Sukses

4 Langkah Mudah Memilih Sepeda Lipat untuk Bekerja

Liputan6.com, Jakarta Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di DKI Jakarta kembali diperpanjang selama sepekan sampai 20 September 2021. Namun, beberapa kantor sudah membolehkan karyawan untuk bekerja dengan membatasi jumlah nya. 

Nah, kini banyak para karyawan memanfaatkan ke kantor dengan bersepeda. Sebutan bike to work kembali ramai usai banyak orang menggemari sepada untuk aktivitas. Salah satu jenis sepeda yang digemari ada sepeda lipat. 

Selain ringkas, sepeda lipat bisa sangat mudah dibawa kemana - kemana termasuk ke kantor. Dilansir liputan6, bagi kamu yang tertarik bike to work, ini tips memilih sepeda lipat yang benar. 

Sesuaikan bujet

Pertama - tama kamu perlu menentukan bujet sepeda yang akan dibeli. Dari sini, kamu bisa memilih model sepeda lipat yang sesuai dengan keinginanmu. 

Pilih Diameter Roda

Selain itu, kamu juga perlu mencermati diameter roda. Umumnya, diameter roda sepda lipat adalah 16 inci dan 20 inci. Semakin kecil diameter roda, maka hasil lipatan sepeda lipat Anda akan semakin ringkas. Namun, semakin besarnya diameter roda bisa berpengaruh terhadap feel saat riding.

Bahan Rangka

Bahan rangka sepeda akan berpengaruh terhadap bobot, rasa ketika berkendara, dan juga harga. Biasanya rangka besi akan lebih murah dibanding rangka aluminium, tetapi tentu besi juga lebih berat. Sepeda lipat berbahan serat karbon memiliki bobot lebih ringan dibanding alloy, namun harganya juga lebih mahal.

Komponen

Di dunia persepedaan terdapat istilah drivetrain. Istilah itu merupakan komponen penggerak sepeda Anda yang terdiri dari pedal, crank, chainring, dan lain sebagainya. Spesifikasi sepeda bisa dilihat dari jumlah speed yang ditawarkan.

Misalkan single speed, artinya sepeda ini hanya memiliki satu percepatan saja. Pilihan ini biasanya lebih murah, namun kendalanya Anda akan merasa lelah saat melahap tanjakan atau tak bisa kencang di jalur lurus. Ibaratnya seperti Anda mengemudikan sepeda motor, tapi hanya menggunakan gigi dua saja.

Internal gear memiliki beberapa rasio kecepatan yang bisa dipilih tergantung spesifikasinya. Keuntungannya adalah bentuknya yang ringkas karena gear tersebut berada di dalam hub roda belakang, sehingga sepeda terlihat rapi dan simple. Namun, harganya relatif lebih mahal dibanding eksternal gear.

Eksternal gear memiliki beragam pilihan percepatan. Mudah untuk melihat sepeda dengan eksternal gear. Pada bagian roda belakang terdapat gear yang menumpuk atau biasa disebut cassette.

Untuk memindahkan gear, terdapat rear derailleur yang bertugas memindahkan posisi rantai. Semakin besar ukuran gear belakang, maka mengayuh akan lebih ringan saat melahap tanjakan. 

Nah, kini biar lebih mudah, kamu bisa membeli sepeda lipat melalui online. Kamu tinggal pilih model sepeda lipat yang kamu inginkan. Selain itu, dengan belanja online, kamu bisa lebih hemat. Banyak promo dan cashback yang bisa kamu dapatkan. 

 

(*)