Sukses

Makalah adalah Karya Tulis, Ketahui Tujuan, Struktur, dan Jenisnya

Pastinya makalah tak asing bagi siswa.

Liputan6.com, Jakarta Makalah adalah salah satu jenis tulisan ilmiah yang sering dibuat oleh siswa. Biasanya, makalah dijadikan bentuk tugas untuk mengukur sejauh mana pendalaman terhadap suatu topik masalah. Pastinya makalah adalah jenis tulisan yang tak asing bagi siswa atau mahasiswa.

Tujuan makalah adalah untuk memenuhi tugas tertentu baik akademik maupun non akademik. Dalam karya ilmiah, makalah adalah uraian tertulis yang biasanya terstruktur. Isi dari makalah adalah bahasan tentang suatu topik dan pemikiran penulis terhadap topik tersebut.

Makalah berbeda dengan jurnal ilmiah atau skripsi. Makalah adalah karya ilmiah dengan bentuk yang sederhana. Umumnya, struktur makalah adalah terdiri dari pendahuluan, isi, kesimpulan, dan penutup.

Berikut pengertian tentang makalah yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (12/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Apa itu makalah?

Menurut KBBI, makalah adalah karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi. Makalah memang sudah tak asing lagi bagi para pelajar. Makalah adalah salah satu jenis karya tulis yang bersifat ilmiah.

Menurut Badan Standarisasi Nasional (BSN) menulis bahwa sebuah karya tulis disebut makalah adalah jika memenuhi beberapa syarat berikut; makalah merupakan pemikiran sendiri, belum pernah dipublikasikan, mengandung unsur kekinian dan bersifat ilmiah.

Makalah menjadi sarana untuk mendemonstrasikan pemahaman penulis tentang pokok pennasalahan teoretis yang dikaji atau kemampuan penulis dalam menerapkan suatu prosedur, prinsip, atau teori yang berhubungan dengan masalah tertentu.

Makalah membahas atau menelaah suatu kajian literatur yang sudah ada atau dari laporan pelaksanaan kegiatan lapangan. Bagian pokok yang harus ada pada makalah adalah Pendahuluan, Isi, dan Kesimpulan.

3 dari 7 halaman

Tujuan makalah

Setiap karya tulis pasti memiliki tujuan, begitu juga dengan makalah. Ada beberapa tujuan makalah ditulis. Tujuan makalah adalah untuk melatih penulis agar mampu menyusun tulisan ilmiah yang benar.

Kedua tujuan makalah adalah untuk memperluas wawasan dan pengetahuan bagi penulis dan pembacanya. Tujuan makalah selanjutnta adalah untuk memberi sumbangan pemikiran baik berupa konsep teoritis maupun praktis. Tujuan makalah keempat adalah untuk mendukung perkembangan konsep keilmuan maupun pemecahan masalah.

Yang paling utama, tujuan makalah adalah menginformasikan, menganalisis, dan membujuk dengan cara yang lugas dan memungkinkan pembaca untuk terlibat secara kritis dalam suatu topik ilmiah.

4 dari 7 halaman

Struktur makalah

Dalam bentuk yang paling sederhana, struktur makalah mencakup pendahuluan, paragraf tubuh, dan kesimpulan. Berikut susunan makalah yang sederhana;

1. Judul/sampul

Sampul sebuah makalah harus memuat judul makalah, nama penulis, logo lembaga/institusi, tempat dan tahun terbit. Nama penulis ditulis dengan mencantumkan nama asli dan nama lengkap, tidak diperbolehkan untuk disingkat serta tanpa disematkan gelar.

2. Abstrak

Abstrak ditulis dengan dua bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Abstrak dapat berisi ringkasan atau bahasan inti dari makalah, tujuan penelitian, metode penelitian, hipotesa, dan sedikit rangkuman dari hasil penelitian yang telah dilakukan.

3. Daftar Isi

Daftar isi harus memuat informasi menganai halaman dari isi makalah. Bab dan sub-bab dalam makalah diberikan keterangan halaman. Hal tersebut agar memudahkan pembaca menemukan bahan yang ingin dibaca. Selain itu, jika pada makalah terdapat gambar atau tabel, pada daftar isi perlu dimuat daftar gambar dan daftar tabel.

4. Kata Pengantar

Kata pengantar mencakup isi keseluruhan makalah yang membahas isi makalah secara menyeluruh tetapi tidak spesifik dan detail. Hal ini bertujuan agar pembaca mempunyai pandangan umum mengenai arah dari penelitian yang ada dalam makalah tersebut.

5. Pendahuluan

Pendahuluan adalah pembahasan dari awal topik penelitian dalam makalah, disusun oleh dan dari sudut pandang penulis. Pendahuluan dapat dijelaskan secara umum dan singkat namun tujuan dan makna yang disampaikan jelas.

6. Latar Belakang

Latar belakang menjelaskan permasalahan yang ditemukan dan alasan mengapa masalah tersebut penting untuk diteliti serta di analisa dalam makalah. Latar belakang dijelaskan dengan penjelasan yang umum dan mudah dimengerti.

7. Rumusan Masalah

Rumusan masalah berisi pokok masalah yang ditemukan. Rumusan masalah biasanya singkat dan padat, berisi poin-poin pertanyaan atau masalah yang diteliti. Rumusan masalah adalah hasil dari bahasan pada latar belakang yang telah diulas sebelumnya.

5 dari 7 halaman

Struktur makalah

7. Tujuan Pembahasan

Tujuan pembahasan berisi manfaat penelitian yang akan dilakukan. Manfaat diperoleh setelah ditemukan hasil atau kesimpulan dari permasalahan dan konfirmasi dari hipotesa awal.

8. Isi

Isi menjelaskan tentang permasalahan, penelitian yang dilakukan, metode penelitian, tempat penelitian, sasaran penelitian, serta penjabaran hasil data-data yang diperoleh di lapangan. Data yang diperoleh dapat merupakan data kualitatif, data kuantitatif, maupun metode campuran.

9. Kesimpulan

Kesimpulan adalah penjabaran dari hasil penelitian yang didapatkan. Kesimpulan juga menjabarkan apakah penelitian yang dilakukan telah menjawab rumusan masalah atau masih diperlukan penelitian lanjutan.

10. Saran

Saran ditujukan kepada pembaca. Saran diambil dari kesimpulan penelitian agar dapat dikembangkan, ditindaklanjuti, maupun diterapkan. Saran berisi manfaat penelitian kepada pembaca berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dengan harapan agar dilaksanakan atau diterapkan oleh pembaca.

11. Penutup

Penutup berisi harapan penulis kepada pembaca. Penulis dapat memberikan kesan dan pesan serta ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang mendukung penulis atas kontribusi nya untuk menyelesaikan makalah penelitian. Pada bagian penutup perlu dijelaskan kekurangan serta kelebihan dalam penulisan makalah penelitian.

12. Daftar Pustaka

Daftar pustaka berisi referensi yang dicantumkan atau yang digunakan dalam penyusunan makalah. Referensi tersebut bisa berasal dari jurnal, maupun buku. Penulisan daftar pustaka harus disusun secara sistematis serta diurutkan secara sistematis berdasarkan abjad nama pengarang.

6 dari 7 halaman

Macam makalah

Makalah terbagi menjadi beberapa jenis antara lain:

1. Makalah Induktif, merupakan makalah yang disusun berdasarkan data empiris yang bersifat objektif, dan diperoleh dari lapangan yang relevan dengan masalah yang dibahas.

2. Makalah dedukatif, merupakan makalah yang penulisannya berdasar kajian teoretis

3. Makalah Campuran, merupakan makalah yang cara penulisannya berdasar kajian teoretis dan digabungkan dengan data-data empiris tetapi harus relevan dengan masalah yang dibahas.

7 dari 7 halaman

Macam makalah campuran

Makalah Ilmiah

Makalah ilmiah adalah makalah yang membahas permasalahan yang ditulis dari hasil studi ilmiah dan jenis makalah ini tidak berdasarkan pendapat atau opini dari penulis yang bersifat subyektif.

Makalah kerja

Makalah kerja diperoleh dari hasil sebuah penelitian dan memungkinkan seorang penulis makalah tersebut berargumentasi dari permasalahan yang dibahas.

Makalah kajian

Makalah kajian ditulis sebagai sarana pemecahan suatu masalah yang bersifat kontroversial.

Makalah posisi

Makalah posisi digunakan untuk karya tulis yang disusun atas permintaan suatu pihak yang fungsinya sebagai alternatif pemecahan masalah yang kontroversial. Prosedur pembahasan dan penulisannya dilakukan secara ilmiah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.