Sukses

10 Wisata Temanggung Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi, Alamnya Memesona

Liputan6.com, Jakarta Wisata Temanggung bisa menjadi pilihan destinasi liburan yang seru di Jawa Tengah. Pasalnya, sebagian besar wilayah Kabupaten Temanggung merupakan dataran tinggi dan pegunungan, yakni bagian dari rangkaian Dataran Tinggi Dieng.

Wisata Temanggung menawarkan destinasi mulai dari alam hingga sejarah. Dari Temanggung kamu bisa menyaksikan pemandangan empat gunung dengan pesonanya masing-masing. Pemandangan Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing bisa kamu nikmati di sini. 

Hamparan pegunungan yang sejuk menjadi andalan wisata Temanggung. Berbagai destinasi wisata Temanggung juga memiliki medan yang mudah diakses dan fasilitas yang lengkap. Jika kamu sedang berada di kabupaten ini, menyempatkan waktu untuk menyambangi salah satu wisata Temanggung tak akan membuat kamu menyesal.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (15/9/2021) tentang tempat wisata Temanggung.

2 dari 4 halaman

Wisata Sejarah

Candi Pringapus

Wisata Temanggung yang pertama adalah wisata sejarah berupa candi. Salah satu candi yang paling terkenal di Temanggung adalah candi Pringapus. Candi berartistik hindu sekte Shiwaistis ini berlokasi di Desa Pringapus Kecamatan Ngadirejo. Candi Pringapus kini masih ramai dikunjungi baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Candi ini terbilang cukup unik karena berada persis di tengah pemukiman padat penduduk. Di lokasi ini terdapat berbagai temuan arca bernuansa Hindu yang erat kaitannya dengan Dewa Siwa. Pringapus pertama kali dibangun sekitar tahun 772 C atau 850 Masehi. Candi ini juga diduga merupakan replika Mahameru, nama sebuah gunung tempat tinggal para dewa.

Monumen Meteorit

Monumen meteorit dibangun untuk mengingat peristiwa alam jatuhnya meteor di Desa Wonotirto pada hari Jumat tanggal 11 Mei 2001. Setelah dilakukan penelitian, kemudian pemerintah daerah Temanggung memutuskan untuk membangun monumen tepat di lokasi jatuhnya meteor tersebut yang diresmikan tanggal 18 Februari 2002. Museum Rekor Indonesia ( MURI ) sendiri menempatkan monumen ini sebagai satu-satunya monumen tempat jatuhnya meteor di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara.

Wisata Temanggung ini berada di Desa Wonotirto, Kecamatan Bulu, Temanggung. Monumen ini menjadi salah satu objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, apalagi didukung dengan panorama alam yang indah, serta udara pegunungan yang sejuk dengan latar belakang Gunung Sumbing.

3 dari 4 halaman

Wisata Temanggung Alam

Wisata Alam Posong

Berada di kaki gunung Sindoro, Posong menyajikan 7 keindahan gunung sekaligus. Gunung-gunung ini adalah Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Gunung Ungaran, Gunung Muria, Gunung Merapi dan Gunung Telomulyo. Nama posong berasal dari kata "pos" dan "kosong" yang sengaja dibuat oleh Pangeran Diponegoro pada zaman penjajahan untuk memancing pihak Belanda melakukan penyerangan di pos yang ternyata kosong.

Kini wilayah Posong telah menjelma menjadi destinasi wisata Temanggung pegunungan yang tak pernah sepi pengunjung. Posong berada di Desa Tlahap, kecamatan Kedung, Temanggung dengan ketinggian sekitar 2.000 mdpl. Wisata alam Posong juga cocok dijadikan sebagai tempat untuk berekreasi bersama keluarga, berkemah bersama teman-teman, atau sekadar melepas penat.

Jumprit

Jumprit adalah wisata Temanggung berupa mata air dan hulu Sungai Progo yang diyakini sebagai petilasan pada zaman majapahit. Jumprit juga merupakan tempat pengambilan air suci untuk upacara Waisak yang diadakan di Borobudur. Setiap tahun, para pemeluk agama Buddha dari berbagai tempat dan negara datang ke Jumprit untuk mengambil air suci. Tempat ini menjadi ramai tiap menjelang bulan purnama di bulan Mei.

Jumprit terletak di Kecamatan Ngadirejo, 26 km dari Kota Temanggung, Jawa Tengah. Udara di tempat ini sangat sejuk dan airnya menyegarkan. Tempat ini juga sudah dikelola sebagai wana wisata oleh Perum Perhutani KPH Kedu Utara. Di kawasan petilasan dan sendang ini, terdapat ratusan monyet ekor panjang, yang dipercaya sebagai keturunan dari Ki Dipo, yakni monyet peliharaan Pangeran Singonegoro yang bisa berbahasa manusia.

Embung Kledung

Embung Kledung merupakan waduk buatan yang diapit oleh gunung Sindoro dan gunung Sumbing. Embung ini didirikan di bekas lahan tembakau dan mempunyai luas sekitar 83x83 meter. Wisata Temanggung ini berfungsi untuk menyimpan cadangan air guna kepentingan pengairan perkebunan yang ada di Kledung dan sekitarnya.

Tidak hanya berfungsi sebagai pengairan, danau berbentuk persegi dengan panjang tiap sisinya mencapai 83 meter dengan kedalaman air tiga meter ini juga menjadi tempat wisata. Di sekitar Embung Kledung kamu juga bisa menikmati hamparan aneka kebun teh, tembakau, kentang, wortel, strawberry, tomat, dan sayur mayur lainnya.

Embung Tlogopucung

Wisata Temanggung berikutnya adalah Embung Tlogopucung. Daya tarik Embung satu ini adalah panorama alam yang indah, dipadu dengan beragam spot yang kekinian.

Hampir sama dengan Embung Kledung, di Embung Tlogopucang kamu bisa melakukan aktivitas camping. Lokasi dan alamat Embung Tlogopucang berada di Desa Tlogopucang, Kecamatan Kandang, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.

4 dari 4 halaman

Wisata Temanggung Curug

Curug Lawe

Curug Lawe berada di Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Temanggung. Curug Lawe berada di Kawasan hutan lindung daerah Muncar. Air terjun ini disebut lawe karena air yang jatuh dari tebing curam itu terlihat bagai benang-benang putih, yang dalam bahasa jawa disebut lawe. Curug lawe menawarkan kesejukan udara khas pegunungan. Wisata Temanggung ini banyak dikunjungi wisatawan saat liburan tiba.

Curug Surodipo

Curug Surodipo diapit oleh beberapa tebing yang kehijauan mengalirkan air dari ketinggian sekitar 120 meter. Wisata Temanggung ini terletak di Desa Tawangsari Kecamatan Wonoboyo. Curug Surodipo juga sering disebut dengan curug Trocoh karena air terjun ini berhenti mengalirkan air, bahkan ketika musim kemarau panjang. Curug Surodipo ini juga merupakan air terjun tertinggi yang ada di Temanggung.

Curug Titang

Curug Titang merupakan sebuah air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 10 meter. Wisata Temanggung ini dikelilingi oleh pemandangan alam yang sangat asri.

Kamu bisa mencapai tempat ini dengan trekking terlebih dahulu. Lelahnya perjalanan akan terbayar dengan keindahan air terjun yang begitu memukau. Aliran airnya cukup deras dan juga jernih. Warna kolam utamanya membentuk warna hijau tosca. Lokasinya berada di Dusun Titang, Desa Nampirejo, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.

Curug Onje

Pesona Curug Onje terletak pada air terjunnya yang memiliki 2 undakan utama, serta air terjun yang sangat lebar. Di masing-masing undakan utama, terdapat undakan kecil dari bebatuan, sehingga menyajikan panorama air terjun yang eksotis. Lokasinya berada di Desa Duren Fusun Ngliyangan, Kecamatan Bejen, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.