Sukses

Cobain Cara Ini Biar Lebih Happy Jalanin Hidup dan Bebas Cemas!

Liputan6.com, Jakarta Bahagia. Ini adalah kata yang mendefinisikan tentang keadaan pikiran atau perasaan senang dan tentram secara lahir, batin, dan tanpa cemas. 

Yup, siapa sih yang nggak mau menjalani hidup yang bahagia? Kamu juga pasti mau kan? 

Untuk mencapai kebahagiaan memang nggak semudah mengucapkannya, butuh sedikit effort yang mesti dilakukan rutin. Caranya nggak sulit kok, seperti berikut ini: 

Tersenyum

Pernah nggak sih kamu memikirkan, mengapa setiap kali mengukir senyum ke orang lain, lalu orang lain membalas dengan senyumannya? Mungkin kamu cuma berpikir, kalau dia senyum karena kita senyum. 

Yup jawaban itu benar. Tapi ada yang lebih tepat lagi. Ketika tersenyum kepada orang lain, artinya kita memancing rasa bahagia yang ada dalam diri kita lho!

Belajar Memaafkan dan Melupakan

Banyak yang bilang kalau memaafkan dan melupakan adalah dua hal yang sulit dilakukan dalam hidup. Memang sih, melakukan kedua hal itu nggak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi kamu harus coba dan pasti bisa. Untuk memulai dan membiasakannya, coba terapkan ilmu ikhlas ya!

Eling dan Banyak Bersyukur

Sering kali kita berpikir bahwa hidup yang lagi dijalanin ini berat banget. Saking seringnya memikirkannya, perasaan itu menjadi beban dalam hidup dan bikin kita cemas sendiri. 

Padahal jika kita eling atau menyadarinya bahwa beban hidup yang lagi dirasain itu, bukan kita aja lho yang merasakannya. Orang lain disekeliling kita juga punya beban yang sama, hanya saja masalahnya aja yang berbeda-beda. Jadi, mulailah untuk menyadari dan bersyukurlah bahwa kita bukan satu-satunya orang sedang cemas menghadapi masalah. 

 

2 dari 2 halaman

Lakukan 'Ritual' Self Care 

Mau menerima segala yang terjadi dalam pusaran hidup adalah hal yang baik. Faktanya hidup itu memang nggak mudah dan pasti banyak rintangan menghampiri dan harus dihadapi. 

Nah, biar nggak gampang cemas dan hati selalu bahagia, nggak ada salahnya kita manjain diri. Salah satu caranya dengan menjalankan 'ritual' self care. Lakukan saja dari hal yang paling sederhana, misalnya menaikkan mood dengan membeli makanan favorit buat jadi temen nonton serial streaming favoritmu. Biar makin bebas cemas, ketika beli camilan bayarnya pake DANA. 

Punya Saving Money

Oh ya selain empat cara di atas, ada cara lain lho agar kamu lebih happy jalanin hidup. Ada baiknya, kamu juga ikut untuk mulai memahami bahwa keuangan punya peran terhadap kesehatan mental yang berkaitan dengan kebahagiaan lho. Hal itu terungkap dari penjelasan Shafa Lubis.

Shafa adalah seorang content creator yang sering membahas tentang psikologi lewat akun Instagramnya. Kali ini lewat akun Youtube DANA Indonesia, Shafa ngejelasin tentang pentingnya kita buat punya penghasilan yang disisihkan untuk ‘kepentingan’ diri sendiri. 

“Buat orang yang mungkin nggak punya uang yang cukup, dan juga berpenampilan yang tidak memenuhi standar beauty di masa ini, menurut gue itu akan jadi masalah. Kenapa? Karena kita nggak punya uang untuk beli sesuatu yang kita mau,” kata Shafa.

 

Dari penjelasan Shafa di atas, dia setuju kalau pada dasarnya, uang yang dimiliki dapat membuat setengah masalah di hidup kita selesai. Bukan cuma itu saja, Shafa bahkan juga menganjurkan bagi yang berpenghasilan, untuk saving money

Caranya tentu dengan menabung dan berinvestasi. Dua hal itu menjadi hal penting, agar kita nggak mudah stres dan bisa meraih apa yang diinginkan. Bisa beli apa yang kita mau. Bisa pergi ke tempat yang kita mau datengin.

Trus gimana caranya? Kamu bisa banget manfaatin DANA untuk ngebantu jawab masalah finansialmu. Yup, mau beli yang kamu mau, lakukan transaksi lewat DANA karena sistem keamanannya canggih. Jadi kamu bisa hidup tanpa worry.

DANA bakal ngebebasin rasa khawatirmu sama uang yang kamu simpan di dompet digital. Soalnya DANA punya DANA Protection yang menjamin keamanan transaksi kamu sebagai pengguna, dengan sistem keamanan DANA yang canggih dan dinamis.

Adapun keunggulan DANA Protection adalah: 

  • Setiap transaksimu akan di challenge dengan sistem keamanan seperti PIN DANA atau OTP & Face Verification. 
  • Memberi jaminan uang kembali 100% jika terjadi hal yang tidak diinginkan saat transaksi, sesuai dengan S&K di aplikasi DANA. 
  • DANA memiliki Sertifikasi ISO 27001:2013 untuk keamanan informasi data & Sertifikasi PCI-DSS (Payment Card Industry Data Security Standard) untuk keamanan informasi kartu bank.

Yuk, download & pakai DANA biar hidupmu happy & bebas cemas!

 

(*)