Sukses

Viral Ular Piton Menelan Sapi Utuh, Berakhir Tragis hingga Perutnya Pecah

Ular yang lapar itu memakan sapi milik seorang petani.

Liputan6.com, Jakarta Ular seringkali dianggap sebagai hewan berbahaya yang dapat mengancam keselamatan. Tak jarang bagi kebanyakan orang, ular adalah hewan yang dihindari. Tak hanya itu, ular juga termasuk predator yang cukup ganas.

Salah satunya adalah ular piton. Jenis ular ini memiliki lilitan yang sangat kuat hingga bisa menghentikan peredaran darah. Bahkan ketika mendapat mangsanya, ular piton langsung menelannya tanpa mengunyah makanan tersebut. Ditelan secara utuh, ular piton pun dapat memangsa yang ukurannya lebih besar dari tubuhnya.

Seperti yang baru-baru ini terjadi di Thailand. Seekor ular piton Burma alias sanca bodo menelan seekor sapi utuh milik petani hingga perutnya membengkak. Namun nasib tragis menimpa piton itu, karena perutnya kemudian pecah setelah memangsa sapi milik petani tersebut.

Dilansir Liputan6.com dari Mirror, Senin (13/9/2021) kejadian tersebut terjadi pada akhir Agustus 2021. Ular piton sepanjang 4,5 meter itu diketahui merayap ke padang rumput dan menerkam seekor sapi berusia dua tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ular Memakan Sapi Bulat-Bulat

Awalnya petani tak mengetahui jika sapinya dimakan oleh ular piton. Kemudian petani itu mencari hewan ternaknya yang hilang selama tiga hari. Namun bukan sapi yang didapat, ia terkejut mendapati ular yang sangat besar.

Dalam video yang beredar, menunjukkan ular tergeletak di rerumputan yang tinggi. Perut ular piton tersebut juga tampak pecah atau membelah jadi dua. Rupanya sapi miliknya telah dimakan oleh ular piton. Pejabat desa setempat, Nirun Leewattanakul, mengatakan ular itu kelaparan dan melihat sapi.

“Kemudian, ular membelit sapi untuk membunuhnya sebelum menelan seluruh tubuh (sapi),” kata Nirun Leewattanakul.

Setelah sapi mati di dalam perut ular, tubuh hewan melata ini membengkak dan perutnya membesar. Diperkirakan ular sanca bodo itu berusia delapan tahun. 

“Sungguh pemandangan yang mengerikan” tuturnya.

3 dari 3 halaman

Tidak Ada Hewan Lain yang Diserang

Setelah diperiksa pihak berwenang, bangkai ular itu kemudian dibakar, lalu dikubur di tanah kosong. Setelah kejadian sapi ditelan secara utuh, tidak ada hewan lain yang dilaporkan telah diserang oleh ular itu.

Ular piton memang punya kemampuan yang luar biasa ketia sedang memakan mangsa. Kalau badan mangsanya besar, ular itu bisa membuka mulutnya lebar-lebar berkat rahangnya yang besar. Bahkan, ular itu bisa memangsa hewan yang ukurannya hampir dua kali lipat dari massa tubuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini