Sukses

8 Bangunan Ikonik di Dunia Ini Desainnya Mirip Banget, Bikin Terkecoh

Bangunan ikonik dunia ini ternyata punya ‘kembaran’ di negara lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Bangunan ikonik menjadi salah satu tujuan wisatawan ketika mengunjungi sebuah negara. Meski sudah berusia ratusan tahun, bangunan terkenal yang sudah dikenal di seluruh dunia ini tetap kokoh dan estetik.

Setiap negara pasti mempunyai bangunan ikonik bahkan menjadi landmark negara tersebut. Melihat bangunan ikonik tersebut tentunya banyak mengira jika arsitektur bangunan tersebut adalah salah satunya. Namun ternyata, sederet bangunan terkenal dunia ini mirip dengan arsitektur bangunan lainnya di negara lain.

Tak hanya satu atau dua sisi bangunan yang mirip, tetapi hampir seluruh detail arsitektur bangunannya terlihat mirip bahkan sampai sulit untuk dibedakan. Jika disandingkan, bangunan ikonik dunia dengan bangunan lainnya dari negara lain ini sukses bikin terkecoh.

Meski mirip dan susah dibedakan, bangunan ikonik dunia yang punya ‘kembaran’ ini pasti punya sejarah yang berbeda. Sejarah inilah yang membuat bangunan punya keunikannya masing-masing.

Berikut Liputan6.com merangkum dari Brightside tentang bangunan ikonik dunia punya ‘kembaran’ dan sulit dibedakan, Rabu (15/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. The Capitol (USA) — El Capitolio (Kuba)

Bangunan ikonik yang pertama adalah The Capitol di Amerika Serikat dan El Capitolio di Kuba. Melihat dari gambar, dua bangunan ikonik ini punya arsitektur bangunan yang sangat mirip dan sulit dibedakan.

The Capitol yang terletak di Amerika Serikat adalah tempat kongres mengadakan pertemuan, itulah sebabnya gedung The Capitol selalu masuk dalam daftar yang harus dilihat turis yang datang ke Washington.

Arsitektur bangunan serupa juga dapat ditemukan di Kuba. Havana Capitol terletak di pusat kota, dan di aula utama gedung yang merupakan tanda Nol Kilometer yang dihiasi dengan berlian 25 karat.

3 dari 9 halaman

2. The Colosseum (Italia) — Amfiteater Pula (Kroasia)

Bangunan Colosseum di Roma Italia tentunya sudah sangat mendunia. Masyarakat dunia sangat mengenal bangunan bersejarah di Italia ini. Rupanya The amphitheater of Pula yang terletak di Kroasia mempunyai aristektur bangunan yang mirip dengan Colosseum di Roma Italia.

Colosseum adalah konstruksi Roma Kuno yang megah. Setiap tahun, tempat ini dikunjungi oleh sekitar 6 juta wisatawan. Fakta ini membawa beberapa kerugian, seperti antrean panjang dan tiket masuk yang cukup mahal.

Amphiteater yang cukup mirip dapat ditemukan di kota Kroasia, Pula. Untuk mengunjunginya, Anda harus membayar sedikit lebih dari $7 (atau lebih kurang setara dengan Rp 99 ribu). Perbedaannya cukup besar karena lebih sedikit wisatawan dan harga yang lebih rendah.

4 dari 9 halaman

3. Big Ben (Great Britain) — Peace Tower (Kanada)

Big Ben adalah bangunan Ikonik di negara Inggris. Peace Tower di Kanada juga ternyata punya desain yang hampir mirip dengan Big Ben. Big Ben sebenarnya adalah menara jam Istana Westminster. Pada 2012, konstruksinya resmi berganti nama menjadi Elizabeth Tower. Sayangnya, hingga Februari 2021, menara ini masih dalam tahap rekonstruksi dan tidak ada kunjungan wisata yang dapat diadakan di sana.

Sementara di ibu kota Kanada, Ottawa, wisatawan dapat menemukan sesuatu yang disebut Menara Perdamaian yang sama spektakulernya dengan doppelganger Inggrisnya. Peace Tower berfungsi sebagai bagian dari gedung parlemen. Uang pecahan $20 dolar Kanada menggambarkan menara ini

5 dari 9 halaman

4. Akropolis Athena (Yunani) — Ephesus (Turki)

Yunani dan Turki adalah dua negara yang punya ragam keunikan dan kental akan sejarah. Dua negara ini ternyata punya bangunan yang mirip bahkan sampai sulit dibedakan yaitu Akropolis Athena yang terletak di Yunani dan Ephesus yang terletak di Turki.

Akropolis Athena adalah benteng tua yang sangat populer di kalangan wisatawan. Ada begitu banyak turis di sini, sehingga untuk mengambil gambarnya cukup sulit karena harus menunggu sepi.

Kota kuno Ephesus di Turki dapat dengan mudah bersaing dengan situs ini. Saat di Ephesus, wisatawan dapat melihat kompleks besar dengan berbagai konstruksi yang sama menariknya dengan pemandangan kembarannya.

6 dari 9 halaman

5. Karlovy Vary (Republik Ceko) — Rosa Khutor (Rusia)

Bangunan selanjutnya yang punya kemiripan adalah Karlovy Vary (Republik Ceko) dan Rosa Khutor (Rusia). Melihat dari gambar, dua arsitektur bangunan ini terlihat sama persis bahkan bisa saja sampai bikin orang terkecoh.

Karlovy Vary adalah kota resor unik yang terkenal di seluruh dunia karena resor kesehatannya. Kombinasi indah dari udara segar dan arsitektur penuh warna menarik ratusan ribu turis sepanjang tahun.

Sementara Rosa Khutor sama indahnya dengan Karlovy Vary. Rosa Khutor adalah sebuah resor ski bernama yang terletak di tepi sungai, Mzymta. Setiap tahun, semakin banyak orang mengunjungi tempat ini.

7 dari 9 halaman

6. Jembatan Menara (Inggris) — Jembatan Suzhou (Cina)

Jembatan yang terletak di Inggris dan China adalah tempat ikonik yang sangat unik. Keduanya terlihat sangat mirip bahkan sampai sulit untuk dibedakan.

Tower Bridge atau Jembatan Menara menawarkan desain suspensi dan jembatan gantung pada saat yang bersamaan. Jembatan inilah yang menjadi simbol London yang terkenal di dunia.

Sementara di kota Cina Suzhou, ada replika jembatan London. Versi Asia berbeda dari aslinya dengan konstruksi ganda, karena tidak memiliki fungsi jembatan gantung.

8 dari 9 halaman

7. Taj Mahal (India) — Bibi Ka Maqbara (India)

Sama-sama terletak di India, Taj Mahal dan Bibi Ka Maqbara arsitektur bangunannya terlihat sangat mirip. Wisatawan bisa saja terkecoh ketika ingin berkunjung jika tidak diperhatikan dengan detail.

Taj Mahal terletak di kota India, Agra. Bangunan ini memiliki fungsi ganda yakni berfungsi sebagai masjid dan mausoleum. Sekitar 22.000 pekerja mengerjakan Taj Mahal tersebut. Setiap tahunnya, sebanyak 7 hingga 8 juta turis datang ke tempat ini untuk melihatnya. Situs ini buka sepanjang minggu, kecuali hari Jumat.

Sementara Bibi Ka Maqbara adalah sebuah makam yang terletak di kota Aurangabad, wisatawan dapat menemukan kemiripan yang jelas pada arsitekturnya. Kompleks ini sedikit lebih kecil dari aslinya.

9 dari 9 halaman

8. Menara Eiffel (Prancis) — Menara “Eiffel” (Cina)

Dalam benak banyak orang, Menara Eiffel tentunya hanya satu bukan? Tetapi rupanya Asia juga punya Menara Eiffel. Menara Eiffel yang terkenal, yang dibangun pada tahun 1889, adalah bagian arsitektur yang paling dikenal di Paris, Prancis. Tingginya berdiri di 1.063 kaki.

Wisatawan Asia juga dapat menemukan salinan persis dari menara ini di kota China, Hangzhou, di taman area perumahan yang dikenal sebagai Tianducheng.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.