Sukses

Sinkron adalah Penyelarasan, Ketahui Fungsinya dalam Teknologi dan Komunikasi

Sinkron adalah istilah yang sudah tak asing.

Liputan6.com, Jakarta Sinkron adalah istilah yang sudah tak asing dalam bidan teknologi informasi. Saat ini sinkron adalah kata yang sering ditemukan pada aplikasi ponsel, media sosial, email, program komputer, dan banyak lagi. Sinkron adalah fitur penting dalam penggunaan teknologi.

Selain dalam teknologi, sinkron adalah istilah yang juga digunakan dalam berbagai bidang. Komunikasi misalnya, menggunakan proses sinkron untuk menyampaikan informasi secara serentak. Tujuan dari proses sinkron adalah menghindari inkonsistensi.

Istilah lain dari sinkron adalah sinkronisasi. Sinkron adalah metode yang bersifat serempak, harmonis, dan selaras. Berikut pengertian sinkron dalam teknologi dan komunikasi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(9/09/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Apa itu sinkron?

Menurut KBBI, sinkron adalah sesuatu yang terjadi pada waktu yang sama atau secara serentak. Sinkron bisa berarti sejalan, sejajar, sesuai, atau selaras. Menurut Kamus Merriam Webster, arti sinkron adalah kata kerja yang menunjukkan sesuatu yang terjadi pada saat yang sama.

Sinkronisasi adalah adalah koordinasi peristiwa untuk mengoperasikan sistem secara serempak. Sistem yang beroperasi dengan semua bagian yang disebut sinkron. Istilah sinkron digunakan dalam navigasi, komunikasi, sistem dinamis, hingga gerakan manusia.

3 dari 6 halaman

Pengertian sinkron dalam komunikasi

Komunikasi sinkron disebut juga komunikasi serempak. Komunikasi sinkron adalah komunikasi menggunakan komputer sebagai media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata (real time). Komunikasi sinkron adalah komunikasi yang terjadi secara real-time antara dua pihak atau lebih.

Komunikasi sinkron terjadi ketika pesan hanya dapat dipertukarkan secara real time. Ini mensyaratkan bahwa komunikator dan komunikan hadir dalam waktu dan/atau ruang yang sama. Kini jenis komunikasi sinkron makin sering digunakan dalam komunikasi jarak jauh.

Sederhananya pertukaran komunikasi sinkron adalah pertukaran interaktif, 'hidup' antara orang-orang. Contoh penggunaan komunikasi sinkron adalah saat menggunakan obrolan teks, obrolan video, dan media komunikasi daring lainnya. Komunikasi sinkron artinya komunikasi terjadi secara serempak oleh para seluruh audiens.

4 dari 6 halaman

Penggunaan sinkron dalam komunikasi

Komunikasi yang berlangsung secara real-time cocok untuk membangun koneksi yang lebih otentik, lebih dari komunikasi asinkron. Karena melakukan percakapan secara real time dapat membuat orang merasa terhubung dan menjadi bagian dari tim, komunikasi sinkron adalah metode yang paling baik digunakan dalam situasi yang membutuhkan lebih banyak sentuhan pribadi, seperti:

Brainstorming

Sifat brainstorming biasanya cepat. Ini membuat komunikasi secara real-time sangat dibutuhkan. Hal ini memungkinkan setiap orang untuk berkontribusi tanpa hambatan. Dengan komunikan sinkron, proses pengkomunikasian brainstorming akan lebih interaktif dan efektif.

Isu sensitif atau umpan balik kritis

Komunikasi tertulis sering kali tidak jelas dan multitafsir. komunikasi sinkron penting untuk topik sensitif yang tidak dapat meninggalkan ruang untuk ambiguitas.

Rapat

Pertemuan satu lawan satu dan aktivitas membangun hubungan lainnya paling baik dilakukan secara real time ketika peserta bisa mendapatkan tanggapan instan.

Orientasi jarak jauh

Dalam hal orientasi jarak jauh, baik itu orientasi mitra, orientasi klien, atau orientasi karyawan, jangan meremehkan pentingnya waktu tatap muka. Sesi pelatihan juga paling baik disampaikan melalui panggilan video langsung, idealnya dengan elemen berbagi layar untuk elaborasi tugas-tugas kompleks.

5 dari 6 halaman

Pengertian sinkron dalam teknologi

Istilah sinkron sering digunakan dalam bidang teknologi. Dalam teknologi, sinkron berarti memiliki data yang sama di dua lokasi atau lebih. Misalnya, menyinkronkan dua komputer berarti menyetelnya ke waktu yang sama atau menyalin data dari satu komputer ke komputer lainnya.

Sinkron adalah dua atau lebih teknologi yang bekerja secara harmonis. Dalam teknologi, sinkron digunakan untuk menyelaraskan data, file, atau perintah. Saat kamu menyinkronkan file misalnya, kamu memberi tahu teknologi yang digunakan untuk memperbarui dengan cara yang sama di dua atau lebih perangkat. Itu berarti kamu tidak perlu lagi khawatir meninggalkan file berharga di PC rumahan atau membawa dokumen di USB.

Saat menyinkronkan perangkat dengan komputer, biasanya perangkat dan komputer akan diperbarui dengan informasi terbaru. Ini juga disebut sebagai penggabungan data. 

 

6 dari 6 halaman

Penggunaan sinkron dalam teknologi

Sinkronisasi data

Data sinkron adalah proses membangun konsistensi antara data dari sumber ke penyimpanan data target dan sebaliknya dan harmonisasi data terus menerus dari waktu ke waktu. Ini penting untuk berbagai aplikasi, termasuk sinkronisasi file dan sinkronisasi perangkat seluler. Sinkronisasi juga dapat berguna dalam enkripsi untuk menyinkronkan Server Kunci Publik.

Sinkronisasi file

Sinkronisasi file dalam komputasi adalah proses memastikan bahwa file komputer di dua atau lebih lokasi diperbarui melalui aturan tertentu. Sinkronisasi file biasanya digunakan untuk backup home pada hard drive eksternal atau memperbarui untuk transportasi pada USB flash drive

Sinkronisasi perintah/proses

Sinkronisasi adalah proses pengaturan jalannya beberapa proses pada saat yang bersamaan. Saat menjalankan banyak proses bersamaan, sinkronisasi proses membantu menjaga konsistensi data bersama dan eksekusi proses yang bekerja sama.

Tujuan utama sinkronisasi adalah menghindari terjadinya inkonsistensi data karena pengaksesan oleh beberapa proses yang berbeda (mutual exclusion) serta untuk mengatur urutan jalannya proses-proses sehingga dapat berjalan dengan lancar dan terhindar dari deadlock atau starvation.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini