Sukses

25 Cara Menghilangkan Minyak di Wajah yang Berlebihan, Ampuh dalam Waktu Singkat

Liputan6.com, Jakarta Pria dan wanita berisiko memiliki jenis kulit wajah yang berminyak berlebihan. Minyak di wajah memang baik untuk menjaga kelembapan secara alami, tetapi apabila jumlahnya melebihi batas normal ini membahayakan karena memicu timbulnya masalah jerawat di wajah. Bagaimana cara menghilangkan minyak di wajah yang berlebihan?

Kulit wajah yang berminyak berlebihan bukanlah kondisi alami, ada beberapa faktor yang memicunya. Berupaya menghindari faktor penyebabnya merupakan cara menghilangkan minyak di wajah yang berlebihan paling utama. Penyebab wajah berminyak adalah cuaca, banyak mengonsumsi lemak, memakai produk kecantikan salah, dan perubahan hormon.

Cara menghilangkan minyak di wajah yang berlebihan dengan menghindari penyebab merupakan langkah dasar. Lebih lanjut manfaatkan produk kecantikan seperti pembersih wajah, masker wajah, hingga pelembap wajah. Untuk pilihan cara menghilangkan minyak di wajah yang berlebihan secara alami, manfaatkan lidah buaya, minyak jojoba, lemon, sampai teh hijau.

Berikut Liputan6.com ulas lebih jauh tentang cara menghilangkan minyak di wajah yang berlebihan dari berbagai sumber, Jumat (10/9/2021).

2 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Minyak di Wajah yang Berlebihan

1. Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal untuk menyembuhkan luka bakar dan kondisi kulit lainnya. Banyak orang menggunakan lidah buaya sebagai cara alami menghilangkan minyak di wajah. Menurut Mayo Clinic, ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa lidah buaya membantu merawat kulit bersisik yang disebabkan oleh kulit berminyak.

Untuk menggunakan lidah buaya sebagai solusi kulit berminyak, oleskan tipis gel lidah buaya ebelum tidur dan biarkan sampai keesokan harinya. Tapi, perlu diketahui, lidah buaya bisa menyebabkan reaksi alergi pada kulit sensitif. Cara menghilangkan minyak di wajah yang berlebihan ini wajib dicoba. Jika Anda belum pernah menggunakan lidah buaya sebelumnya, uji sedikit pada lengan. Jika tidak ada reaksi yang muncul dalam 24 hingga 48 jam, lidah buaya aman digunakan.

2. Tomat

Tomat mengandung asam salisilat, yang merupakan solusi jerawat yang umum. Asam dalam tomat dapat membantu menyerap minyak kulit berlebih dan membuka pori-pori. Asam salisilat yang terdapat dalam tomat bekerja sebagai exfoliant alami yang membantu menghilangkan racun, kotoran, minyak berlebih, dan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit.

Anda bisa menggunakan tomat untuk mengatasi kulit berminyak dengan menempelkan langsung potongan tomat pada kulit, menjadikannya masker, scrub, atau toner. Cara menghilangkan minyak di wajah yang berlebihan ini wajib dicoba.

3. Almond

Kacang almond yang dihaluskan tidak hanya bekerja untuk pengelupasan kulit, tetapi juga membantu mengurangi kelebihan minyak dan kotoran. Almond bisa dijadikan scrub untuk mengangkat minyak dan kotoran.

Cara menghilangkan minyak di wajah yang berlebihan adalah dengan menghaluskan almond mentah hingga menjadi 3 sendok teh. Tambahkan 2 sendok makan madu mentah. Oleskan ke wajah dengan lembut dalam gerakan memutar. iarkan masker selama 10-15 menit. Bilas dengan air hangat, dan keringkan.

4. Rajin membersihkan wajah

Sebenarnya hal ini mudah dilakukan, namun banyak orang yang tidak membersihkan wajahnya secara rutin. Dengan wajah yang berminyak, bersihkan wajah Anda menggunakan pembersih wajah yang cocok dengan tipe wajah setidaknya dua kali sehari yakni sebelum beraktifitas dan sebelum istirahat malam.

5. Selalu menghapus make up

Pastikan setiap kali memakai make up Anda menghapusnya secara bersih. Agar make up yang menumpuk pada wajah tidak menyebabkan masalah lain di wajah. Cara menghilangkan minyak di wajah yang berlebihan ini wajib dicoba.

3 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Minyak di Wajah yang Berlebihan

6. Gunakan toner

Toner yang mengandung alkohol cenderung mengeringkan kulit. Namun, menurut sebuah studi 2014, astringen alami, seperti witch hazel, dapat memiliki sifat menenangkan kulit. Witch hazel memiliki kandungan tanin yang tinggi yang menjadikannya astringen alami dan antiinflamasi.

Pada beberapa orang, toner astringen alami dapat membuat pori-pori yang membesar tampak lebih kecil. Cara menghilangkan minyak di wajah yang berlebihan ini wajib dicoba. Menggunakan toner dalam ritual membersihkan kulit membantu mengangkat minyak berlebih dan menjaga kulit tetap lembap.

7. Kertas penyerap minyak

Kertas tipis dan kecil ini tidak akan mencegah kelenjar sebaceous mengeluarkan minyak berlebih. Kertas penyerap minyak akan menghapuskan kelebihan minyak dari wajah untuk membantu meminimalkan kulit mengkilap dan berminyak. Cara menghilangkan minyak di wajah yang berlebihan ini wajib dicoba. Kertas penyerap minyak ini tersedia di banyak toko skin care atau supermarket dengan harga terjangkau.

8. Madu

Madu adalah salah satu cara alami menghilangkan minyak di wajah. Berkat kemampuan antibakteri dan antiseptiknya, madu dapat mengatasi kulit berminyak dan rawan jerawat. Madu juga merupakan humektan alami, sehingga membantu menjaga kulit tetap lembab tetapi tidak berminyak.

Madu bertindak sebagai emolien alami. Ini melembabkan kulit dan mengurangi sekresi minyak secara alami. Sifat antimikroba juga dapat mencegah jerawat timbul. Cara menghilangkan minyak di wajah yang berlebihan ini wajib dicoba.

Untuk menggunakan madu sebagai solusi kulit berminyak, siapkan 2-3 sendok teh madu mentah. Cuci tangan sampai bersih, dan bersihkan wajah dari debu dan kotoran. Dengan menggunakan ujung jari, pijatkan madu mentah ke wajah. Biarkan selama 20-30 menit lalu bilas dengan air bersih.

9. Oatmeal

Oatmeal membantu menenangkan kulit yang meradang dan menyerap minyak berlebih. Oatmeal juga membantu pengelupasan kulit mati. Oatmeal bisa dikombinasikan dengan yogurt, madu, atau buah yang dihaluskan seperti pisang, apel, atau pepaya.

Campurkan 1/2 cangkir oatmeal dengan air panas untuk membentuk pasta. Campurkan 1 sendok makan madu. Pijatkan campuran oatmeal ke wajah selama sekitar tiga menit. Bilas dengan air hangat, dan keringkan.

Cara alami menghilangkan minyak di wajah dengan oatmeal adalah dengan mengoleskan oleskan campuran oatmeal ke wajah dan biarkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air hangat, dan keringkan.

10. Tepuk-tepuk wajah sampai kering

Saat mengeringkan wajah setelah mencuci dan menggunakan toner, Anda harus dengan lembut menepuk-nepuk kulit dengan handuk lembut. Ini harus dilakukan dengan hati-hati. Cara menghilangkan minyak di wajah yang berlebihan ini wajib dicoba. Tidak disarankan untuk menarik kulit dengan handuk atau menggunakan kain lap kasar, karena dapat merangsang kulit untuk membuat lebih banyak sebum.

4 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Minyak di Wajah yang Berlebihan

11. Baking soda

Baking soda berfungsi untuk mengelupas sel kulit mati yang menumpuk pada wajah, mengatur produksi minyak di kulit, dan membantu menjaga kadar pH kulit. Buat pasta dengan menggunakan baking soda lalu oleskan pada wajah secara merata.

12. Cuka apel

Cuka apel memang asam, namun justru asam ini dapat membantu regenerasi kulit serta mengikis dan mengangkat sel kulit mati. Cuka apel berfungsi sebagai toner alami bagi kulit wajah Anda. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sdm cuka apel dengan segelas air lalu celupkan kapas dan oleskan pada wajah Anda. Cara menghilangkan minyak di wajah yang berlebihan ini wajib dicoba.

13. Yogurt

Tentu Anda tahu bahwa yogurt merupakan produk olahan susu. Oleh karena itu, tentu saja yogurt mengandung kalsium dan zinc. Cara menghilangkan minyak di wajah yang berlebihan ini wajib dicoba. Kalsium berperan penting untuk mencegah kulit kering dan dehidrasi sedangkan zinc berperan untuk membantu mengatasi masalah kulit wajah. Begitu pula dengan vitamin B kompleks yang dapat menyehatkan wajah Anda dan membuatnya bersinar alami.

14. Susu

Dalam wajah terdapat kolagen agar kulit tetap terlihat kenyal dan tidak berkerut. Nah, susu memiliki kandungan vitamin D yang dapat meningkatkan produksi kolagen serta vitamin B6 berperan dalam merawat dan menjaga kulit agar tetap sehat dan lembap namun tidak tampak berminyak.

15. Bengkoang

Banyak sekali produk kecantikan yang mengandung bengkoang sebagai pemutih. Namun tidak hanya berguna sebagai pemutih, bengkoang juga merupakan cara efektif untuk menghilangkan minyak di wajah. Cara menghilangkan minyak di wajah yang berlebihan ini wajib dicoba. Hal ini dikarenakan bengkoang kaya akan vitamin B dan C yang sangat berperan penting bagi kesegaran wajah.

5 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Minyak di Wajah yang Berlebihan

16. Membersihkan wajah menggunakan air hangat

Menggunakan air hangat untuk membersihkan wajah berminyak akan mampu membuka pori-pori kulit wajah sehingga akan membuat minyak pada wajah berkurang secara signifikan.

17. Minyak Jojoba

Mengapa menggunakan minyak untuk membersihkan wajah yang juga berminyak? Sepertinya kedengaran aneh, tapi ternyata minyak jojoba bisa berfungsi untuk merawat wajah berminyak dan mengurangi minyak pada wajah. Selain itu, juga dapat berfungsi untuk menghilangkan jerawat dan komedo. Cara menghilangkan minyak di wajah yang berlebihan, aplikasikan minyak jojoba pada wajah. Diamkan selama 15 menit. Lalu bilas dengan menggunakan air hangat.

18. Lemon

Lemon juga merupakan jenis buah jeruk yang mengandung banyak anti-oksidan dan vitamin C. Selain itu dalam buah lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang mampu menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit.

Cara menghilangkan minyak di wajah yang berlebihan ini wajib dicoba. Caranya, peras buah lemon, lalu ambil airnya. Oleskan air perasan lemon pada wajah Anda. Melakukan perawatan ini akan membuat minyak pada wajah akan berkurang.

19. Apel

Apel mengandung anti-septik yang berguna untuk mengelupas sel kulit sehingga minyak yang terdapat pada wajah akan hilang atau berkurang. Caranya, parut buah apel sampai halus. Gunakan hasil parutan sebagai masker pada wajah.

20. Alpukat

Buah Alpukat mempunya manfaat melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda dari penuaan dini. Karena alpukat mengandung banyak karotenoid anti-oksidan, vitamin E, dan vitamin C. Cara menghilangkan minyak di wajah yang berlebihan ini wajib dicoba. Vitamin E berguna untuk membantu mencegah penuaan dini akibat dari paparan sinar matahari sedangkan vitamin C merupakan zat yang dibutuhkan untuk membuat elastin dan kolagen agar kulit tetap kenyal.

6 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Minyak di Wajah yang Berlebihan

21. Mentimun

Mentimun mengandung banyak mineral dan vitamin yang penting untuk menjaga kesegaran wajah, sehingga wajah tidak terlihat kusam. Mentimun juga bermanfaat untuk menghambat pigmentasi kulit serta untuk menghilangkan lingkar mata hitam Anda dan juga mentimun bisa menyerap minyak yang berlebih pada wajah.

Cara menghilangkan minyak di wajah secara alami dengan menggunakan mentimun adalah iris mentimun tipis-tipis. Lalu tempelkan pada seluruh wajah. Diamkan selama 30 menit lalu basuh dengan menggunakan air bersih. Cara menghilangkan minyak di wajah yang berlebihan ini wajib dicoba.

22. Pisang

Buah Pisang mengandung banyak vitamin C dan efektif digunakan sebagai cara menghilangkan minyak di wajah secara alami. Caranya mudah saja, kupas buah pisang, lalu haluskan. Tambahkan 1 sdm madu.Campur hingga rata. Lalu oleskan pada wajah.

23. Gunakan astringent

Astringents cenderung mengandung konsentrasi alkohol yang lebih tinggi dibanding toner. Astringent dapat membantu mengatasi kelebihan minyak di wajah. Astringen diformulasikan untuk menghilangkan kelebihan minyak dari kulit.

Astringent berfungsi mengangkat kelebihan minyak pada kulit yang bisa menyebabkan jerawat dan komedo. Banyak produk astringent yang dijual bebas di pasaran. Kamu juga bisa menggunakan astringent alami seperti witch hazel dan mentimun.

24. Tetap gunakan pelembap

Banyak orang menghindari penggunaan pelembap saat kulitnya berminyak. Padahal, pelembap juga penting untuk kulit berminyak. Menggunakan pelembap yang tepat dapat bermanfaat bagi jenis kulit. Pelembap bebas minyak dapat membantu menjaga kulit tetap lembab dan terlindungi tanpa terasa berminyak.

25. Charcoal

Masker charcoal dan produk charcoal lainnya adalah perawatan yang luar biasa untuk kulit berminyak. Charcoal bisa membantu mengeluarkan sebum, kotoran, dan sisa make up dari pori-pori. Cara menghilangkan minyak di wajah yang berlebihan ini wajib dicoba. Penggunaan masker atau produk charcoal secara rutin bisa membantu mengecilkan pori, menghilangkan minyak berlebih, dan membantu menyeimbangkan kulit.