Sukses

25 Tempat Wisata di Makassar dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi, Alamnya Menawan

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Makassar bisa menjadi destinasi liburan yang menyenangkan. Betapa tidak, Provinsi Sulawesi Selatan menawarkan keindahan alam yang begitu menawan, sehingga kamu bisa menikmati berbagai destinasi alam yang beragam.

Berbatasan langsung dengan laut, tempat wisata di Makassar dan sekitarnya didominasi oleh pantai yang indah. Selain itu, ada pula berbagai destinasi pulau-pulau kecil dengan pemandangan indah dan menawarkan kenyamanan untuk liburan kamu.

Tempat wisata di Makassar terdiri dari destinasi alam dan bagunan bersejarah yang ikonik. Tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan Pantai Losari maupun Benteng For Rotterdam yang terkenal di seluruh negeri.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (7/9/2021) tentang tempat wisata di Makassar.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Makassar yang Terkenal

Pantai Losari

Siapa yang tidak kenal dengan Pantai Losari. Pantai ini merupakan salah satu ikon kota Makassar yang wajib dikunjungi ketika pergi ke Makassar. Wisata Makassar terbaru dan paling hits ini dijadikan untuk tempat bersantai sambil menikmati matahari terbenam. Pantai ini juga menyajikan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Di wisata Makassar terbaru dan paling hits ini kalian bisa memancing, naik banana bots dan sepeda air. Selain itu, kalian dapat melakukan jogging di pagi hari pada track yang ada setelah menikmati sunrise.

Benteng Fort Rotterdam

Salah satu tempat wisata di Makassar yang ikonik adalah Benteng Fort Rotterdam. Benteng Fort Rotterdam dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa ke-9 yang bernama I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa'risi' Kallonna. Benteng ini awalnya berfungsi sebagai markas pasukan katak Kerajaan Gowa-Tallo. Kini benteng ini telah menjadi destinasi wisata sejarah Makassar dengan museum sejarah di dalamnya.

Pegunungan Karst Rammang-Rammang

Pegunungan Karst Rammang Rammang adalah salah satu tempat wisata di Makassar yang paling hits dan tidak boleh dilewatkan. Lokasinya berada sekitar 40 km dari Kota Makassar atau bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi selama 1,5 jam.

Karst Rammang-Rammang merupakan pegunungan kapur terluas kedua di dunia setelah Batu Tsingy di Madagaskar. Dengan suguhan pemandangan yang menawan, Anda bisa mengambil banyak foto menarik untuk diunggah di media sosial.

Taman Prasejarah Leang-Leang, Maros

Tempat wisata wisata di Makassar berikutnya adalah Taman Prasejarah Leang-Leang, Maros. Sesuai dengan namanya, di sini kamu bisa melihat hasil karya manusia pasa zaman purba, seperti hasil gambar tangan dan rusa yang ada pada dinding goa.

Tempat ini bisa menjadi rekomendasi destinasi wisata edukasi yang cocok untuk keluarga. Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan artistik, gua, dan bebatuan raksasa yang bisa menjadi latar belakang foto menarik.

Pulau Samalona

Terletak di sebelah barat daya pantai barat Sulawesi Selatan. Tempat wisata di Makassar ini terkenal dengan eksotisme khususnya keindahan bawah lautnya. Pamandangan bawah laut Pulau Samalona bahkan sudah terkenal hingga mancanegara.

Bendungan Parigi

Tempat wisata di Makassar yang berikutnya adalah Bendungan Parigi. Bendungan Parigi bisa kamu temui di Desa Asana, Parigi, Tinggi Moncong, Gowa.  Kucuran air mengalir dengan bentuk bangunan bertingkat bisa jadi spot foto khas pengunjung Bendungan Parigi. Selain foto-foto, pengunjung juga bisa berendam sambil bermain air dini. Di samping bendungan dikelilingi bukit hijau yang akan membuat suasana disini asri dan rindang. Tiket masuk berkisar Rp 5.000,- per orang, sudah termasuk parkir. 

Air Terjun Leang Pa’niki

Air terjun Leang Pa’niki merupakan tempat wisata di Makassar yang menyuguhkan panorama yang sangat indah. Selain itu, tempat ini juga menawarkan suasana yang tenang untuk bersantai. Air yang mengalir sangat segar dan dingin, pas untuk kamu mandi. Lokasinya berada di Rannaloe, Bungaya, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Makassar dan Sekitarnya

Taman Nasional Bantimurung

Di Taman Nasional Bantimurung, terdapat beberapa objek wisata yang sangat menarik seperti karst, pemandian alam, pengawasan satwa, serta gua. Tempat wisata di Makassar ini memiliki luas kurang lebih mencapai 43 ribu hektare dengan ekosistem dan kekayaan alam yang luar biasa.

Taman Nasional Bantimurung dikenal sebagai surganya kupu-kupu atau The Kingdom of Butterfly. Total terdapat sekitar 250 spesies kupu-kupu yang terdapat di kawasan wisata Makassar terbaru dan paling hits ini. Taman nasional Bantimurung terletak di Kabupaten Maros dan Pangkep.

Benteng Somba Opu

Satu lagi benteng yang menjadi tempat wisata di Makassar yang wajib dikunjungi adalah Benteng Somba Opu. Benting ini merupakan benteng peninggalan Kerajaan Gowa yang terletak di Jalan Daeng Tata, Kelurahan Benteng Somba Opu, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Dulunya tempat wisata ini berfungsi sebagai pusat perdagangan. Kini Benteng Somba Opu menjadi objek wisata bersejarah dengan beberapa bangunan rumah adat Sulawesi Selatan.

Pulau Kadingareng Keke

Pulau Kadingareng Keke adalah tempat wisata di Makassar yang tak kalah hits. Banyak orang menyebut tempat ini sebagai surga tersembunyi di Makassar. Letaknya tidak terlalu jauh dari Pantai Losari, kamu cukup menempuh perjalanan sekitar 14 km. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan indah dengan hamparan air laut biru yang jernih. Jika ingin berlibur di pulau ini, kamu perlu menyiapkan bekal makanan dan minuman karena tidak ada orang yang berjualan di pulau tak berpenghuni ini.

Pulau Kapoposang

Pulau Kapoposang merupakan salah satu tempat yang bisa dikunjugi jika tengah berada di Makassar.  Salah satu daya tarik pulau ini yakni spot diving. Kamu juga bisa snorkeling untuk melihat keindahan bawah laut Pulau Kapoposang. Apabila pengunjung ingin bermalam di Pulau Kapoposang, ada penginapan yang hanya dibandrol dengan harga Rp 150.000 per malam. Pulau ini terletak di Desa Mattiro, Pangkep. Untuk mencapai pulau ini, pengunjung bisa sewa kapal sekitar Rp 1.500.000.

Air Terjun Bissappu, Bantaeng

Air Terjun Bissappu, Bantaeng adalah tempat wisata di Makassar yang juga tidak boleh dilewatkan. Jika Kamu menyukai pemandangan curug atau air terjun yang menyegarkan, ini bisa menjadi pilihan ketika sedang berkunjung ke kota Makassar.

Kamu bisa menikmati keasrian lingkungan yang masih terjaga di wisata Makassar terbaru dan paling hits ini. Ada banyaknya bebatuan sungai yang ada di sekeliling air terjun. Suasana sejuk yang ada juga bisa menambah kenyamanan tersendiri.

Air Terjun Takapala

Air Terjun Takapalang berlokasi di Bonto Lerung, Tinggimoncong, Gowa. Bermodal Rp 3.000,- pengunjung sudah bisa masuk dan bermain air sepuasnya disini. Buka dari pukul 08.00-18.00 WITA. Jika lupa membawa makanan, ada deretan warung yang menjual makanan-makanan ringan dan juga minuman segar. Air yang jernih dengan derasnya air terjun dari ketinggian 109 meter, bisa menjadi spot foto pengunjung. 

Air Terjun Tamalulua

Air terjun selanjutnya adalah Tama'lulua yang begitu populer di Sulawesi Selatan. Debit air yang besar dan jatuh dari atas ketinggian di atas rata-rata membuat air terjun ini terlihat sangat istimewa. Air terjun ini terletak di Bontomanai, Rumbia, Kabupaten Jeneponto.

Alamnya yang masih natural juga akan menjadi daya tarik tersendiri untuk menarik para pengunjung datang ke tempat wisata di Makassar ini. Hijaunya pepohonan yang rimbun juga membuat perjalanan ke lokasi akan terasa sangat mengasyikan dan membuat pikiran menjadi segar.

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Makassar dan Sekitarnya Pantai

Pantai Seruni

Pantai Seruni di Kabupaten Bantaeng ini menjadi destinasi wisata favorit di Sulawesi Selatan. Pantai Seruni merupakan hasil reklamasi sepanjang 1,5 kilometer. Nama Seruni diambil dari nama sebuah bunga, yaitu bunga seruni yang memiliki arti emas.

Tempat wisata di Makassar ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Kamu juga akan mendapatkan suasana pantai yang tenang dan eksotis. Pantai ini sangat cocok untuk kamu yang ingin berlibur tanpa keramaian. Ciri khas pantai ini adalah hamparan pasir putih.

Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira dikenal dengan pasir putih yang halus dengan air laut yang biru. Tanjung Bira terletak di Kabupaten Bulukumba, sekitar 200 km dari Kota Makassar. Tempat wisata di Makassar ini telah dilengkapi fasilitas berupa penginapan seperti villa, hotel, bungalow dan restoran. Di sini pengunjung dapat menyaksikan matahari terbit dan terbenam. Selain itu, kalian juga dapat melihat keindahan dua pulau yang ada di depannya yaitu pulau Liukang Loe dan pulau tak berpenghuni.

