Sukses

Viral Temuan Buku Resep Tahun 1958, Ditulis Pakai Huruf Arab

Buku resep itu sudah terlihat menguning dan tertulis dengan huruf Arab.

Liputan6.com, Jakarta Bagi yang ingin belajar masak, kini bisa dengan mudah mencari resep dan cara emmasak lewat internet. Tak hanya langkah-langkahnya saja, bahkan video cara memasak pun tersedia di YouTube.

Berbeda dengan zaman dulu. Orang akan membeli buku resep masakan yang biasa di jual di warung-warung pinggir jalan. Meski begitu, buku resep jadul ini tak kalah lengkap dengan informasi seperti saat ini. Semua bahan ditulis secara rinci.

Namun uniknya, ada buku resep masakan tahun 50-an yang bikin melongo. Seperti yang dibagikan oleh pria berikut ini. Dalam foto yang dibagikan komunitas online itu, pria bernama Ahmad Azizi ini menyebut ia menemukan buku resep milik mertuanya terbitan 1958 silam.

Cover buku resep itu memang terlihat sudah jadul. Apalagi kertas-kertasnya juga sudah tampak menguning. Menariknya, semua tulisan buku tersebut ditulis dengan bahasa Arab.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Buku Resep Terbitan 1958

Dilansir dari Siakapkeli oleh Liputan6.com, Rabu (8/9/2021) Ahmad Azizi membagikan foto buku resep milik mertua yang ia temukan. Buku itu diketahui terbitan tahun 1958 silam. Berjudul "Medan Selera" terlihat cover buku tersebut memang sudah tampak luntur dan usang.

Menurut mertuanya, buku itu berisi resep-resep masakan Melayu, China, India, Arab, Jepang dan Eropa. Dulu buku resep itu dibeli mertuanya seharga Rp 6 ribu, dimana harga itu sudah cukup mahal kala itu.

"Dunia memasak ternyata sudah menarik perhatian ada sejak dulu. Jadi penulis menulis semua resep ini supaya Melayu bangkit dan menguasai sektor kuliner di negara kita," ucap Ahmad Azizi, pria asal Malaysia yang mengunggahnya di komunitas SMAHI (Suami Masak Apa Hari Ini).

3 dari 3 halaman

Ditulis dengan Huruf Arab

Menariknya, di awal buku resep jadul ini terdapat kata pengantar bak menulis makalah. Si penulis menuliskan kata pengantar hingga pendahuluan. Semua tulisan di dalam buku tersebut dicetak dengan huruf Arab.

Kira-kira terdapat 63 jenis menu masakan yang tertulis di buku resep ini. Seperti resep membuat sambal ketupat, kari kambing, bubur lemak, ayam rendang santan, kuah bumbu kuning dan sebagainya.

Ada juga resep kuah mi ala Jepang dan mi Siam yang katanya adalah masakan hits zaman dulu. Kuah soto ayam juga tak ketinggalan tercantum di buku itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.