Sukses

20 Macam Teknologi dalam Kehidupan Sehari-Hari, Ketahui Fungsinya

Teknologi telah menembus ke setiap celah kecil kehidupan.

Liputan6.com, Jakarta Macam teknologi membantu mempermudah pekerjaan manusia. Segala macam teknologi ini bersifat dinamis dan memungkinkan kemajuan di berbagai sektor secara terus menerus. Saat ini macam teknologi telah diterapkan di berbagai bidang.

Teknologi telah menembus ke setiap celah kecil kehidupan. Bahkan setiap detiknya, manusia telah memanfaatkan berbagai macam teknologi dalam kegiatannya. Secara lebih luas, macam teknologi mengacu pada alat, mesin, dan kumpulan teknik yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah dunia nyata.

Macam teknologi bisa bersifat sederhana sampai rumit. Berikut macam teknologi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (13/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Macam teknologi dalam kehidupan

Tekonlogi komunikasi

Teknologi komunikasi mengacu pada perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk komunikasi digital. Perangkat seperti ponsel dan PC adalah 'perangkat keras'. Layanan seperti panggilan telepon atau aplikasi perpesanan dan surat adalah 'perangkat lunak'.

Tekonlogi informasi

Teknologi Informasi, atau singkatnya Ti, adalah macam teknologi yang paling populer saat ini. TI adalah cara menyimpan, menyusun, dan memproses data elektronik untuk tujuan informasi. Penggunaan utama TI adalah dalam bisnis dan dunia korporat, meskipun semua aspek kehidupan menikmati manfaat TI.

Tekonlogi transportasi

Teknologi transportasi dapat diartikan sebagai perkembangan kendaraan. Perbaikan yang dilakukan pada mesin pembakaran di mobil, pembaruan yang dilakukan pada pesawat terbang, semuanya adalah bentuk teknologi transportasi. Meningkatkan efisiensi dan mengurangi keluaran karbon sambil mempertahankan atau meningkatkan kenyamanan adalah teknologi kendaratransportasian.

3 dari 8 halaman

Macam teknologi dalam kehidupan

Teknologi Konstruksi

Kemajuan dalam metode dan peralatan konstruksi disebut teknologi konstruksi. Macam teknologi konstruksi berkaitan dengan peralatan dan metode yang digunakan untuk membangun gedung dan struktur baik tingkat lanjut maupun dasar.

Teknologi Medis

Teknologi medis adalah penggunaan ilmu pengetahuan untuk mengembangkan peralatan dan solusi untuk meningkatkan kualitas hidup dengan membantu masalah kesehatan umum atau untuk mengalahkan penyakit keras dan mematikan. Dari kacamata dan perban hingga pemindai MRI, teknologi medis ditujukan untuk mengurangi kerumitan kesehatan dalam hidup.

Teknologi Arsitektur

Teknologi arsitektur adalah komponen rekayasa bangunan dan arsitektur dan sering disebut sebagai subkategori atau disiplin tersendiri. Macam teknologi ini merupakan penerapan teknologi modern untuk mendesain bangunan.

4 dari 8 halaman

Macam teknologi dalam kehidupan

Teknologi Luar Angkasa

Teknologi ini dikembangkan oleh industri kedirgantaraan atau ilmu antariksa untuk dimanfaatkan dalam eksplorasi ruang angkasa, satelit, dan penerbangan luar angkasa. Ini digunakan untuk mengkomersialkan atau menjelajahi ruang angkasa seperti satelit komunikasi dan pesawat ruang angkasa.

Teknologi Industri dan manufaktur

Teknologi di bidang industri memberikan alternatif yang lebih cepat dan lebih murah untuk metode lama. Mesin modern seperti penempaan otomatis, jalur sabuk konveyor, oven skala besar, pabrik CNC, dan banyak macam teknologi lainnya merupakan bagian dari teknologi industri dan manufaktur. Mesin-mesin ini membantu mengurangi waktu produksi dan meningkatkan produktivitas pabrik.

5 dari 8 halaman

Macam teknologi dalam kehidupan

Teknologi Pendidikan

Ide inti dari macam teknologi pendidikan adalah untuk memfasilitasi pembelajaran yang lebih baik. Dan tindakan fasilitasi ini dapat terjadi di berbagai tingkatan.

Teknologi Robotika

Teknologi robotika adalah proses merancang dan membangun robot cerdas. Robot yang diciptakan dari teknologi robotika dalam banyak kasus dimaksudkan untuk menggantikan atau mengurangi campur tangan manusia.

Bioteknologi

Bioteknologi adalah penggunaan organisme hidup untuk membuat produk. Memanggang roti misalnya adalah bentuk bioteknologi penggunaan ragi. Secara tradisional bioteknologi akan menggunakan organisme apa adanya. Namun dengan diperkenalkannya rekayasa genetika, DNA mikroba bekas dimanipulasi sesuai kebutuhan.

6 dari 8 halaman

Macam teknologi dalam kehidupan

Teknologi pangan

Teknologi pangan adalah penerapan ilmu pangan pada pemilihan, pengawetan, pengolahan, pengemasan, distribusi, dan penggunaan pangan yang aman. Bidang terkait meliputi kimia analitik, bioteknologi, teknik, nutrisi, kontrol kualitas, dan manajemen keamanan pangan.

Teknologi pertanian

Teknologi pertanian didefinisikan sebagai penggunaan macam teknologi di bidang pertanian. Peralatan presisi, robot, drone, GPS, traktor semuanya adalah teknologi pertanian.

Teknologi kecerdasan buatan

Teknologi kecerdasan buatan, atau AI adalah simulasi kecerdasan manusia dalam mesin. Tujuan macam teknologi AI adalah untuk menciptakan mesin yang dapat mempelajari dan menafsirkan situasi seperti manusia - pada dasarnya meniru apa yang akan dilakukan manusia.

7 dari 8 halaman

Macam teknologi dalam kehidupan

Teknologi Militer

Teknologi militer adalah penggunaan teknologi untuk membuat senjata baru, dll. untuk tujuan peperangan. Pengembangan senjata, rudal tank, peralatan radar, jet tempur dan kapal induk adalah semua cabang teknologi militer.

Teknologi Hiburan

Teknologi hiburan adalah pengembangan dan pembuatan perangkat dan perangkat lunak yang meningkatkan atau menyediakan hiburan. Macam teknologi ini adalah salah satu yang paling umum. Setiap rumah tangga saat ini memiliki beberapa set TV dan sistem suara yang merupakan teknologi hiburan.

Teknologi Olahraga

Teknologi olahraga adalah studi dan penggunaan teknologi presisi modern dalam olahraga. Teknologi olahraga digunakan dengan maksud agar dengan bantuan ilmu pengetahuan modern, olahraga dapat dibawa ke tingkat berikutnya.

8 dari 8 halaman

Macam teknologi dalam kehidupan

Teknologi Operasi

Macam teknologi ini adalah kategori perangkat lunak dan perangkat keras yang mengontrol dan memantau cara kinerja perangkat fisik. Teknologi operasi datang sebagai hasil dari fase evolusi yang panjang. Teknologi operasi terutama digunakan dalam sistem kontrol industri untuk utilitas, transportasi, dan manufaktur.

Teknologi Penerbangan

Teknologi kedirgantaraan atau penerbangan adalah pengetahuan dan peralatan yang diperlukan yang digunakan dan dikembangkan untuk penerbangan. Teknologi kedirgantaraan mencakup banyak sistem dan perangkat keras pesawat, baik yang komersial maupun pesawat perang.

Teknologi ramah lingkungan

Teknologi lingkungan adalah penggunaan ilmu pengetahuan, pengetahuan, dan berbagai bentuk teknologi untuk perbaikan lingkungan dan ekosistem. Kategori teknologi ini mencakup pengetahuan dan perangkat yang diperlukan untuk memantau dan melestarikan sumber daya alam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini