Sukses

10 Tujuan Promosi Bagi Pebisnis, Pahami Pengertian dan Strateginya yang Tepat

Liputan6.com, Jakarta Tujuan promosi bagi pembisnis berguna untuk meningkatkan penjualan sebuah produk usahanya. Promosi merupakan salah satu bentuk pengenalan atau penawaran terhadap suatu produk atau jasa kepada calon konsumen. Dengan adanya promosi, maka konsumen akan mudah mengenali produk tersebut. 

Tujuan promosi mengacu pada peningkatan kesadaran pelanggan terhadap suatu produk atau merek, menghasilkan penjualan dan menciptakan loyalitas merek. Ide dari tujuan promosi adalah untuk membuat orang sadar, menarik dan membujuk untuk membeli produk. 

Mengetahui tujuan promosi bisa membantumu membuat strategi promosi yang tepat. Dalam tujuan promosi kamu bisa memasukkan taktik komunikasi untuk mendidik konsumen, meningkatkan permintaan, dan membedakan merek.

Berikut ini tujuan promosi beserta pengertian dan jenisnya yang dapat kamu pelajari yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (14/9/2021).

2 dari 6 halaman

Pengertian Promosi Menurut Para Ahli

Pengertian promosi adalah proses komunikasi pemasaran yang melibatkan informasi, persuasi, dan pengaruh. Promosi mengacu pada seluruh rangkaian aktivitas yang mengkomunikasikan produk, merek, atau layanan. Promosi juga membantu meningkatkan citra publik suatu perusahaan. Tak hanya itu, ada pengertian promosi menurut para ahli yang bisa kamu pahami, yaitu:

1. Harper Boyd

Menurut pendapat Boyd, definisi promosi adalah upaya membujuk orang untuk menerima produk, konsep dan gagasan.

2. Swastha

Menurut pendapat Swastha, pengertian promosi adalah persuasi satu arah yang di buat untuk mempengaruhi orang lain yang bertujuan pada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.

3. Boone & Kurtz

Menurut pendapat Boone dan Kurtz, definisi promosi adalah proses menginformasikan, membujuk, dan mempengaruhi suatu keputusan pembelian.

4. Tjiptono

Menurut pendapat Tjiptono, arti promosi adalah bentuk komunikasi pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/ membujuk dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan. 

5. Kotler

Menurut pendapat Kotler, pengertian promosi adalah bagian dan proses strategi pemasaran sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pasar dengan menggunakan komposisi bauran promosi “promotional mix”.

6. Gitosudarmo

Menurut pendapat Gitosudarmo, pengertian promosi adalah kegiatan yang ditujukan untuk mempengaruhi konsumen agar mereka mengenal produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada mereka dan kemudian mereka menjadi senang lalu membeli produk tersebut. 

3 dari 6 halaman

Tujuan Promosi Bagi Pebisnis

Tujuan promosi yang utama adalah menangkap pasar dan meningkatkan volume penjualan. Tujuan promosi adalah untuk meningkatkan kesadaran, menciptakan minat, menghasilkan penjualan, atau menciptakan loyalitas merek. Selain itu, juga masih ada tujuan promosi bagi pembisnis yang dapat kamu pahami, diantaranya:

1. Menginformasikan

Tujuan promosi adalah menginformasikan pasar mengenai keberadaan suatu produk baru. Tujuan promosi ini juga meliputi informasi cara pemakaian yang baru dari suatu produk, perubahan harga, jasa yang disediakan, meluruskan kesan yang keliru, dan mengurangi ketakutan atau kekhawatiran konsumen. Tujuan ini juga dapat membangun citra sebuah produk atau perusahaan.

2. Membujuk

Tujuan promosi yang kedua adalah membujuk. Promosi membantu pembentukan pilihan merek, mengalihkan pilihan ke merk tertentu, mengubah persepsi, dan mendorong calon konsumen untuk membeli produk tersebut.

3. Mengingatkan

Tujuan promosi selanjutnya adalah mengingatkan calon konsumen bahwa produk yang bersangkutan dibutuhkan dalam waktu dekat. Promosi sebagai pengingat, mengingatkan calon konsumen akan tempat-tempat yang menjual produk perusahaan. Promosi juga membantu konsumen untuk tetap mengingat produk tersebut. Promosi menjaga agar ingatan pertama pembeli jatuh pada produk perusahaan tersebut.

4. Membedakan Sebuah Produk

Tujuan promosi ini adalah mendiferensiasikan produk atau tujuan jasa perusahaan dengan produk atau jasa pesaing. Dengan promosi, perusahaan akan melatih konsumen untuk bisa membedakan sebuah produk. Pemasar berupaya meraih tempat didalam benak konsumen. Ini dilakukan dengan mengkomunikasikan perbedaan-perbedaan signifikan mengenai atribut, harga, kualitas, atau manfaat dari produk atau jasa konsumen.

5. Menaikan Penjualan

Tujuan promosi yang selanjutnya adalah menaikkan penjualan. Beberapa strategi berkonsentrasi pada merangsang permintaan primer walaupun sebagian menstabilkan penjualan.

4 dari 6 halaman

Tujuan Promosi Bagi Pembisnis Lainnya

6. Menstabilkan Penjualan

Stabilitasi penjualan adalah tujuan lain dari promosi, perusahaan biasanya mempromosikan konten penjualan selama periode penurunan penjualan, dan memotivasi tenaga penjualan dengan menawarkan hadiah- hadiah seperti liburan, televisi, dan beasiswa kepada mereka yang meraih target tertentu.

