Sukses

Cara Mendapatkan Kuota Gratis Kemendikbud Periode September-November 2021

Liputan6.com, Jakarta Cara mendapatkan kuota gratis bagi siswa, mahasiswa, guru, dan dosen di seluruh Indonesia penting untuk diketahui. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) kembali menyalurkan kuota data internet gratis di periode September hingga November 2021.

Berdasarkan Peraturan Sekretaris Jenderal Nomor 14 Tahun 2021, kriteria penerima bantuan kuota internet adalah peserta didik dan tenaga pengajar pada jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD), jenjang pendidikan dasar, menengah, dan perguruan tinggi.

Beberapa penerima kuota internet gratis akan mendapat notifikasi SMS yang merincikan besaran kuota yang didapatkan. Bagi yang tidak menerima notifikasi, cara cek subsidi kuota internet Kemendikbud 2021 bisa dilakukan melalui aplikasi, dial USSD, dan SMS sesuai operator selular yang digunakan.

Seperti yang sudah disampaikan oleh Mendikbudristek, Nadiem Makarim, bahwa bantuan kuota ini diluncurkan pada 11-15 September, 11-11 Oktober dan 11-15 November 2021. Bantuan kuota data tersebut berlaku 30 hari sejak diterima.

Berikut ini penjelasan mengenai cara mendapatkan kuota gratis dari Kemendikbud Ristek, besaran, syarat, hingga akses yang bisa dilakukan yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (15/9/2021).

2 dari 8 halaman

Cara Mendapatkan Kuota Gratis dari Kemendikbud Ristek

Berikut ini cara mendapatkan kuota gratis dari Kemendikbud Ristek, diantaranya:

1. Untuk dapat menerima paket bantuan kuota bulan September - November 2021, segera melaporakan ke operator/pimpinan satuan pendidikan agar dapat diusulkan dengan pengajuan SPTJM melalui https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id atau https://kuotadikti.kemdikbud.go.id.

2. Jika operator/pimpinan satuan pendidikan melakukan usulan SPTJM pada Agustus 2021, maka bantuan paket data kuota internet akan diterima September 2021.

3 dari 8 halaman

Mekanisme Pendataan Penerima Bantuan Kuota Internet Gratis

Setelah mengetahui cara mendaparkan kuota gratis dari Kemendikbud Risek, maka kepala satuan pendidikan perlu segera melakukan hal ini :

1. Memutakhirkan data siswa, mahasiswa, guru, dan dosen, termasuk nomor handphone, pada sistem data pokok pendidikan dan pangkalan data pendidikan tinggi.

2. Untuk PAUD, jenjang pendidikan dasar dan menengah mengunggah SPTJM pada http://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id  atau klik di sini.

3. Kemudian jenjang pendidikan tinggi dapat mengunggah SPTJM di http://kuotadikti.kemdikbud.go.id atau klik di sini , selambatnya tanggal 31 Agustus 2021.

4 dari 8 halaman

Syarat Penerima Kuota Internet Gratis

Bagi yang ingin mengatahui cara mendapatkan kuota gratis dari Kemendikbud Ristek, perlu untuk mengetahui syarat penerimanya terlebih dahulu. Untuk penerima bantuan paket kuota gratis baru di tahun 2021 ini harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

1. Peserta Didik pada PAUD dan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah

a. Terdaftar di aplikasi Dapodik; dan

b. Memiliki nomor ponsel aktif atas nama peserta didik/ orang tua/anggota keluarga /wali.

2. Pendidik pada PAUD dan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah

a. Terdaftar di aplikasi Dapodik dan berstatus aktif; dan

b. Memiliki nomor ponsel aktif.

3. Mahasiswa

a. Terdaftar di aplikasi PDDikti, berstatus aktif dalam perkuliahan atau sedang menuntaskan gelar ganda (double degree);

b. Memiliki Kartu Rencana Studi pada semester berjalan; dan

c. Memiliki nomor ponsel aktif.

4. Dosen

a. Terdaftar di aplikasi PDDikti dan berstatus aktif;

b. Memiliki nomor registrasi (NIDN, NIDK, atau NUP); dan,

c. Memiliki nomor ponsel aktif.

5 dari 8 halaman

Besaran Bantuan Kuota Internet Gratis

Bagi para siswa, mahasiswa, guru maupun dosen yang telah terdaftar sebagai penerima kuota gratis dari Kemendikbud Ristek penting untuk mengetahui besaran kuota gratis tersebut. Berikut ini penjelasannya:

1. Siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)  memperoleh kuota sebanyak 7 GB per bulan.

2. Siswa Pendidikan Dasar dan Menengah akan memperoleh  kuota sebanyak 10 GB per bulan.

3. Pendidik PAUD Dikdasmen memperoleh 12 GB per bulan.

4. Dosen dan Mahasiswa memperoleh kuota 15 GB per bulan.

6 dari 8 halaman

Jadwal Penyaluran Bantuan Kuota Data Internet

Setelah mengetahui cara mendapatkan kuota gratis dari Kemendikbud Ristek, penting pula mengetahui jadwal penyalurannya. Bantuan kuota gratis bagi siswa, mahasiswa, guru, dan dosen disalurkan pada bulan September, Oktober, dan November 2021. Kuota tersebut, berlaku selama 30 hari sejak diterima. Adapun mengenai rincian jadwalnya adalah sebagai berikut:

1. Tanggal 11-15 September 2021.

2. Tanggal 11-15 Oktober 2021.

3. Tanggal 11-15 November 2021.

7 dari 8 halaman

Cara Cek Kuota Gratis dari Kemendikbud Ristek Melalui Berbagai Operator

Setelah memahami cara mendapatkan kuota gratis dari Kemendikbud Ristek beserta syaratnya, mengetahui cara cek kuota gratis yang telah diterima juga penting. Untuk mengecek apakah pembagian kuota sudah diterima, berikut cara untuk mengetahui pencairan kuota pelajar di operator Indosat, Telkomsel, XL, Tri, dan Smartfren adalah:

1. Cara Cek Kuota Pelajar di Indosat Ooredo

Ketik USSD *123*075#, lalu pilih "Status & Cek Kuota". Informasi akan dikirim via SMS. Ada pula cara lain, yakni lewat mengunduh aplikasi myIM3, dan masuk ke menu 'data.'

2. Cara Cek Kuota Pelajar XL Axiata

Untuk mengecek kuota internet gratis Kemendikbud pada provider XL, ketik USSD *123*7*1#, lalu pilih 'Cek Kuota' atau dengan membuka aplikasi AxisNet.

3. Cara Cek Kuota Pelajar Tri/3

Pengecekan bagi pengguna 3 dapat dilakukan melalui USSD *123*1083#, lalu pilih menu informasi kuota. Operator secara otomatis akan mengirim informasi data internet lewat SMS. Pengecekan juga bisa dilakukan lewat aplikasi Bima+, informasi kuota akan muncul di halaman utama saat membuka aplikasi.

4. Cara Cek Kuota Pelajar Telkomsel

Bagi pengguna Telkomsel, ketik USSD *888# lalu pilih cek pulsa dan kuota, kemudian pilih cek kuota. Informasi sisa kuota akan muncul di tampilan layar pengguna. Aplikasi myTelkomsel juga bisa digunakan untuk mengecek besar kuota Kemendikbud yang diterima.

5. Cara Cek Kuota Pelajar Smartfren

Pengguna Smartfren dapat mengeceknya melalui USSD *995#, lalu informasi akan dikirim via SMS secara otomatis. Jika mengecek lewat aplikasi MySmartfren, buka tampilan menu 'Paket Saya'.

8 dari 8 halaman

Akses untuk Subsidi Kuota Gratis dari Kemendikbud

Meskipun digunakan untuk mengakses internet, kuota yang dibagikan secara cuma-cuma ini tidak dapat digunakan untuk mengakses aplikasi media sosial atau game. Tetapi, kuota yang dibagikan itu diperuntukkan agar memudahkan dalam mengakses platform yang menunjang PJJ, di antaranya Youtube, Google Meet dan masih banyak lagi. Daftar aplikasi yang diblokir dan tidak bisa diakses menggunakan kuota internet gratis Kemendikbud Ristek, yaitu:

a. Badoo

b. Bigolive

c. Facebook

d. Instagram

e. Periscope

f. Snackvideo

g. Tinder

h. Tumblr

i. Twitter

j. Vive

k. Vkontakte

l. YY