Sukses

Cara Membuat Layang-Layang Keren, Manfaatkan Bambu, Kertas, Pipa, dan Plastik

Liputan6.com, Jakarta Di Indonesia, layang-layang adalah salah satu mainan anak yang masih tetap eksis meski zaman sudah lebih modern. Bagaimana cara membuat layang-layang? Mudah banget, manfaatkan saja barang-barang bekas di sekitar rumah.

Cara membuat layang-layang yang keren hanya cukup memanfaatkan bambu, kertas, pipa, hingga plastik saja. Tak hanya cara membuat layang-layang sederhana, tetapi bahan tersebut bisa digunakan sebagai cara membuat layang-layang yang keren banget.

Berbagai model layangan bisa diciptakan dengan bahan yang sudah disebutkan sebelumnya. Mulai dari cara membuat layang-layang model hewan, perahu, tokoh kartun, dan masih banyak lagi. Tertarik mencoba cara membuat layang-layang?

Berikut Liputan6.com ulas kumpulan cara membuat layang-layang yang keren dari berbagai sumber, Rabu (15/9/2021).

2 dari 6 halaman

Cara Membuat Layang-Layang dari Bambu

Alat dan Bahan:

- Siapkan 1 bilah bambu tipis dengan panjang 70 cm dan lebar 1 cm

- 1 bilah bambu tipis, lebar 1 cm dan panjang sekitar 40-60 cm

- Kertas minyak

- Benang

- Spidol

- Gunting

- Solasi

- Pita gulung yang tebal

- Meteran

Cara membuat layang-layang:

1. Langkah pertama cara membuat layang-layang, taruh kedua bilah bambu dengan posisi silang dan letakkan bambu pendek pada 1/3 bagian bambu yang panjang.

2. Setelah itu cara membuat layang-layang adalah ikat kedua bambu dengan benang dan kaitkan keempat ujung bambu tersebung dengan benang, maka rangka layang-layang membentuk segi tiga. Lalu letakkan kerangka di atas kertas minyak.

3. Kemudian cara membuat layang-layang, gambar tanda memakai spidol pada kertas minyak, usahakan mengikuti rangka layang-layang.

4. Potong kertas minyak sesuai pola dan lem kertas pada bagian rangka memakai solasi. Pastikan lebar sisa kertasnya dilipat dan melewati benang sebelum disolasi.

5. Untuk ekornya potong pita yang fungsinya juga untuk menyeimbangkan.

6. Kemudian cara membuat layang-layang, buat lubang di bagian tengah layang-layang tempat bertemunya persilangan kerangka dari bambu. Lalu masukkan senar layangan pada lubang dan ikat.

7. Buat lubang di bawah titik tengah sekitar 7 cm dari bagian bawah layangan dan tautkan benang dari titik tengah menuju lubang di bawahnya.

8. Layang-layang sudah jadi.

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Layang-Layang dari Kertas

Alat dan Bahan:

- Kertas

- Staples

- Benang

- Spidol warna-warni

Cara membuat layang-layang:

1. Langkah pertama cara membuat layang-layang, hias kertas dengan spidol warna-warni. Lalu lipat jadi dua agar tepian pendek saling bertemu.

2. Kemudian cara membuat layang-layang ukurlah sekitar 6 cm dari satu tepian lalu tandai dan letakkan di sepanjang bagian bawah kertas 12 cm dari tepi.

3. Setelah itu Anda dapat melipat satu tepi ke tanda pertama dan ambil sisi kertas satunya lagi dan lipatlah juga tanpa menekannya.

4. Buat lubang di tanda kedua lalu masukkan benang layang-layang.

5. Ikat dengan kencang pada bagian tepi kertas.

6. Layang-layang Schaefer sudah jadi

4 dari 6 halaman

Cara Membuat Layang-Layang dari Pipa

Alat dan Bahan:

- Kertas konstruksi

- Benang

- Pembersih pipa / tongkat-tongkat

- Gunting

- Pensil / spidol warna (opsional)

- Selotip (opsional)

- Penggaris

Cara membuat layang-layang:

1.  Pilihlah satu lembar kertas besar untuk membentuk badan layang-layang. Tetapi jika terpaksa tidak punya kamu bisa menyatukan empat potong kertas dengan menggunakan selotip, namun kamu harus menyatukannya dengan benar dan teliti.

2. Cara membuat layang-layang tidak perlu kertas baru, kamu juga bisa menggunakan kertas bekas yang menumpuk di rumahmu.  Pastikan ukuran kertas tersebut satu ukuran ya.

3.  Gunakan selotip untuk menyatukan dua potong kertas yang membentuk bagian atas, cara membuat layang-layang satukan juga dua potong kertas untuk membentuk bagaian bawah.

4. Selanjutnya cara membuat layang-layang, satukan kedua bagian tersebut dengan menggunakan selotip. Pastikan kedua bagian tersebut terpasang dengan  kencang ya!

5.  Kemudian dari kertas yang telah digabungkan tadi, gambarlah menjadi bentuk layang-layang. Cara membuat layang-layang mudah, kamu cukup memotong saja keempat sudutnya, pastikan bentuknya proporsional.

6. Bentuk layang-layang perlu sedikit lebih panjang di bagian bawah kurang lebih sekitar 7,62 cm dari titik puncak di mana dua sudut kanan dan kiri layang-layangmu berada.

7.  Setelah bentuk layang-layang tersebut selesai, cara membuat layang-layang selanjutnya buat bagian kerangka agar lebih kuat saat terbang.

8. Caranya dengan mengikat dau tongkat menjadi satu, kamu bisa menggunakan tusuk sate sebagai tongkat. Hati-hati ya jangan sampai tertusuk.

9. Cara membuat layang-layang bagian menyambungkan tongkatnya adalah terlebih dahulu sejajarkan dengan kertas yang sudah dipotong menjadi bentuk layang-layang.

10. Setelah dirasa pas, ikatlah sekencang mungkin dengan benang, benang apa saja yang dapat mengikat kencang kedua tongkat tersebut. 

11. Langkah cara membuat layang-layang selanjutnya, buatlah lubang pada kertas yang sudah berbentuk layang-layang tadi  pada setiap sudutnya.

12. Masukkan benang melalui setiap lubang. Sisakan sedikit tambahan pada bagian atas untuk memasukkan pita. Kemudian ikat tongkat sesuai dengan kertas berbentuk layang-layang tersebut.

13. Cara membuat layang-layang selanjutnya, ikat benang ke sisi kanan dan kiri tongkat horizontal. Lalu ikat benang ke tengah-tengah bagian layang-layang agar menjadi benang untuk menerbangkan layang-layang. 

14. Usahakan benang ini panjang sepanjang kamu membutuhkan untuk menerbangkan layang-layang kamu. Selanjutnya, kamu bisa menambahkan hiasan pada ujung layang-layang untuk menambah beban serta kemampuan melayang. 

15. Caranya dengan ikat kertas atau pita pada sudut-sudut layang-layang untuk membentuk ekor.  Kamu juga bisa menghias dengan lukisan pada kayang-layangmu, agar layang-layangmu makin terlihat cantik!

16. Layang-layang kamu siap diterbangkan. Carilah angin yang sepoi-sepoi untuk menerbangkan layang-layangmu, kamu  juga bisa meminta bantuan teman untuk tahap awal menerbangkan layang-layangmmu. Selamat bermain!

5 dari 6 halaman

Cara Membuat Layang-Layang dari Plastik

Alat dan Bahan:

- Kantong sampah plastik ukuran 183 x 2,54 cm

- Plester

- Gunting

- Pasak sekitar 0,3 cm sebanyak 2 buah

Cara membuat layang-layang:

1. Langkah pertama cara membuat layang-layang, potong layar dari kantong sampah berbahan plastik tipis. Caranya adalah dengan melipat kantong menjadi dua lalu memotongnya sama besar. Kemudian tempel pasak 0,3 cm secara vertikal memakai plester dengan melipat seimbang plester.

2. Setelah itu cara membuat layang-layang tempelkan lagi pasak berukuran 0,3 cm secara horizontal menggunakan plester. Lalu, kedua tongkat tadi bisa bersilangan di lubang layar dan rekatkan 4 buah plester di tongkat dekat lubang tengah.

3. Langkah berikutnya cara membuat layang-layang bisa melengkungkan perentang dengan memberikan garis tekanan di bagian belakang.

4. Setelah itu Anda bisa tempel pada satu sisi perentang dengan menggunakan plester. Kemudian tariklah menjadi lengkung 5 cm.

5. Langkah cara membuat layang-layang berikutnya yaitu tempelkan ke sisi perentang yang satunya menggunakan plester.

6. Kemudian Anda mengikatkan ekor pada bagian bawah. Buatlah ekor layang-layang sesuai selera.

7. Pasang benang layang-layang di bagian kedua tongkat bersilang

8. Layang-layang siap digunakan

6 dari 6 halaman

Cara Membuat Layang-Layang dari Kertas A4

Alat dan Bahan:

- Kertas A4 sebanyak 1 lembar

- Spidol warna

- Penggaris

- Pena

- Benang

- Staples

- Pelubang kertas

Cara membuat layang-layang:

1. Langkah pertama cara membuat layang-layang, gunakan selembar kertas cetak biasa. Ukuran kertas tersebut 8 1/2 x 11 inci. Hiaslah dengan memakai spidol warna atau pensil. Kemudian Lipat menjadi dua hingga beberapa tepi saling bertemu.

2. Setelah itu ukur 6 cm dari satu tepi. Lalu cara membuat layang-layang tandai untuk jadi referensi nantinya dan buat juga tanda kedua di sepanjang sisi bawah kertas 12,5 cm dari tepi.

3. Langkah berikutnya lipat satu tepi ke tanda pertama, pastikan untuk tidak menekannya

4. Kemudian ambil segi kertas yang satunya lagi serta lipat juga dengan tanpa menekannya.

5. Setelah itu cara membuat layang-layang gunakan staples di beberapa tepi itu ke sisi tengah kertas.

6. Buat lubang di tanda kedua untuk benang layang-layang. Lalu cara membuat layang-layang ikat dengan kencang di tepi kertas.

7. Layang-layang lebah sudah jadi.