7. Menonjolkan Nilai Produk

Sejumlah promosi diajukan untuk menonjolkan nilai produk dengan menjelaskan manfaat-manfaat kepemilikan dari produk yang kurang dikenal pembeli.

8. Membangun Citra Produk

Tujuan promosi berikutnya ialah membangun citra produk. Perusahaan seringkali membangun citra positifnya melalui aktivitas promosi. Sehingga hal ini dapat membuat konsumen mengingat produk atau jasa tersebut untuk kemudian menggunakannya. Perusahaan yang mempromosikan barang dan jasanya cenderung akan menarik perhatian publik. Sehingga hal ini dimanfaatkan para pengusaha untuk membangun citra yang baik terhadap konsumen.

9. Menarik Pelanggan

Tujuan promosi yang pertama tentunya ialah dapat menarik pelanggan. Hal ini sudah kita ketahui bersama bahwa dalam aktivitas promosi, perusahaan sering menunjukkan berbagai kelebihan dan manfaat dari barang atau jasa yang dimilikinya. Selain itu, aktivitas promosi juga mempengaruhi orang-orang agar berusaha menggunakannya. Sehingga kegiatan tersebut dapat menarik para konsumen untuk membeli atau menggunakannya.

10. Bersifat Jangka Panjang

Menurut David Aaker, dalam Manajemen Ekuitas Merk, tujuan promosi dapat bersifat jangka panjang. Ini karena promosi dapat membuat konsumen menjadi setia dan loyal terhadap suatu produk atau jasa. Promosi diharapkan mampu menguatkan asosiasi dan kesadaran merek. Tujuan promosi yang tak kalah penting adalah loyalitas merek. Promosi juga bertujuan memberi kesan kualitas yang diinginkan.

5 dari 6 halaman

Jenis-jenis Promosi

Promosi merupakan salah satu cara agar produk perusahaan mudah dikenal dan diminati oleh para konsumen. Sehingga hal ini akan menguntungkan perusahaan apabila para konsumen tertarik dengan produk yang dihasilkannya. Di samping itu, ada banyak sekali jenis-jenis promosi yang dapat dilakukan. Berikut ini beberapa jenis promosi yang bisa digunakan oleh para pembisnis dalam mempromosikan barang dan jasa nya, yaitu:

1.  Promosi Periklanan

Jenis promosi atau iklan ini berbentuk non personal dan menggunakan berbagai macam media seperti televisi, radio, internet, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan semata-mata untuk menarik perhatian konsumen. Pengiklan menawarkan dan menyampaikan produk dengan mengungkapkan keistimewaan dari produk tersebut.

2.  Penjualan Tatap Muka

Penjualan tatap muka atau personal selling merupakan salah satu jenis promosi yang dilakukan secara langsung. Cara ini biasa digunakan para sales person untuk memengaruhi konsumen agar melakukan pembelian. Kegiatan ini biasanya dilakukan dengan cara mendatangi ke tempat konsumen. Ada 2 jenis promosi yang dilakukan dengan tatap muka, seperti :

a.  Penjualan Perorangan (Personal Selling)

Personal Selling, merupakan usaha untuk memperkenalkan suatu produk melalui komunikasi langsung (tatap muka) agar konsumen tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

b.  Hubungan Masyarakat (Public Relation)

Hubungan masyarakat merupakan kegiatan membangun hubungan baik dengan publik terkait untuk memperolehdukungan, membangun “citra perusahaan” yang baik dan menangani atau menyingkirkan gossip, cerita dan peristiwa yang dapat merugikan.

3.  Promosi Publisity

Promosi publisity merupakan jenis promosi non personal mengenai pelayanan usaha tertentu dengan cara membahas informasi dan berita tentang produk yang dijual. Jenis promosi ini dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti wawancara yang ditampilkan di media. Ada 2 jenis promosi yang dilakukan dengan publisity, yaitu:

a.  Promosi Penjualan (Sales Promotion)

Promosi penjualan merupakan kegiatan pemasaran selain personal selling, periklanan dan publisitas yang mendorong efektivitas pembelian konsumen dengan menggunakan alat seperti peragaan, pameran, demonstrasi dan sebagainya, juga potongan harga seperti diskon pembelian produk.

b.  Pemasaran Langsung (Direct Marketing)

Direct marketing adalah pemasaran yang menggunakan berbagai media untuk berinteraksi langsung dengan konsumen, biasanya menelepon konsumen untuk mendapat respons langsung. Dengan demikian maka promosi merupakan kegiatan perusahaan yang dilakukan dalam rangka memperkenalkan produk kepada konsumen sehingga dengan kegiatan tersebut konsumen tertarik untuk melakukan pembelian.

6 dari 6 halaman

Strategi Promosi

Ada beberapa strategi promosi yang dapat kamu praktikkan untuk mencapai tujuan promosi yang telah dijelaskan di atas, yaitu:

1. Strategi Defensif

Strategi defensif atau strategi bertahan merupakan strategi promosi yang sifatnya hanya sekedar agar konsumen tidak lupa akan merek suatu produk atau berpaling ke merek lain.

2. Strategi Serangan

Strategi serangan atau ekspansi merupakan strategi yang dilakukan guna memperoleh atau merebut pangsa pasar yang lebih besar lagi.

3. Strategi Perkembangan

Strategi perkembangan umumnya digunakan oleh produk yangtelah memiliki pangsa pasar yang lebih relatif tinggi namun dengan tingkat pertumbuhan yang sangat lambat.