Pantai Punaga

Pantai Punaga terletak di Desa Barugaya, Kabupaten Takalar. Pantai ini merupakan tempat wisata di Makassar yang cukup indah, karena memiliki air yang sangat jernih. Pantai ini sangat cocok untuk kegiatan snorkling, berenang, juga memancing. Pantai ini memiliki tebing yang mirip dengan Pantai Tanah Lot yang berada di bali. Namun yang harus kalian waspadai di sini yaitu batu karang yang sangat tajam dan licin.

Pantai Tete Tonra

Pantai Tete terletak di Kabupaten Bone. Pantai berpasir putih ini tak pernah sepi dari wisatawan. Pantai Tete merupakan saksi bisu peristiwa bersejarah angkatan bersenjata di Sulawesi Selatan. Pesona pasir putih ini semakin sempurna saat air laut mulai surut. Saat air laut surut, sebuah jalan setapak selebar 3-6 meter sepanjang 1 kilometer terbuka menghubungkan bibir pantai dengan pulau tak berpenghuni di timur Pantai Tete.

Pantai Panrang Luhu

Pantai ini terletak di Kabupaten Bulukmba, jarak pantai dari pusat kota sekitar 37 km. Pesona keindahan tempat wisata di Makassar ini tak kalah dari Tanjung Bira apalagi dikunjungi sore hari saat matahari terbenam. Panrang Luhu dalam bahasa setempat berarti pekuburan orang Luwu.

Terlepas dari namanya yang sedikit seram, pantai ini menawarkan nuansa alami yang memanjakan mata. Pohon kelapa yang berjejer rapi di pesisir pantai menambah kesan alami pada pantai ini. Panrang Luhu dikenal sebagai tempat penghasil kapal phinisi. Begitu masuk area pantai kamu akan disambut pemandangan barisan kapal.

Pantai Apparalang

Pantai Apparalang merupakan objek wisata di Tanjung Bira. Pesona tempat wisata di Makassar ini memiliki tebing karang yang sangat unik. Banyak orang yang mengatakan pantai ini mirip dengan Raja Ampat Papua. Bagi kamu yang ingin menikmati pantai ini bisa menaiki menara biru yang menjulang tinggi. Dari puncak menara kamu dapat melihat keindahan air laut yang biru dan karang yang berada di antara air laut dan bebatuan. Pantai ini berada di balik tebing bebatuan yang menjulang tinggi.

Pantai Marumasa

Bicara tentang pantai di Kabupaten Bulukumba, tidak ada habisnya. Satu lagi pantai yang memiliki keindahan karang yang mengarah ke laut adalah Pantai Marumasa. Tempat wisata di Makassar ini memiliki panjang kurang lebih 150 meter, spotnya keren banget. Ada spot yang berbentuk hati, bunga matahari, ayunan, sepeda ontel, rumah adat, dan masih banyak lagi spot foto dengan latar birunya air laut.

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Makassar dan Sekitarnya

Pulau Lae Lae

Pulau Lae Lae merupakan tempat wisata di Makassar yang juga menyajikan pemandangan bahari yang menawan. Pulau ini berdekatan dengan lokasi pantai Losari yang juga banyak direkomendasikan sebagai destinasi liburan.

Pulau Lae Lae merupakan pulau yang sudah berpenghuni dengan fasilitas cukup memadai. Tak heran jika banyak yang mengunjunginya dengan akomadasi yang terbilang bersahabat untuk para petualang yang backpakeran.

Taman Laut Taka Bonerate

Taman laut ini memiliki atol terbesar ketiga di dunia setelah Republik Kepulauan Marshall dan Maldives. Tempat wisata di Makassar ini adalah pulau koral yang mengelilingi laguna sebagian atau seluruhnya. Luas total area dari Taman Laut Taka bonerate mencapai 220 ribu hektar. Kawasan Taman Nasional Taka Bonerate ini meliputi 17 pulau, dan terletak di Selayar, Sulawesi Selatan.

Pulau Tinabo

Tempat wisata di Makassar yang berupa pulau indah berikutnya adalah Pulau Tinabo, Selayar. Bukan hanya memiliki pemandangan bawah laut yang mempesona, Pulau Tinabo juga menyuguhkan pemandangan darat yang tidak kalah menarik.

Pulau ini terletak di Kecamatan Takabonerate, Selayar, Sulawesi Selatan dan termasuk dalam Taman Laut Nasional Taka Bonerante. Di sini, kamu juga bisa mengkesplor indahnya pemandangan terumbu karang dengan aktivitas menyelam.

Pulau Kambing

Tempat wisata di Makassar yang berikutnya adalah Pulau Kambing. Meskipun namanya Pulau Kambing, bukan berarti banyak kambing liar tinggal di sini ya. Pulau yang masih satu lokasi dengan Tanjung Bira ini terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Pecinta snorkeling dan diving dijamin akan betah jika sudah ada di sini. Bahkan kita bisa melihat terumbu karang dengan mata telanjang dari atas.