Sukses

15 Jenis Koi yang Banyak Diminati, Karakteristiknya Unik

Liputan6.com, Jakarta Jenis ikan koi ada banyak sekali dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Berbagai jenis koi dibedakan dari warna, corak, pola, dan ukurannya. Ikan koi dipercaya dapat membawa banyak peruntungan bagi pemeliharanya, loh.

Apa saja jenis koi yang banyak diminati? Mayoritas jenis koi yang banyak diminati memiliki karakteristik yang unik dan tidak banyak beredar dipasaran. Kemudian jenis koi tersebut tergolong ikan yang jinak, artinya mudah ditaklukkan oleh pemiliknya.

Jenis koi yang banyak diminati pun umumnya memiliki ciri yang sehat dan tak memiliki kecacatan. Posturnya yang simetris, seperti garis punggungnya lurus, sirip sempurna, panjang serta tinggi seimbang, dan selalu aktif. Tertarik memelihara?

Berikut Liputan6.com ulas jenis koi yang banyak diminati dari berbagai sumber, Kamis (16/9/2021).

2 dari 4 halaman

Jenis Koi yang Banyak Diminati

1. Jenis koi Tancho

Ikan koi Tancho diberi nama sesuai dengan burung nasional Jepang, Tancho Crane, yang memiliki bintik merah menonjol di kepalanya. Jenis ikan koi Tancho,  sederhana, ramping, dan dikenal untuk pigmentasi merek dagang (bintik merah) di kepalanya.

Tancho Kohaku adalah Tancho paling indah. Warnanya putih salju dan memiliki bintik merah-merah di kepalanya. Tempat ini secara tradisional berbentuk bundar, tetapi dapat ditemukan dalam bentuk simetris lainnya juga.

Untuk jatuh di bawah payung Tancho, titik di kepala harus simetris, apakah berbentuk lingkaran, oval, berbentuk hati, atau berbentuk berlian. Ini jenis koi yang banyak diminati dan wajib dimiliki.

Titik harus merupakan ukuran yang mendominasi dan tidak boleh berbintik-bintik. Karakteristik yang menentukan dari ikan koi Tancho adalah tempat tunggal, jelas, menonjol, berwarna merah.

Varietas Tancho lain yang umum ditemukan termasuk Tancho Showa dan Tancho Sanke. Koi jenis ini sangat dihormati di industri Jepang. Hal ini lantaran koi tancho disebut mirip dengan Grus japonensis atau red crowned crane.

Jenis koi ini dianggap sebagai pembawa keberuntungan sehingga digemari banyak orang. Harga ikan koi tancho ditaksir kurang lebih Rp 800 ribu.

2. Jenis koi Goshiki

Goshiki  berarti lima warna. Jenis ikan koi ini memiliki tubuh yang solid, berwarna putih dengan pola jaring hitam-biru seperti Asagi yang menyebar ke seluruh tubuhnya. Ini adalah hasil persilangan antara ikan Asagi dan Kohaku koi.

Ini jenis koi yang banyak diminati dan wajib dimiliki. Jika koi ini dirawat dengan cara yang benar dan warna berkembang dengan benar, ikan koi Goshiki adalah ikan hias yang menakjubkan.

3. Jenis koi Kinginrin

Ciri-ciri ikan koi kinginrin memiliki tubuh seperti ikan mas. Warna kulitnya kuning, tidak menampakkan bahwa ia jenis ikan Koi. Ini jenis koi yang banyak diminati dan wajib dimiliki. Namun, rupanya memang ia salah satu jenis Koi hasil persilangan. Kamu dapat menemukannya dengan harga cukup mahal, yaitu Rp. 900 ribu per ekornya.

4. Jenis koi Matsuba

Matsuba adalah jenis ikan koi yang memadukan dasar berwarna metalik yang solid dengan pola jaring hitam. Warna dasar matsuba dapat bervariasi. Gin natsuba memiliki warna dasar putih, sedangkan koi matsuba memiliki warna dasar kuning, dan aka matsuba memiliki warna dasar merah. Ini jenis koi yang banyak diminati dan wajib dimiliki. Sementara itu, ada satu-satunya variasi matsuba adalah doitsu matsuba. Jenis matsuba biasa ditemukan di pasaran dengan kisaran harga Rp. 500 ribu.

5. Jenis koi Ogon

Dengan warna kuning keemasan ikan ini digilai oleh para kolektor ikan koi. Koi Ogon adalah jenis persilangan antara Koi berpunggung kuning dengan jenis Shiro-Fuji. Ini jenis koi yang banyak diminati dan wajib dimiliki. Awal percobaan belum menghasilkan warna emas seluruh tubuh, namun setelah 6 kali generasi keturunan dari Koi yang disilangkan itu, jadilah si Ogon emas yang eksotis. Ikan ini cukup mahal untuk didapatkan, namun masih di bawah goromo, yaitu sekitar Rp. 1,5 juta.

3 dari 4 halaman

Jenis Koi yang Banyak Diminati

6. Jenis koi Asagi

Ikan koi Asagi memiliki pola berwarna biru seperti jaring di bagian atas tubuh mereka dengan warna merah-oranye di perut, sirip, pelat insang, dan tubuh. Jenis ikan koi Asagi yang tubuhnya lebih merah dari biasanya dikenal sebagai Hi Asagi. Jenis lain dari Asagi yang juga cukup populer adalah Taki Asagi. 

Ikan ini memiliki pola jaring berwarna biru dan warna merah yang khas dengan garis sisik berwarna putih yang membentang di antara area berpigmen merah dan biru pada tubuh ikan. Warna kepala biasanya putih atau biru pucat.

Harga ikan koi asagi ditaksir kurang lebih Rp 1,1 juta per ekor. Ini jenis koi yang banyak diminati dan wajib dimiliki. Semakin banyak dominan warna birunya, maka ikan koi asagi akan semakin mahal.

7. Jenis koi Sanke

Taisho Sanke  juga dikenal sebagai Taisho Sanshoku atau hanya Sanke. Sanshoku berarti tiga warna. Nama ini sesuai dengan kehadiran tiga warna pada tubuh jenis koi - putih, merah, dan hitam. 

Ini sangat mirip dengan koaku Kohaku. Sama seperti Kohaku, ia memiliki tubuh putih (shiroji) dengan tanda berwarna merah (hai). Satu-satunya perbedaan adalah adanya tanda hitam (tanda Sumi) di tubuhnya. 

Taisho Sanke adalah di antara 'Tiga Besar' di dunia ikan koi. Jenis ikan koi Sanke biasanya memiliki kepala yang terdiri dari dua warna, yaitu putih dan merah, dan tidak memiliki tanda Sumi. 

Perbedaan lain antara Sanke dan Kohaku adalah bahwa tanda merah dimulai dari bagian atas kepala, sehingga wajahnya pada umumnya jernih. Ini jenis koi yang banyak diminati dan wajib dimiliki.

Sirip dada berwarna putih di pangkalan dengan beberapa tanda Sumi. Ikan koi sanke amat mudah ditemukan di pasar ikan hias. Harga jenis koi ini ditaksir Rp 300 ribu per ekor.

8. Jenis koi Showa

Showa  juga dikenal sebagai Showa Sanshoku atau Showa Sanke. Seperti yang disebutkan sebelumnya, sanshoku berarti tiga warna. Showa mendapatkan namanya karena kehadiran warna putih, merah, dan hitam di tubuhnya.

Showa sangat mirip dengan Sanke. Perbedaan utama kedua jenis ikan koi ini adalah Karasu (tubuh berwarna hitam) dari Showa. Showa memiliki tanda berwarna putih dan merah di atas sebagian besar tubuh atau pangkalan berwarna hitam. Ini jenis koi yang banyak diminati dan wajib dimiliki.

Tidak seperti Sanke, ikan Showa koi memiliki pola hitam yang mengalir di seluruh tubuh mereka. Ikan Sanke koi, di sisi lain, hanya memiliki pola hitam di bagian atas tubuhnya. Selain itu, Showa memiliki pola hitam di kepala mereka, yang tidak demikian dengan Sanke.

Tanda-tanda putih, merah, dan berwarna hitam didistribusikan secara merata di seluruh tubuh, dengan margin bersih dan renyah di antara setiap warna. Ikan koi showasansoku akan tampak sangat indah saat berenang bebas di kolam. Harga jenis koi ini ditaksir Rp 1 juta per ekor.

9. Jenis koi Kohaku

Kohaku dianggap sebagai raja dari semua ikan koi. Ini adalah varietas pertama ikan koi yang dikembangkan dengan dua warna. Keindahan sederhana dan megahnya menjadikannya pilihan favorit untuk akuarium atau kolam koi.

Jenis ikan koi Kohaku memiliki tubuh yang berwarna putih yang menakjubkan (shiroji), dengan bercak merah menambahkan sedikit warna pada tampilan seragamnya. Sebagian besar ikan Kohaku memiliki hidung berwarna kekuningan.

Tanda merah, yang secara tradisional disebut hai, ada dua jenis. Jenis pertama adalah merah yang memiliki warna ungu. Tanda-tanda ini tampak cukup tebal, tetapi seiring bertambahnya usia ikan, tanda-tanda itu memudar, mengakibatkan tidak adanya margin yang tajam.

Warnanya oranye-merah tetapi jauh lebih sulit dipertahankan. Tanda-tanda ini memiliki margin tajam yang cukup terlihat antara putih dan merah. Ikan Kohaku dengan tanda oranye-merah adalah pilihan yang disukai orang-orang yang berpengalaman merawat ikan koi.

Harga ikan koi kohaku ditaksir kurang lebih Rp200 ribu. Tetapi, ikan koi jenis ini juga pernah terjual Rp 1,1 miliar di ajang perlelangan ikan koi Nigata Jepang pada tahun 2010 lalu. Ini jenis koi yang banyak diminati dan wajib dimiliki.

10. Jenis koi Hikarimono

Hikarimono mempunyai warna dasar putih pucat dengan pola hitam blur di punggungnya. Pola itu berbentuk seakan-akan seperti tulang yang tergambar pada ikan tersebut. Ini jenis koi yang banyak diminati dan wajib dimiliki. Jenis ikan koi ini cukup susah untuk kamu dapatkan. Selain itu ikan ini juga terbilang mahal sekitar Rp. 700 ribu per ekornya.

4 dari 4 halaman

Jenis Koi yang Banyak Diminati

11. Jenis koi Hariwake

Bisa dibilang Doitsu Hariwake adalah jenis ikan Koi paling mewah. Tubuhnya warna putih keperakan bak mutiara. Ada corak kuning muda di beberapa lokasi menyebar. Ini jenis koi yang banyak diminati dan wajib dimiliki. Siripnya warna putih keperakan pula. Bola matanya yang satu sisi berkelopak putih dan kelopak yang satunya lagi kuning. Dari harganya juga sudah terlihat ikan satu ini cukup ekslusif, yaitu mencapai Rp 700 ribu.

12. Jenis koi Goromo

Jenis ikan koi goromo, pada dasarnya adalah Kohaku dengan tepi biru atau hitam ditambahkan ke setiap skala merah. Ada tiga sub jenis goromo yang diketahui hingga kini, yaitu budo goromo, ai goromo dan sumi goromo.

Budo goromo memiliki tepi biru di luar skala yang menciptakan efek cluster seperti anggur. Ini jenis koi yang banyak diminati dan wajib dimiliki. Ai goromo memiliki tepian biru hanya di bagian dalam sisik merah.

Sementara sumi goromo memiliki tepi hitam pada sisik yang dapat membuat polanya tampak hampir sepenuhnya hitam. Ikan ini dihargai mulai dari Rp. 1,8 jutaan, cukup sepadan dengan coraknya yang sangat indah.

13. Jenis koi Utsuri

Utsuri  bukan hanya satu jenis ikan koi. Ini adalah nama kategori, Utsurimono, yang mencakup tiga jenis ikan koi Utsuri; Shiro Utsuri, Ki Utsuri, dan Hi Utsuri. Utsurimono berarti refleksi. Ikan koi yang termasuk dalam kategori Utsuri memiliki tubuh berwarna hitam (Karasu) dengan tanda merah (hi), putih (shiroji), atau kuning (ki).

Sumi melilit tubuh tepat di bawah garis lateral pada ikan koi Utsuri. Ini jenis koi yang banyak diminati dan wajib dimiliki. Tanda-tanda ini meluas ke ekor dari hidung dan seimbang di sepanjang tubuh serta di kedua sisi garis dorsal.

Kategori ini diberi nama Utsurimono untuk menunjukkan pola merah, putih, atau kuning yang menunjukkan pantulan warna pada tubuh ikan koi. Pola sumi di kepala ikan koi Utsuri mirip dengan yang ada di Showa, yaitu, tanda Sumi yang membelah wajah. Pola Sumi yang ada pada tubuh juga mirip dengan Showa. Pola Sumi besar, menonjol, reflektif hadir di seluruh tubuh.

14. Jenis koi Bekko

Arti harfiah dari Bekko adalah 'kulit kura-kura.' Bekko dan Utsuri sering membingungkan. Namun, fitur utama yang membantu membedakan keduanya adalah bahwa Utsuri memiliki dasar hitam dengan tanda berwarna putih, merah, atau kuning sedangkan Bekko memiliki dasar berwarna putih, merah, atau kuning dengan tanda Sumi (berwarna hitam). 

Kepala Bekko akan selalu bersih dari tanda-tanda Sumi. Ciri khas ikan koi Bekko adalah bahwa ia tidak memiliki tanda (tanda Sumi berwarna hitam) di kepala. Tanda Sumi akan menyebar ke seluruh tubuh putih, kuning, atau berwarna merah. Ini jenis koi yang banyak diminati dan wajib dimiliki. Varian Bekko yang diketahui adalah Shiro Bekko (tubuh putih), Aka Bekko (tubuh merah), dan Ki Bekko (tubuh kuning).

15. Jenis koi Shusui

Shusui adalah versi Asagi koi, tetapi perbedaannya adalah bahwa Shusui adalah Doitsu atau versi tanpa skala Asagi. Karena tidak adanya sisik di bagian atas tubuh, tidak ada pola seperti jaring berwarna biru. Sisik yang ada membentuk satu baris di sepanjang garis punggung tubuh.

Warna  kepala Shusui adalah biru pucat atau putih dan tidak memiliki tanda atau bintik. Kehadiran pipi yang memanjang dan berwarna merah adalah hal yang biasa terjadi pada ikan Shusui koi. Ini jenis koi yang banyak diminati dan wajib dimiliki. Tidak ada spesifikasi mengenai tanda-tanda pada tubuh kecuali untuk keberadaan satu deret sisik yang berjalan dengan rapi dan seragam di sepanjang bagian belakang.