereka yang ingin senantiasa eksis di media sosial. Tempat wisata di Magelang selain candi ini lagi hits dan wajib dikunjungi.

Hasilnya berupa berbagai titik berswafoto keren, seperti tempat tidur gantung (hammock) beraneka warna, ayunan, panggung di atas pohon, menara bambu, sepeda pohon, jembatan gantung, rumah kayu, kursi santai, dan sarang burung.

19. Rumah Kamera

Sesuai namanya, bangunan ini memiliki bentuk menyerupai kamera DSLR. Rumah Kamera berlokasi sekitar 3 kilometer dari Candi Borobudur tepatnya di Desa Majaksingim, Kecamatan Borobudur, Magelang. Rumah ini dibangun oleh Tanggol Angien Jatikusumo Seorang pelukis profesional di Indonesia.

Bangunan ini terdiri dari 4 lantai dengan pintu masuk berbentuk lampu flash pada kamera DSLR Bagian mode dan LCD dijadikan sebagai jendela. Tempat wisata di Magelang selain candi ini lagi hits dan wajib dikunjungi. Selain itu, lensa kamera merupakan bangunan bertingkat berbentuk silinder untuk melihat pemandangan desa dari atas.

20. Taman Ramadanu

Taman Ramadanu merupakan tempat wisata di Magelang yang Instagramable. Di sini kamu akan disuguhkan pemandangan bunga warna-warni hingga spot kincir angin. Tempat wisata di Magelang selain candi ini lagi hits dan wajib dikunjungi. Udara sejuk Magelang akan menemanimu menjelajahi taman bunga ini. Lokasinya berada di Dusun Danurojo, Sambi Roro, Jamuskauman, Ngluwar, Magelang, Jawa Tengah.

21. Dewari Park

Masih seputar kebun bungan, kamu juga bisa mengunjungi Dewari Park. Tempat wisata di Magelang ini memang merupakan kebun bunga matahari yang tidak kalah instagramable. Tempat wisata di Magelang selain candi ini lagi hits dan wajib dikunjungi. Ribuan bunga matahari yang mekar menampilkan pemandangan yang begitu menawan. Lokasinya berada di Kradenan, Baturono, Kradenan, Baturono, Salam, Magelang, Jawa Tengah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini