Sukses

Apa Itu Telegram? Pahami Kelebihan yang Dimiliki

Apa itu Telegram adalah aplikasi layanan berkirim pesan instan multiplatform berbasis cloud yang gratis selamanya

Liputan6.com, Jakarta Apa itu Telegram adalah aplikasi layanan berkirim pesan instan multiplatform berbasis cloud yang bersifat gratis dan nirlaba. Tak hanya dapat digunakan melalui perangkat ponsel, apa itu Telegram adalah bisa digunakan melalui perangkat PC. Telegram adalah aplikasi messenger berbasis cloud mempunyai proses sinkronisasi yang mulus.

Telegram adalah mirip dengan WhatsApp, meski keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan berbeda. Apa itu Telegram adalah memiliki ukuran file lebih kecil dibanding aplikasi kirim pesan lainnya, sehingga lebih mudah dijalankan. Apa itu Telegram adalah bisa digunakan untuk berkirim pesan teks, foto, video, audio, dan berbagai macam berkas.

Keunggulan yang tak dimiliki dari platform berkirim pesan lain dibanding Telegram adalah aplikasi ini mampu bertukar dokumen dalam ukuran yang sangat besar. Apa itu Telegram adalah bisa berbagi file dengan ukuran hingga 1,5 GB per file-nya. Fitur berkirim file di telegram adalah lebih bervariasi, mulai dari doc, zip, mp3, dan masih banyak lagi.

Berikut Liputan6.com ulas lebih jauh tentang apa itu telegram dari berbagai sumber, Kamis (16/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Kelebihan Telegram

1. Gratis

Apa itu Telegram adalah aplikasi gratis dan akan terus gratis, tidak akan pernah ada iklan atau biaya lain untuk selamanya. Dulu WhatsApp sempat memberlakukan biaya per tahun, hingga akhirnya WhatsApp benar-benar gratis.

2. Mengirim Pesan Lebih Cepat

Banyak pengguna yang merasakan jika mengirim pesan via Telegram lebih cepat dibandingkan WhatsApp karena Telegram berbasis cloud. Kamu juga tak perlu khawatir Telegram mengambil ruangan penyimpanan di smartphonemu. Basis cloud dan pilihan manajemen cache, Apa itu Telegram adalah dapat mengambil hampir nol ruang pada smartphonemu.

3. Lebih Ringan Dijalankan

Ukuran aplikasi yang lebih kecil membuat telegram lebih mudah dijalankan. Telegram versi 3.8.1 pada iPhone yang dikeluarkan pada 28 April 2016 memiliki ukuran 33.1 MB. Sedangkan WhatsApp versi 2.16.2 pada iPhone yang dikeluarkan pada 13 April 2016 memiliki ukuran aplikasi 74.5 MB.

4. Sinkronisasi Cepat

WhatsApp maupun Telegram dapat diakses pada PC atau laptop. WhatsApp di PC mengharuskan aplikasi WhatsApp di smartphone tetap aktif. Sedangkan Apa itu Telegram adalah aplikasi messenger berbasis cloud mempunyai proses sinkronisasi yang mulus.

5. Berbagi File Lebih Besar

Apa itu Telegram adalah lebih dulu memberikan fitur berbagai file. Sementara WhatsApp baru-baru ini ada fitur berkitim file PDF. Tak hanya mengirim pesan, foto, dan video, telegram memberikan fitur berkirim file lebih bervariasi, mulai dari doc, zip, mp3, dll dengan ukuran maksimum 1.5 GB per file.

6. Menampung Grup Lebih Banyak

Grup WhatsApp hanya menampung maksimal 256, sudah meningkat dari seblumnya hanya 100 orang. Sementara pada situsnya, Apa itu Telegram menyebutkan jika grup Telegram bisa menampung anggota grup hingga 5.000 orang. Wow!

7. Fitur Channel

Proses penyiaran (broadcasting) dilakukan dengan benar menggunakan Channel. Channel dapat menampung jumlah anggota tak terbatas. Whatsapp tidak memiliki fitur untuk menangani penyiaran/broadcasting seperti Telegram.

8. Memiliki Fitur Bot

Fitur Bot adalah akun yang dijalankan oleh aplikasi (bukan) orang. Bot ini dilengkapi fitur AL (Artificial Intellegence–kecerdasan buatan). Bot dapat melakukan apa saja seperti game, broadcasting dan apa saja aktivitas di internet.

9. Lebih Interaktif

Apa itu Telegram adalah membuat grup chat lebih hidup dengan fitur Reply, Mentions, Hashtags, dan Forwards. Tak hanya itu, pengguna Telegram jika bisa membuat stiker sendiri.

3 dari 5 halaman

Mengenal Fitur Keamanan Telegram

1. Fitur Lock Chat

Adanya fitur ini, pengguna dapat memastikan akses Telegram di perangkatnya lebih aman, karena aplikasi dapat terkunci secara otomatis saat tidak digunakan. Jadi, pengguna tidak perlu khawatir untuk orang lain dapat melihat isi pesan yang dikirimkan lewat aplikasi ini.

Untuk mengaktifkannya, pengguna tinggal membuka fitur Settings, pilih Privacy and Security, lalu Passcode and Touch ID. Setelah itu, pasang PIN atau Touch ID, lalu pengguna tinggal memilih durasi waktu kapan fitur ini akan aktif.

2. Kirim Pesan Rahasia dengan Secret Chat

Sesuai namanya, fitur Secret Chat menawarkan keamanan yang lebih baik bagi pengguna saat melakukan percakapan di Telegram. Sebab, fitur ini akan mengaktifkan end-to-end encryption, sehingga tidak ada pihak ketiga yang bisa melihat percakapan.

Penggguna dapat mengaktifkan fitur ini dengan mengklik kontak orang yang akan dikirimkan pesan. Setelah itu, pilih Start Secret Chat pada ikon More.

3. Fitur Two-Step Verification

Saat fitur ini diaktifkan, pengguna akan diminta untuk selalu memasukkan password saat masuk ke akun Telegram di perangkat baru maupun lama. Password inin merupakan pelengkap fitur OTP (one-time password) saat pengguna masuk di perangkat baru.

Fitur ini akan sangat berguna untuk melindungi akun pengguna dari pencuri identitas yang berusah untuk meretas akun Telegram mereka.

4. Mendukung Server Proxy

Apa itu Telegram sudah mendukung server proxy. Jadi, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan IP address dengan cara menghubungkan akunnya ke server proxy khusus.

Secara garis besar, cara kerja fitur ini sama seperti VPN connection yang lazim digunakan banyak orang untuk melindungi identitas mereka di internet. Fitur ini dapat aktif dengan membuka Settings, pilih Data and Storage, lalu Proxy Settings.

5. Hapus Pesan yang Salah Kirim

Apa itu Telegram adalah memungkinkan pengguna untuk membatalkan atau menghapus pesan yang sudah terkirim. Fitur ini jelas membantu pengguna untuk menghindari pesan yang salah kirim dan dapat diatur kapan pun.

4 dari 5 halaman

Cara Menggunakan Telegram di PC Tanpa Aplikasi

1. Kunjungi situs web.telegram.org melalui web browser yang ada di PC kamu.

2. Selanjutnya kamu dianjurkan untuk mengisi negara dan memasukkan nomor ponsel yang digunakan. Nomor ponsel yang kamu masukkan tersebut nantinya akan dikirim kode verifikasi.

3. Klik ‘Selanjutnya’ atau ‘Next’.

4. Setelah menerima SMS yang berisikan kode verifikasi yang dikirimkan oleh Telegram, masukkan kode tersebut pada kolom kode yang tersedia. Lalu klik tombol ‘Next’.

5. Jika nomor ponsel tersebut telah terdaftar, maka kamu akan langsung ditujukan pada tampilan chat Telegram. Kemudian kamu pun bisa langsung mengirim berbagai file atau chatting di Telegram.

5 dari 5 halaman

Cara Menggunakan Telegram di PC

1. Buka desktop.telegram.org, unduh aplikasi Telegram melalui aplikasi browser di PC kamu.

2. Setelah web terbuka, kamu bisa klik ‘Get Telegram for Windows’, jika kamu menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows. Namun, kalau kamu menggunakan sistem operasi bukan Windows, kamu bisa klik pada pilihan ‘Show All Platforms’.

3. Pada pilihan ‘Show All Platform’, terdapat beberapa pilihan sistem operasi lainnya seperti MacOs, Linux 32 bit, dan Linux 64 bit. Silakan unduh aplikasi Telegram sesuai dengan sistem operasi yang kamu gunakan di PC atau laptop miliki mu.

4. Selanjutnya, tunggu proses unduhan hingga selesai.

5. Setelah aplikasi Telegram berhasil di unduh, selanjutnya install aplikasi tersebut dengan cara membuka aplikasi yang berhasil di unduh.

6. Kemudian akan muncul opsi untuk memilih bahasa yang ingin digunakan untuk menginstal aplikasi. Kamu bisa pilih ‘OK’ setelah bisa memilih bahasa yang digunakan.

7. Lalu klik tombol ‘Next’ pada opsi untuk memilih lokasi file aplikasi yang akan diinstal.

8. Klik toombol ‘Next’ pada opsi untuk membuat folder di Data C yang ada di PC kamu.

9. Klik tombol ‘Next’ pada opsi untuk membuat shortcut di Dekstop PC kamu.

10. Terakhir, klik tombol install dan tunggu proses install aplikasi Telegram hingga selesai.

11. Setelah aplikasi berhasil diinstal, klik tombol finish.

12. Kemudian buka aplikasi Telegram yang sudah terpasang pada PC kamu. Setelah aplikasi Telegram tersebut terbuka, nantinya akan muncul halaman pembuka lalu klik ‘Start Messaging’.

13. Pilih negara Indonesia pada bagian ‘Country Code’ (panah cokelat) dan masukkan nomor ponsel yang akan kamu gunakan untuk mengakses aplikasi Telegram (panah biru atau di samping +62). Kemudian klik tombol ‘Next’.

14. Selanjutnya, kamu akan menerima pesan singkat atau SMS berisikan kode yang dikirimkan ke nomor ponsel yang kamu gunakan untuk mendaftar pada aplikasi Telegram.

15. Selanjutnya kode yang kamu terima melalui SMS tersebut di masukkan pada bagian kolom verifikasi. Lalu klik ‘Next’ dan memverifikasi kode tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini